Tak Seram! 9 Film Bertema Halloween yang Bisa Ditonton Anak

Film Halloween tidak selalu tentang horror dan mistis saja lho Ma!

30 Oktober 2020

Tak Seram 9 Film Bertema Halloween Bisa Ditonton Anak
Freepik

Halloween memang bukan menjadi perayaan yang umum diselenggarakan di Indonesia. Perayaan yang identik dengan suasana horror dan seram ini, menjadi perayaan wajib yang diperingati negara-negara barat.

Walaupun memiliki suasana yang seram, film horror bertemakan Halloween tidak hanya selalu dinikmati orang dewasa saja lho! Nyatanya banyak film Halloween yang bisa dinikmati bersama anak di rumah.

Bukan menceritakan tentang pembunuhan sadis atau terror rumah yang menegangkan, beberapama film Halloween juga ada yang dikemas dengan alur cerita menyenangkan dan lucu. Film apa saja ya, Ma?

Berikut ini Popmama.com akan membahas 9 film keluarga bertemakan Halloween yang bisa dinikmati bersama anak saat berakhir pekan. Yuk simak Ma!

1. Coraline (2009)

1. Coraline (2009)
Commonsensemedia.org

Film Coraline yang dirilis pada tahun 2009 ini, menceritakan seorang anak perempuan bernama Coraline yang baru saja berpindah ke rumah beru. Namun ia merasa tidak senang karena harus meninggalkan teman-temannya, dan orangtuanya juga tidak memberi perhatian padanya.

Saat merasa kesepian, ia menemukan sebuah pintu rahasia yang memulai petualangan menegangkan bagi Caroline. Ia masuk ke dalam dunia alternatif dan melihat kehidupan yang terlihat sempurna.

Namun karena ia nyaman dengan dunia tersebut, Coraline tidak sadar bahwa ada sesuatu yang perlu diberikan agar ia tetap bisa tinggal di sana. Mencoba untuk kabur, Coraline melakukan perlawanan yang seru untuk diikuti.

2. Frankenweenie (2012)

2. Frankenweenie (2012)
Chicagotribune.com

Selanjutnya yaitu adalah film Frankenweenie yang dirilis pada 2012. Film ini memiliki keunikan karena seluruh film hanya berwarna hitam putih. Menceritakan tentang Victor Frankenstein seorang anak laki-laki yang berusaha untuk mengembalikan nyawa anjingnya, Sparky yang telah mati

Dengan kecerdasan dan ilmu yang didapatkan dari sekolahnya, Victor membuat mesin yang akhirnya berhasil menghidupkan Sparky yang mati karena sebuah kecelakaan. Tak ingin diketahui orang banyak, Victor dengan susah payah berusaha menutupi keberadaan Sparky dari teman-temannya

Namun, kekacauan ini muncul ketika rahasianya perlahan mulai diketahui oleh banyak orang. Sebelum menyebabkan lebih banyak kekacauan, Victor berusaha keras untuk menutupi agar bisa mengatasi masalahnya tersebut.

3. ParaNorman (2013)

3. ParaNorman (2013)
Pilotonline.com

Kemudian yaitu adalah film ParaNorman yang menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Norman Babcock yang memiliki kemampuan indera keenam, sehingga ia bisa melihat dan berinteraksi dengan para hantu di kotanya.

Diceritakan Norman mengikuti perintah pamannya untuk melakukan sebuah ritual aneh demi keamanan kota. Namun, bukan membuat kota menjadi aman, kota mereka justru menjadi dalam kutukan penyihir dan dipenuhi oleh zombie yang berkeliaran.

Hanya Norman yang dapat menghentikan kutukan ini dan mengungkapkan rahasia yang menyebabkan kota penuh oleh zombie. 

Editors' Picks

4. The House With a Clock in Its Walls (2018)

4. The House With a Clock in Its Walls (2018)
Tulsaworld.com

Halloween juga identik dengan hal-hal yang berbau magis, seperti penyihir. Salah satu film penyihir yang dapat Mama tonton bersama keluarga saat akhir pekan adalah film The House With a Clock in Its Walls yang dirilis pada tahun 2018.

Film ini menceritakan seorang anak laki-laki bernama Lewis Bernavelt yang berpindah kerumah pamannya yang hobi menyimpan jam di dalam rumahnya. Tanpa sengaja, Lewis dan temannya membangkitkan kekuatan jahat yang sudah lama terkubur.

Sehingga pamannya, Jonathan Bernavelt yang diperankan oleh Jack Black serta, Mrs Zimmerman yang diperankan oleh Cate Blanchett mencoba membantu Lewis untuk mengembalikan keadaan seperti semula.

5. Goosebumps (2015)

5. Goosebumps (2015)
Screencrush.com

Masih diperankan oleh Jack Black, Goosebumps yang dirilis pada tahun 2015 ini memiliki genre horror komedi. Menceritakan tentang Zach yang pindah ke rumah baru, dan bertemu dengan Hannah dan Professor Stine yang tertutup.

Berasal dari rasa curiga, Zach dan temannya, Champ, mendatangi rumah Hannah dan membuka sebuah buku rahasia yang menyimpan para monster. Akhirnya, Zack, Hannah, Champ, dan Profesor Stine mencoba untuk melawan para monster.

Mulai dari gorilla, laba-laba raksasa, kurcaci, hingga boneka porselen. Monster-monster ini meresahkan karena merusak bangunan dan melukai masyarakat.

6. Hotel Transylvania (2012)

6. Hotel Transylvania (2012)
Momstart.com

Hotel dengan pengunjung manusia mungkin sudah tidak asing lagi, namun bagaimana dengan hotel khusus hantu? Yup di film Hotel Transylvania ini menceritakan tentang Dracula yang membangun sebuah hotel di Transylvania untuk membesarkan anak perempuannya bernama Mavis.

Di hotel yang tidak dapat dijangkau oleh manusia ini, membuat para monster dan hantu membawa keluarganya untuk berlibur. Namun, secara tidak sengaja seorang anak laki-laki bernama Jonathan tersandung di hutan dan menemukan hotel milik Dracula.

Karena menemukan manusia di hotelnya, Dracula pun panik dan menyamarkan Jonathan sebagai monster. Namun, pada akhirnya Mavis bertemu dengan Jonathan dan mulai berteman dengannya.

7. The Haunted Mansion (2003)

7. The Haunted Mansion (2003)
m.imdb.com

Film selanjutnya yaitu The Haunted Mansion yang dirilis pada tahun 2003. Film ini menceritakan tentang Jim Evers yang diperankan oleh Eddie Murphy, yang dipanggil tinggal di sebuah rumah besar bersama istri dan kedua anaknya.

Namun sayangnya ia dan keluarganya mengalami terror dalam rumah yang ternyata berhantu. Ketika mereka menyadari rumah tersebut berhantu, tentunya mereka mencoba untuk melarikan diri.

Tak disangka-sangka, mereka justru mendapatkan pelajaran mengenai keluarga yang selama ini mereka abaikan. Walaupun menyajikan kisah rumah berhantu, film ini bergenre komedi dan tidak seram jika ditonton bersama anak.

8. The Addams Family (2019)

8. The Addams Family (2019)
Amp.theguardian.com

The Addams Family mungkin sudah tak asing lagi bagi pecinta film Halloween, karena Addams Family merupakan karakter yang ikonik dan menyeramkan. Pada film animasi ini, masalah mulai mncul ketika keluarga Addam berpindah ke pinggiran kota yang hambar.

Namun, seorang pembawa acara reality show kota setempat menyadari keberadaan keluarga Addams, dan menghalangi mimpinya untuk menjual semua rumah di lingkungan tersebut.

Lalu, bagaimana kira-kira kehidupan keluarga Addams dengan para tetangganya?

9. The Boxtrolls (2014)

9. The Boxtrolls (2014)
Time.com

Film animasi yang dirilis pada tahun 2014 ini menceritakan tentang Eggs, anak laki-laki yang dibesarkan oleh sebuah keluarga unik bernama Boxtrolls. Mereka hidup di sebuah rumah gua yang dibangun du bawah jalan-jalan kota bernama Cheesebridge.

Petualangan Eggs, dimulai saat penjahat kota ingin menyingkirkan keluarga Boxtrolls. Sehingga ia memutuskan untuk menjelajah kota di luar rumahnya agar bisa menyelamatkan keluarga Boxtrolls.

Nah itu dia Ma, 9 film bertemakan Halloween yang bisa Mama nikmati bersama anak saat akhir pekan. Alur ceritanya yang tidak terlalu seram, suasana Halloween akan tetap terasa lho! Selamat menyaksikan Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.