Beri Tahu Remaja, 5 Fungsi Priming Water yang Suka Disalahpahami

Priming water seringkali disalahpahami sebagai setting spray lho!

23 November 2021

Beri Tahu Remaja, 5 Fungsi Priming Water Suka Disalahpahami
Freepik/kvladimirv

Bagi remaja yang memiliki ketertarikan dalam dunia kecantikan dan make up, sangat penting untuk mengenal fungsi dari setiap produk makeup yang akan ia aplikasikan ke wajah. Tujuannya agar apa yang digunakan sesuai dengan fungsinya.

Nah, anak remaja seringkali menyalahartikan produk make up yang satu ini. Priming water terkadang suka disamakan dengan setting spray, padahal fungsi kedua produk ini berbeda, lho!

Priming water adalah rangkaian pertama yang digunakan sebelum remaja menggunakan produk make up yang lain.

Lantas lalu apa saja fungsi dari priming water? Berikut Popmama.com telah menyiapkan informasi seputar priming water yang suka disalahpahami remaja. Langsung beri tahu anak ya Ma!

1. Priming water dapat digunakan sebagai dasar sebelum menggunakan make up

1. Priming water dapat digunakan sebagai dasar sebelum menggunakan make up
Freepik/nakaridore

Sesuai dengan namanya, priming water, berfungsi sebagai primer. Menariknya, priming water ini tidak memiliki kandungan alkohol sama sekali, sehingga aman digunakan untuk berbagai macam jenis kulit remaja seperti berminyak, kering atau kombinasi.

Sebagai dasar awal dalam memakai make up, priming water dapat membuat riasan wajah remaja menjadi lebih rapi, natural dan tahan lama. Sehingga remaja yang suka memakai makeup natural, tak perlu khawatir lagi dengan makeup yang terlihat menggumpal dan menor.

Editors' Picks

2. Mampu melembabkan wajah

2. Mampu melembabkan wajah
Freepik/wayhomestudio

Jika anak remaja mama memiliki kulit kering, salah satu permasalahan makeup yang mungkin seringkali ia alami adalah makeup jadi lebih mudah terlihat crack atau retak. Hal itu disebabkan karena kulit kering, namun ini bisa diatasi dengan pemberian priming water.

Ternyata priming water juga dapat menjadi pengganti face mist, untuk melembapkan wajah sebelum menggunakan make up, alhasil anak tidak perlu khawatir jika harus menggunakan bedak. Karena makeup nya akan lebih terjaga dan anti-crack.

3. Membuat makeup lebih menempel dan flawless

3. Membuat makeup lebih menempel flawless
Freepik/sviatkovskyi

Selain mampu mengatasi kulit kering, priming water dapat diandalkan jika make up yang remaja gunakan sering cakey, yang disebabkan riasan terlalu tebal sehingga membuat makeup-nya jadi tidak menyatu dengan kulit wajah.

Produk kosmetik yang digunakan pada awal langkah memakai riasan ini, mampu membuat efek lembab pada wajah setelah penggunaannya. 

Jika Mama mengingatkan remaja untuk menggunakan priming water sebelum memakai makeup, ini dapat membuat riasan yang ia gunakan jadi lebih menempel sempurna dan lebih terlihat flawless.

4. Membuat makeup yang matte, menjadi lebih dewy dan natural

4. Membuat makeup matte, menjadi lebih dewy natural
Freepik/ikrolevetc

Jika anak remaja mama memiliki masalah pada kulit berminyak, make up matte dengan tambahan bedak adalah andalan untuk menjaga makeup tetap terjaga dan lebih awet. Namun menggunakan banyak makeup matte dan bedak, dapat membuat riasan anak tebal dan kurang natural.

Nah, fungsi selanjutnya dari priming water yakni dapat mengubah makeup remaja yang powdery menjadi lebih creamy. Ini juga berfungsi buat remaja yang ingin mencoba riasan dewy agar terlihat berkilau dan natural, bak artis Korea.

Selain itu, ia tidak perlu repot beli dua jenis produk riasan yang berbeda, cukup semprotkan priming water ke dalam powder blush misalnya, lalu aplikasikan ke kulit wajah. Cara ini akan membuat riasannya natural dan tahan lama.

5. Membuat warna highlighter dan eyeshadow menjadi lebih nyata

5. Membuat warna highlighter eyeshadow menjadi lebih nyata
Freepik

Jika anak remaja mama punya koleksi highlighter atau eyeshadow yang warnanya kurang pekat, jangan dibuang dulu, ya!

Karena priming water bisa bermanfaat untuk membuat highlighter atau eyeshadow menjadi lebih nyata alias pigmented. Caranya pun mudah, ia cukup semprotkan priming water ke eyeshadow atau highlighter yang ingin diaplikasikan ke wajah.

Nah itulah beberapa fungsi priming water yang suka disalahpahami remaja. Kini dengan mengetahui manfaatnya, anak tentu tidak akan kesulitan lagi saat membedakan priming water dan setting spray. Apakah remaja mama sudah mencoba mengaplikasikannya?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.