5 Dampak Buruk Malas Menghapus Makeup yang Perlu Remaja Tahu

Bisa berisiko buruk bagi kesehatan mata lho!

24 November 2021

5 Dampak Buruk Malas Menghapus Makeup Perlu Remaja Tahu
Freepik/Nomadsoul1

Seperti yang Mama ketahui, beberapa remaja perempuan kini gemar menggunakan makeup. Mulai dari mengikuti tren atau sekadar hobi. Terampil dalam menggunakan makeup juga dapat meningkatkan kepercayaan diri remaja saat memiliki aktivitas tertentu.

Namun, karena aktivitas yang padat yang sering menyebabkan kelelahan, tak jarang remaja malas membersihkan wajah dari makeup yang masih menempel. Jika anak remaja mama sering melakukan ini, penting untuk segera diatasi agar tidak terkena efek buruknya.

Apa sajakah dampak buruknya?

Berikut ini Popmama.com telah merangkum beberapa dampak buruk malas membersihkan makeup yang harus remaja ketahui. Langsung beri tahu anak ya Ma!

1. Membuat kulit wajah tampak lebih kusam

1. Membuat kulit wajah tampak lebih kusam
Freepik/user18526052

Membiarkan makeup menempel di kulit wajah dalam waktu yang lama, dapat membuat kulit remaja tampak lebih kusam.

Hal ini terjadi karena aktivitasnya yang padat seharian, membuat kulit anak mudag terpapar debu, polusi lingkungan, dan serta kandungan dalam produk makeup yang tidak baik jika dibiarkan dalam waktu lama.

Jika dibiarkan, saat bangun pagi, anak akan melihat kulitnya lebih kusam dan tidak fresh. Bahkan ini bisa menyebabkan garis-garis halus yang mengganggu penampilan.

Editors' Picks

2. Menyebabkan pori-pori tersumbat

2. Menyebabkan pori-pori tersumbat
Freepik/Mayakruchankova

Dilansir dari The List, ketika remaja malas membersihkan makeup yang masih menempel dalam jangka waktu yang lama, ini tidak baik untuk pori-pori kulitnya. Produk makeup dengan kandungan silikon dan akrilik menjadi penyebab pori-pori wajah tersumbat.

Bila remaja tidak langsung membersihkan makeup nya segera, selain dua kandungan di atas, kombinasi keringat, minyak, bakteri, dan sel kulit mati yang menempel pada wajah juga akan meningkatkan penyumbatan pori-pori yang akhirnya bisa menyebabkan jerawat dan komedo.

3. Bisa membuat remaja tampak lebih tua dari usianya

3. Bisa membuat remaja tampak lebih tua dari usianya
Freepik/wayhomestudio

Dengan menggunakan makeup, tentu remaja ingin terlihat fresh dan natural sesuai usianya. Namun, ini bisa berdampak sebaliknya jika ia malas membersihkan makeup.

Seperti penjelasan pada poin pertama, makeup yang masih menempel setelah beraktivitas seharian, biasanya sudah bercampur dengan polusi udara, debu, kotoran, atau racun yang berbahaya untuk kulit wajah.

Kebiasaan tidak membersihkan wajah dari makeup ini akan menimbulkan garis halusm dan itu adalah salah satu tanda penuaan dini. Tak hanya itu saja, malas membersihkan makeup juga berisiko menimbulkan iritasi pada kulit yang dapat memecah kolagen yang berperan dalam peremajaan kulit.

4. Membuat bibir kering sampai pecah-pecah

4. Membuat bibir kering sampai pecah-pecah
Freepik/Natali_ploskaya

Selain wajah, bibir juga akan terkena dampaknya. Penggunaan produk bibir seperti lipcream, lipstick, liptint, yang masih menempel dalam jangka waktu yang lama, dapat membuat bibir remaja jadi kering dan pecah-pecah. 

Dilansir dari Sleep Sugar, lipstik punya banyak waktu untuk membuat bibir kering, terlebih lagi pada saat tidur, karena remaja tidak menggunakan bibirnya untuk makan dan minum seperti saat beraktivitas.

Beberapa lipstik dengan kualitas rendah juga memiliki kandungan yang membuat bibir kering dan pecah-pecah bila digunakan terlalu lama, apalagi bila tidak dibersihkan.

5. Berisiko menyebabkan infeksi dan iritasi mata

5. Berisiko menyebabkan infeksi iritasi mata
Pexels/Cottonbro

Dilansir dari Bright Side, tidur tanpa membersihkan makeup juga berisiko akan menyebabkan infeksi mata. Hal ini karena produk riasan mata mengandung bahan-bahan yang membuat iritasi mata, seperti formaldehida dan logam berat yang terdapat pada beberapa kosmetik. 

Sebuah studi kasus yang dilakukan oleh American Academy of Ophthalmology, riasan pada mata seperti maskara harus dibersihkan secara teratur karena dapat menyebabkan peradangan pada mata bila menempel sepanjang hari.

Nah itulah beberapa informasi seputar dampak buruk jika remaja malas membersihkan makeup. Meskipun aktivitas yang anak punya cukup padat, menghapus makeup setelah beraktifitas wajib dilakukan.

Dengan membiarkannya bukan hanya merusak kulit wajah, tetapi juga berbahaya bagi kesehatan organ tubuh penting seperti bibir dan mata. Oleh karena itu, pastikan Mama selalu mengingatkan remaja untuk membersihkan wajah, agar tidak menimbulkan dampak buruk seperti kelima hal di atas.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.