7 Cara Mengetahui Apakah Skincare Remaja Cocok atau Tidak

Konsistensi dan kesabaran juga perlu dilakukan saat menggunakan perawatan kulit

14 Mei 2021

7 Cara Mengetahui Apakah Skincare Remaja Cocok atau Tidak
Freepik/Maria.symchych

Memasuki masa-masa remaja, anak dihadapkan dengan pubertas di mana akan mengalami peningkatan hormon serta berbagai perubahan bentuk fisik. Masalah kulit seperti jerawat, kulit berminyak, kulit kering, kusam seringkali muncul pada saat-saat ini.

Banyaknya jenis produk membuat remaja perlu mencari produk yang bisa mengatasi masalah kulitnya. Sehingga anak perlu mengetahui merek skincare atau kandungan apa yang cocok untuk mengatasinya. Bagaimana cara mengetahui skincare yang cocok?

Agar tidak bingung lagi, kali ini Popmama.com akan membahas lima tanda-tanda yang perlu diperhatikan jika skincare bisa bekerja dengan efektif di kulit remaja. Yuk simak informasinya!

1. Jerawat mulai hilang

1. Jerawat mulai hilang
Freepik/Mayakruchankova

Dilansir dari acneintelligence.com, salah satu tanda paling jelas dan paling penting untuk diperhatikan adalah jerawat dan komedo yang mulai hilang. Benjolan dan pori-pori yang tersumbat akan berkurang, dan anak akan melihat penurunan frekuensi dan tingkat keparahan jerawat baru.

Selain itu, kulit terlihat lebih mulus dan memiliki warna yang lebih rata, seperti kemerahan berkurang, noda hitam berkurang dan perubahan warna. Hal ini menunjukkan kulit yang seimbang, terhidrasi, dan mampu mengatur dirinya sendiri.

2. Kulit terhidrasi, namun tidak berminyak

2. Kulit terhidrasi, namun tidak berminyak
Freepik/Sviatkovskyi

Jika sebelumnya anak memiliki masalah dengan kulit kering hingga mengelupas, serta kusam, ia akan melihat tekstur kulitnya yang menjadi lebih baik dan kulit yang lebih glowing saat menemukan produk perawatan yang cocok.

Perawatan kulit yang tepat bisa membuat kulit menjadi lebih lembab dan terhidrasi, namun tidak membuat kulit jadi berminyak. Jika anak kesulitan untuk mencari tahu apakah kulitmu sebenarnya terhidrasi dengan baik atau hanya berminyak, sebaiknya perhatikan hal berikut ini:

  • Jika kulit berminyak, ia biasanya akan merasa ada semacam lapisan di wajah dan seluruh wajah akan tampak berkilau
  • Namun jika terhidrasi, kulit akan terasa lebih lembab, nyaman, dan tidak bersisik atau gatal. Kemudian, kulit akan terlihat bersinar di area tertentu, seperti di bagian atas tulang pipi dan atas alis.

Editors' Picks

3. Kulit terasa lebih seimbang

3. Kulit terasa lebih seimbang
Healthline.com

Produk pembersih seharusnya dapat menghilangkan sisa riasan dan kotoran dari wajah dan membuat kulit anak menjadi terasa bersih, tanpa terasa kencang. Demikian pula, pelembab yang anak gunakan juga harus terserap dengan baik ke dalam kulit dan membuatnya terasa terhidrasi.

Pembersihan dan pelembab yang benar akan memastikan kulit sehat, nyaman, dan tidak terlalu berminyak atau terlalu kering.

4. Kulit tidak mengalami gatal atau iritasi

4. Kulit tidak mengalami gatal atau iritasi
Freepik/wayhomestudio

Kulit merupakan organ imunologi yang mampu mendeteksi alergen luar, yang biasanya muncul sebagai gatal dan lecet, serta menunjukkan tanda-tanda reaksi alergi di dalam, seperti gatal-gatal yang berhubungan dengan makanan atau obat.

Jika remaja tidak mengalami rasa gatal dan iritasi saat menggunakan produk skincare, kemungkinan besar ia tidak mengalami alergi terhadap produk. Namun jika kulit langsung mengalami rasa gatal atau sakit, mungkin ia tidak cocok dengan produk tersebut.

Namun, terkadang produk dengan kandungan seperti retinol dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan untuk bulan pertama, hal ini terjadi ketika kulit menyesuaikan dan tanda-tanda ini akan hilang di bulan berikutnya.

Namun jika iritasi semakin meningkat setelah dua hingga tiga minggu setelah menggunakan produk tersebut, maka anak harus berhenti dan berbicara dengan dokter kulit.

5. Langsung melihat perubahannya setelah memakai masker

5. Langsung melihat perubahan setelah memakai masker
Freepik/Victoriafly

Masker adalah salah satu produk perawatan kulit yang bisa memberikan hasil yang nampak secara instan. Tanda bahwa masker bekerja dengan baik adalah anak dapat melihat perubahan begitu selesai memakai masker, seperti kulit berkilau, kenyal, halus, tergantung jenis maskernya.

Sedangkan untuk clay mask mungkin perubahan bisa terlihat setelah beberapa hari, misalnya berkurangnya jerawat atau flek hitam. Namun, jika kulit tidak mengalami perubahan, tandanya mungkin masker yang digunakan tidak benar-benar cocok untuknya.

Untuk penggunaan masker bisa mendapatkan hasil segera, dalam semalam, atau dalam beberapa hari. Namun, perubahan untuk masker biasanya tidak bertahan lama, tak seperti esens, serum, dan pelembap yang jauh lebih penting dalam rutinitas perawatan kulit.

6. Anak melacak kemajuan kulitnya

6. Anak melacak kemajuan kulitnya
Freepik/Luis-molinero

Salah satu cara terbaik untuk mengukur kemajuan adalah dengan melacak perubahan kulit. Terkadang sulit untuk melihat peningkatan kecil yang terjadi dari hari ke hari, tetapi melihat kembali ke periode yang lebih lama dapat membuat kemajuan jauh lebih jelas.

Cara yang bisa dilakukan adalah melakukanfoto selfie setiap minggu dan mencatat apa saja perubahan yang terjadi di kulitnya. Ini tidak hanya dapat membantu anak dalam melihat kemajuan, namun juga dapat mengidentifikasi skincare mana apa yang efektif dan tidak.

Dengan cara ini, anak dapat menemukan solusi yang paling disesuaikan untuk memaksimalkan tujuan perawatan kulitnya.

7. Anak menjadi lebih konsisten

7. Anak menjadi lebih konsisten
Freepik/Beststudio

Masih dilansir dari acneintelligence.com, perawatan kulit adalah ilmu. Sama seperti upaya penelitian ilmiah lainnya, sulit untuk mengetahui apakah kandungan yang dimasukkan dalam skincare benar-benar berpengaruh, jika anak tidak mengikuti rutinitas yang konsisten.

Cobalah untuk menghindari perubahan produk baru secara tiba-tiba, dan pastikan anak mengikuti petunjuk tentang kapan dan seberapa sering produk yang harus digunakan.

Perawatan kulit adalah sebuah proses kesabaran dan konsistensi. Maka dari itu penting untuk mengetahui tanda-tanda apa yang harus dicari saat anak menerapkan perawatan kulit sehari-hari, hal ini dapat membuat perjalanan untuk membersihkan kulit jadi lebih mudah dan menyenangkan.

Semoga informasinya bermanfaat!

Baca  juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.