5 Cara Mudah Mengedukasi Anak saat Liburan Keluarga

Selain dengan buku, pelajaran bisa anak dapatkan dari pengalaman liburan bersama keluarga

14 Januari 2022

5 Cara Mudah Mengedukasi Anak saat Liburan Keluarga
Freepik/Bearfotos

Menuju akhir pekan, banyak keluarga yang mempersiapkan waktu quality time dengan bepergian, seperti menyusuri tempat wisata di dalam maupun di luar kota. Namun, kebanyakan orangtua tak menyadari bahwa liburan juga bisa menjadi waktu belajar bagi anak-anak.

Beberapa anak mungkin menganggap bahwa belajar saat liburan adalah hal yang membosankan, padahal ini bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan tanpa mengganggu waktu refreshing bersama keluarga.

Jika Mama ingin membuat anak semangat belajar melalui petualangannya bersama keluarga, kali ini Popmama.com telah merangkum lima cara mudah mengedukasi anak melalui waktu liburan keluarga. Yuk simak!

1. Mencari atraksi atau tempat wisata yang dapat mengedukasi anak secara online

1. Mencari atraksi atau tempat wisata dapat mengedukasi anak secara online
Freepik/Racool-studio

Saat akhir pekan, kemana biasanya Mama mengajak anak-anak pergi? Ketika umumnya Mama mengajak anak ke pusat perbelanjaan, kini cobalah untuk mengajak anak mengagumi museum sains dan perpustakaan unik.

Selain itu, di beberapa kota di Indonesia terdapat beberapa kebun binatang serta museum anak-anak yang bisa dijadikan rencana perjalanan selama akhir pekan. Tak hanya itu, taman nasional juga terbukti dapat menghadirkan kesempatan belajar yang luar biasa bagi anak-anak.

Jika Mama bingung untuk menentukan tempat mana yang akan dituju, Mama dapat tanyakan pada anak hal apa yang ingin ia ketahui. Jika tentang sejarah, cobalah mengunjungi museum. Jika tentang sains atau kehidupan alam, cobalah mengunjungi taman nasional atau kebun binatang.

Editors' Picks

2. Mencari tahu informasi dan mencatat pertanyaan sebelum pergi ke tempat wisata

2. Mencari tahu informasi mencatat pertanyaan sebelum pergi ke tempat wisata
Freepik/pch-vector

Sebelum pergi ke tempat wisata yang telah dipilih, Mama bersama anak dapat mencari tahu apa saja yang akan dilihat.

Jika anak memiliki pertanyaan seputar sesuatu yang akan dikunjungi, jangan lupa untuk dicatat dalam buku, dan bersiaplah untuk mendapatkan jawabannya selama waktu berkunjung.

Selain itu, Mama juga dapat membiarkan anak untuk mendengarkan buku audio dan podcast di dalam mobil atau membacakan sebelum tidur.

Semua bacaan dan informasi ini dapat membantu anak mengumpulkan banyak pengetahuan yang dapat mengarahkannya pada hobi dan minat baru. Ini juga membantu anak untuk tumbuh secara intelektual sebagai individu dan juga sebagai keluarga.

3. Membuat perjalanan di mobil semakin menyenangkan dan mengedukasi

3. Membuat perjalanan mobil semakin menyenangkan mengedukasi
Freepik/dmytro_sidelnikov

Sebelum sampai ke tempat tujuan, Mama dan anak juga bisa melakukan beberapa hal yang meningkatkan pengetahuan serta keterampilannya. Ini juga bisa dikaitkan dengan tempat yang akan dikunjungi.

Misalnya di akhir pekan ini, anak akan mengunjungi kebun binatang. Bersama dengan seluruh anggota keluarga, cobalah untuk bergantian menyebutkan nama-nama hewan.

Jika ada yang menyebutkan nama hewan yang sudah disebutkan atau menyebutkannya lebih dari waktu yang telah ditentukan, maka pemain tersebut akan dieliminasi.

Dengan melakukan permainan seperti itu, Mama bisa memastikan anak mendapatkan serangkaian keterampilan yang lengkap selama waktu akhir pekan dengan cara yang menyenangkan dan anti-membosankan.

4. Pastikan setiap anggota keluarga terlibat dalam kegiatan

4. Pastikan setiap anggota keluarga terlibat dalam kegiatan
Freepik

Ketika sudah sampai di tempat tujuan, pastikan seluruh anggota keluarga terlibat dalam kegiatan ini. Sebisa mungkin untuk menjauhkan gangguan ponsel, karena anak mungkin akan menjadi bosan dan tidak tertarik ketika hanya ada sedikit keterlibatan orangtua saat berkunjung ke tempat wisata.

Misalnya jika Mama mengajak anak untuk pergi ke area pedesaan, dorong anak untuk mengamati ladang dan pertanian, sifat tanah, vegetasi dan tanaman yang ditanam. Seperti bagaimana penampilan buah kapas atau penampilan padi sebelum tersedia sebagai beras di pasar.

Saat orangtua menunjukkan ketertarikan terhadap segala pengetahuan yang didapatkan di tempat wisata, anak yang mungkin awalnya bosan, bisa ikut tertarik mencari tahu. Bahkan orangtua bisa mengajak anak mencoba pengalaman baru, yang tentunya juga bisa meningkatkan ikatan orangtua-anak.

5. Berkenalan dengan penduduk setempat

5. Berkenalan penduduk setempat
Freepik/Bearfotos

Jika memilih untuk bepergian ke luar kota, mengenal penduduk sekitar adalah hal yang tak boleh dilewatkan. Penduduk setempat adalah pusat informasi utama yang harus dikenal dan diajak berkomunikasi dengan baik.

Setelah anak mengenal penduduk setempat, ia akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang budaya dan sejarah tempat itu. Selain itu, tak diragukan lagi jika penduduk setempat tahu lokasi terbaik untuk bersenang-senang, berpetualang, dan makan enak. 

Namun jika anak memilih untuk bepergian di dalam kota seperti mengunjungi museum, taman kota, atau kebun binatang, cobalah mengajak anak untuk berbicara bersama tour guide atau seseorang yang akan memandu perjalanan.

Jangan lupa untuk menanyakan pertanyaan yang sudah dicatat sebelumnya pada tour guide ya!

Nah itulah beberapa cara mudah mengedukasi anak saat liburan keluarga. Mempertimbangkan edukasi anak dalam acara liburan keluarga juga tak kalah penting. Karena di sinilah anak bisa menambah pengetahuannya sambil menanamkan memori yang tak dilupakan bersama keluarga.

Jadi, kemana Mama akan mengajak anak di akhir pekan ini?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.