Hari Santri, 6 Film Keluarga yang Menceritakan Kehidupan Santri

Mengenalkan pada anak kehidupan santri selama di pesantren

22 Oktober 2020

Hari Santri, 6 Film Keluarga Menceritakan Kehidupan Santri
Freepik/Odua

Tepatnya pada tanggal 22 Oktober ini, diperingati sebagai Hari Santri Nasional. Sebagai negara mayoritas beragama Islam, peringatan Hari Santri di Indonesia ini menjadi hari yang ditunggu-tunggu masyarakat.

Mengenalkan anak tentang kehidupan santri dan pesantren, kini bisa dilakukan dengan cara yang lebih menyenangkan bersama keluarga. Salah satunya dengan menyaksikan film bergenre religi yang membahas seputar kehidupan santri.

Namun tak hanya itu saja, beberapa film ini juga mengulas proses belajar para santri dan perjalanan para kyai dalam memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia.

Nah kali ini, Popmama.com akan membahas beberapa film yang menceritakan kehidupan para santri di Indonesia. Buat Mama yang penasaran ada film apa saja, yuk langsung cek ulasannya di bawah ini!

1. Sang Kiai (2013)

1. Sang Kiai (2013)
Themoviedb.org

Film Sang Kiai yang bergenre drama dan action ini dirilis pada tahun 2013, disutradarai oleh Rako Prijanto dengan rumah produksi Rapi Film. Film ini dibintangi oleh Agus Kuncoro, Adipati Dolken, Christine Hakim, dan Ikranagara.

Film ini sebagian besar menceritakan kehidupan Indonesia pada tahun 1942 ketika masih dijajah oleh Jepang. Tepatnya ketika Indonesia dilarang menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pemaksaan Seikerei terjadi.

Seikerei merupakan budaya Jepang untuk membungkukkan badan pada matahari terbit sebagai bentuk penghormatan pada dewa matahari. Banyak penduduk Indonesia yang melawan penjajahan Jepang karena menganggap ritual ini sebagai menyekutukan Tuhan.

Film Sang Kiai ini menceritakan perjuangan tokoh besar agama yaitu KH. Hasyim Ashari yang ditangkap oleh Jepang.

2. Negeri 5 Negara (2012)

2. Negeri 5 Negara (2012)
Darunnajah.com

Dirilis pada tahun 2012, film Negeri 5 Negara yang bergenre drama ini disutradarai oleh Affandi Abdul Rachman. Beberapa pemain yang mengisi film ini ada Ariyo Wahab, Donny Alamsyah, David Chalik, Lulu Tobing, dan Ikang Fawzi.

Film ini juga diadaptasi oleh novel karna Ahmad Fuadi yang meceritakan tentang Alif yang ingin mewujudkan mimpinya untuk bisa kuliah. Namun, mimpinya tersebut tidak tercapai karena Alif diminta masuk pesantren bernama Pondok Madani.

Hingga akhirnya di pesantren, Alif bertemu dengan Atang, Raha, Said, Baso dan Dulmajid yang menamakan kelompok mereka dengan nama Sahibul Menara. Mereka memperjuangkan impian mereka untuk menaklukan dunia.

Film ini juga mengingatkan tentang pepatah “Man Jadda Wajada” yang berarti siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil.

Editors' Picks

3. Perempuan Berkalung Sorban (2009)

3. Perempuan Berkalung Sorban (2009)
Sisternet.co.id

Perempuan Berkalung Sorban ini memiliki genre drama dan romance, dirilis pada tahun 2009 dan disutradari oleh Hanung Bramantro di bawah rumah produksi Kharisma Starvision Plus, Dapur Film. Film ini dibintangi oleh Reza Rahadian, Oka Antara, Widyawati, dan Revalina S. Temat.

Film yang diangkat dari novel karya Abidah El Khalieqy, ini menceritakan sosok Anissa yang ingin memerdekakan diri dari lingkungan pesantren dan keluarga yang masih menganut tradisi Islam konservatif, yang dimana menganggap laki-laki lebih berkuasa daripada perempuan.

Serta perempuan tidak boleh belajar terlalu tinggi karena bisa menimbulkan fitnah. Anissa yang memiliki sifat gigih terus memperjuangkan haknya dan berpegang teguh pada Al-Quran, Haddist, dan sunnah.

4. Kalam Kalam Langit (2016)

4. Kalam Kalam Langit (2016)
Wowkeren.com

Dirilis di tahun 2016, film Kalam Kalam Langit yang disutradari oleh Tarmizi Abka di bawah rumah produksi Putaar Films Production. Beberapa pemainnya seperti Dimas Seto, Meriza Febriani, Elyzia Mulachela, dan Mathias Muchus.

Film ini menceritakan tentang Ja’far yang ditentang oleh orangtuanya untuk menggapai mimpi di bidang Musabaqah Tilawatil Qur’an. Alasannya karena dianggap memperjualbelikan kalam-kalam Allah SWT demi popularitas dan imbalan semata.

Hingga akhirnya Ja’far mendapat tawaran beasiswa dari pesantren, tepat ketika kondisi ekonomi keluarganya sedang goyah dan Kesehatan orangtuanya yang semakin memburuk. Film ini juga menceritakan kisah percintaan antara Ja’far dan Azizah.

5. Pesantren Impian (2016)

5. Pesantren Impian (2016)
Kumparan.com

Film Pesantren Impian yang disutradarai oleh Ifa Isfansyah ini, dirilis pada tahun 2016 dengan tema drama, misteri, dan thriller. Dibintangi oleh Prisia Nasution, Dinda Kanyadewi, dan Fachry Albar, film ini diproduksi oleh rumah produksi MD Pictures.

Film yang diangkat dari novel karya Asma Nadia, yang menghadirkan nuansa horror dan religi. Kisahnya menceritakan perempuan yang memiliki latar belakang beragam, seperti hamil di luar nikah, skandal pelacuran, hingga kasus narkoba.

Hingga para perempuan tersebut mendapat kesempatan untuk tinggal di pesantren yang didirikan oleh Gus Budiman yang merupakan bandar narkoba yang sudah bertaubat. Pesantren tersebut juga berada di pulau terpencil.

Alur cerita film Pesantren Impian ini mencekam karena menggambarkan kasus-kasus pembunuhan.

6. Cahaya Cinta Pesantren (2016)

6. Cahaya Cinta Pesantren (2016)
Channelsatu.com

Film Cahaya Cinta Pesantren ini dirilis pada tahun 2016 dan disutradarai oleh Raymondd Handaya dan diproduseri oleh Uztadz Yusuf Mansur di bawah rumah produksi Fullframe Picture. Cahaya Cinta Pesantren dibintangi oleh Yuki Kato, Sivia Azizah, Vebby Palwinta, dan Febby Rastanty.

Film ini diangkat dari sebuah novel karya Ira Madan, yang menceritakan Shila anak nelayan di Danau Toba yang tidak berhasil mengejar mimpinya untuk bersekolah di SMA Negeri yang diinginkan karena keterbatasan ekonomi.

Pada akhirnya Shila masuk ke pesantren dan beradaptasi sebagai seorang santri sampai bertemu dengan ketiga sahabatnya.

Nah itu dia Ma, 6 film bertemakan santri yang bisa disaksikan bersama keluarga saat akhir pekan. Semoga informasinya bermanfaat dan selamat menyaksikan ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.