7 Ide Kegiatan Murah Meriah yang Bisa Dilakukan dengan Remaja

Memiliki waktu berkualitas bersama remaja, kini tak perlu menguras kantong!

23 November 2021

7 Ide Kegiatan Murah Meriah Bisa Dilakukan Remaja
Pexels/Zen Chung

Ketika anak mama telah berusia remaja, ia mungkin banyak disibukkan oleh aktivitas sekolahnya dan kegiatan tambahan, seperti kursus musik atau masuk ke dalam tim sepak bola. Sehingga, memiliki waktu berkumpul bersama keluarga bisa menjadi sulit. 

Saat Mama ingin menghabiskan waktu bersama anak remaja, ini tak harus mengajaknya berlibur, mengunjungi restoran mahal, menyaksikan bioskop, atau yang lain-lain. Namun ini bisa dilakukan dengan cara yang lebih murah dan tetap menyenangkan. 

Tak perlu bingung mencari lagi, karena Popmama.com telah menyusun daftar tujuh ide kegiatan murah meriah yang bisa dilakukan dengan remaja. Yuk simak daftarnya di bawah ini!

1. Piknik di halaman belakang rumah

1. Piknik halaman belakang rumah
Freepik

Saat cuaca mendukung, selalu ada alasan untuk makan di luar rumah. Namun jika ingin mengeluarkan biaya yang terjangkau, pernahkah Mama mencoba membuat piknik di halaman belakang rumah?.

Terlepas dari banyaknya serangga yang mungkin datang ke waktu piknik, kegiatan adalah cara yang bagus dan mudah untuk mendapatkan Vitamin D harian sambil menikmati alam bebas.

Selain itu, Mama bisa mengurangi pengeluaran dengan menyediakan makanan yang di masak sehari-hari atau hanya membeli camilan favorit anak.

Piknik juga merupakan alasan yang bagus untuk meningkatkan nafsu makan dan suasana hati remaja. Tentu ini menjadi solusi win-win bagi remaja dan Mama!

2. Berkebun

2. Berkebun
Freepik

Berkebun adalah kegiatan yang sangat produktif dan mendidik untuk mengajari anak-anak sejak usia muda. Dari menyiangi hingga memanen buah dan sayurannya sendiri, berkebun adalah kegiatan yang bisa dinikmati setiap usia.

Baik remaja perempuan atau laki-laki kemungkinan akan menemukan sesuatu dalam hal berkebun yang paling mereka sukai. Ini mungkin bisa berupa, menyiram tanaman, pemupukan, memanen buah, dan lain-lain.

Bagian mana pun yang mereka sukai juga akan sangat membantu Mama. Sehingga, berkebun adalah hal yang sangat produktif bagi seluruh anggota keluarga untuk memiliki perannya masing-masing.

Editors' Picks

3. Membuat kerajinan

3. Membuat kerajinan
Pexels/RODNAE Productions

Dengan keindahan internet dan media sosial, kemampuan untuk mengakses berbagai kerajinan untuk anak segala usia, benar-benar ada di ujung jari Mama.

Apakah Mama mencari kerajinan yang akan menguntungkan rumah tangga seperti dekorasi, atau kerajinan yang hanya untuk "menghabiskan waktu", kerajinan tangan bisa menyenangkan bagi seluruh keluarga.

Kerajinan tidak selalu berarti membuat origami dari kertas berwarna. Ini bisa berarti mengecat kamar anak atau membuat tempat aksesori dari kardus bekas.

Inilah waktunya menjadi kreatif! Dan jika Mama bingung ingin memulainya dari mana, dapatkan beberapa ide di internet!

4. Dekorasi ulang

4. Dekorasi ulang
Pexels/Monstera

Ini mungkin tak mengejutkan bagi sebagian orangtua, karena banyak remaja yang suka mendekorasi ulang. Pernahkah Mama memerhatikan anak mungkin memindahkan meja belajarnya di kamar? Atau apakah Mama pernah melihat anak membuat dekorasi dinding untuk kamarnya?

Nah, itulah pikiran kreatif anak untuk membuat perubahan dan pilihan bagaimana cara membuat kamarnya lebih nyaman dan menarik. Nah pertimbangkan untuk memberikan anak kebebasan dalam mendekorasi ruangan tertentu, sepeti kamar tidurnya sendiri.

Mendekorasi ulang adalah kegiatan yang bagus untuk melibatkan anak-anak, mulai dari usia muda hingga remaja!

5. Membuat pakaian tie dye

5. Membuat pakaian tie dye
Freepik/kvladimirv

Ini adalah kegiatan yang sangat praktis, trendi, dan menyenangkan untuk dinikmati oleh setiap anak pada usia berapa pun. Membuat pakaian tie dye adalah cara yang bagus untuk memicu percakapan dan imajinasi.

Tidak peduli usia anak, mendorong kreativitasnya adalah hal yang sangat berharga untuk dilakukan sebagai orangtua, terlebih lagi di usia remaja, di mana ia memerlukan kreativitas untuk berinovasi di sekolah.

Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk menghias kembali pakaian anak yang mungkin telah usang, tetapi juga memungkinkan Mama dan anak untuk berkolaborasi dalam pemberian warna atau motif tie dye yang diinginkan.

6. Persiapan makanan

6. Persiapan makanan
Freepik/Our-team

Memasak adalah kegiatan yang akan dinikmati oleh setiap anggota keluarga, berapa pun usianya. Mempersiapkan makanan adalah salah satu kegiatan yang jauh lebih nyaman untuk kenyamanan minggu ini.

Mendorong anak remaja untuk berpartisipasi dalam aktivitas yang akan bermanfaat bagi seluruh anggota keluarga, adalah cara yang bagus untuk memperkuat rasa tanggung jawabnya.

Apakah anak membantu memilih resep, menyiapkan makanan, atau memisahkan bahan-bahan ke dalam mangkuk yang berbeda, persiapan makanan adalah aktivitas yang akan dinikmati semua orang karena mereka memiliki peran masing-masing.

7. Bermain puzzle

7. Bermain puzzle
Pexels/magda ehlers

Puzzle adalah cara tepat untuk menawarkan jam-jam kesenangan tanpa akhir kepada anak remaja. Ini juga menjadi cara yang sangat sederhana baginya untuk melatih keterampilan motorik halus, yaitu dengan merakit potongan puzzle dengan hati-hati, hingga mendapatkan sebuah karya yang lengkap.

Merangkai potongan puzzle bekerja pada gerakan otot kecil di tangan anak. Bagian terbaiknya adalah ada berbagai macam tema puzzle yang dapat dipilih, sehingga Mama bisa menyesuaikan tema favorit anak yang membuatnya semakin menarik dan menyenangkan.

Nah itulah beberapa ide kegiatan murah meriah yang bisa dilakukan dengan remaja.Tidak semua kegiatan harus menghabiskan biaya agar dapat dinikmati bersama keluarga. Karena ada masih banyak kegiatan yang membuat waktu Mama dan remaja tetap berkualitas.

Jadi dari 7 kegiatan di atas, kegiatan mana yang paling menjadi favorit Mama dan anak di rumah?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.