7 Ide Pekerjaan Rumah yang Sesuai untuk Anak Pra-Remaja

Usia pra-remaja adalah ketika anak bukan lagi kanak-kanak namun belum sepenuhnya remaja

15 Januari 2022

7 Ide Pekerjaan Rumah Sesuai Anak Pra-Remaja
Freepik/jiboom

Praremaja adalah usia anak-anak di mana mereka bukan lagi anak-anak tetapi belum sepenuhnya remaja. Ini adalah usia transisi dan segalanya sedang mengalami perubahan, termasuk pekerjaan dan tanggung jawab apa saja yang bisa mereka lakukan.

Memberikan pekerjaan rumah tidak hanya membantu Mama dalam menjaga rumah tetap terjaga kebersihan dan kerapihannya, namun juga mulai mempersiapkan anak praremaja untuk tumbuh sebagai orang dewasa yang sukses, mandiri dan bertanggung jawab.

Jika Mama bingung menetapkan tugas untuk anak yang tidak terlalu mudah namun juga tidak berat untuk usianya, berikut Popmama.com telah menyiapkan 7 ide pekerjaan rumah yang sesuai untuk anak pra-remaja di bawah ini, yuk simak informasinya!

1. Mencuci pakaian dengan mesin cuci

1. Mencuci pakaian mesin cuci
Freepik

Meskipun kebanyakan keluarga saat ini menggunakan mesin cuci, kabar baiknya adalah anak remaja sudah dapat memulai tanggung jawab yang menyenangkan ini sendiri.

Mereka mungkin tidak dapat sepenuhnya diharapkan untuk mencuci dan menyimpan pakaiannya tepat waktu, tetapi mencuci pakaian sendiri dengan bantuan mesin cuci adalah hal yang bagus.

Untuk itu, ajari anak cara menggunakan mesin cuci, apa yang harus disetel dan berapa banyak sabun yang harus digunakan. Ini juga termasuk menggunakan pengering, ajari anak untuk selalu memeriksa label pakaian untuk memastikan tidak merusak baju.

Mama juga dapat menunjukkan padanya cara melipat, menggantung pakaian, dan mengatur di mana pakaian harus disimpan. 

2. Merawat hewan peliharaan

2. Merawat hewan peliharaan
Freepik

Jika di rumah memiliki hewan peliharaan keluarga, jangan ragu untuk menugaskan anak untuk melakukan beberapa perawatan hewan.

Misalnya mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan, memberi mereka makan, dan membersihkan kotoran. Ini juga menjadi cara yang bagus untuk mengajarkan anak tentang tanggung jawab dan mengasihi makhluk hidup lain.

Tentu saja, Mama tetap perlu mengawasi untuk memastikan hewan peliharaan dirawat. Tetapi anak pra-remaja harus dapat melakukan sebagian besar kebutuhan hewan peliharaan, termasuk menyendoki kotak pasir dan mengambil kotoran. 

Editors' Picks

3. Membersihkan lantai

3. Membersihkan lantai
Freepik.com/pvproduction

Ketika anak mama sudah memasuki tahan usia pra-remaja, Mama sudah dapat memberikannya pekerjaan rumah seperti mengepel, menyapu, menyedot debu, atau apa pun yang dibutuhkan untuk menjaga kebersihan lantai.

Tunjukkan pada anak bagaimana Mama melakukannya, berikan tugas tersebut, dan kemudian kagumi bahwa lantai di rumah lebih bersih.

Jika anak belum terbiasa untuk membersihkan seluruh lantai rumah, mulailah dari lingkup yang paling kecil, misalnya menyedot debu atau menyapu kamarnya sendiri. Kemudian, seiring berjalannya waktu, tambahkan area ruang tamu dan dapur sebagai bagian dari tanggung jawabnya. 

4. Melakukan persiapan bahan-bahan makanan dan memasak sederhana

4. Melakukan persiapan bahan-bahan makanan memasak sederhana
Freepik/tirachardz

Bawa anak pra-remaja mama ke dapur dan bantu Mama memasak. Pra-remaja adalah usia yang tepat untuk mulai belajar bagaimana menyiapkan bahan-bahan makanan dan apa yang termasuk ke dalam persiapan makan.

Anak mungkin sudah dapat menggunakan pisau selama berhati-hati dan juga diawasi. Namun jika Mama ragu, ada beberapa pisau plastik atau pisau kue jika anak perlu berlatih sebelum menggunakan sesuatu yang tajam.

Beberapa hal yang dapat dilakukan anak pra-remaja di dapur adalah membuat bumbu perendam, memotong dan mengupas sayuran, mencoklatkan daging dalam wajan, mempelajari cara membumbui makanan, dll.

5. Membersihkan dan merapikan lemari

5. Membersihkan merapikan lemari
Freepik/Pvproduction

Dilansir dari Great School, membersihkan lemari sendiri merupakan tugas ramah anak pra-remaja lainnya. Karena mereka bukan lagi anak kecil dan mungkin memiliki beberapa barang di lemarinya yang mungkin ingin disingkirkan.

Tetapkan tugas untuk anak seperti mengeluarkan pakaian dan barang-barang di lemari, kemudian menyortir pakaian atau mainan lama yang sudah kekecilan dan siap untuk diteruskan ke orang lain. Setelah itu anak kemudian dapat mengatur pakaian dan kamar sesuka hatinya.

6. Mencuci piring

6. Mencuci piring
Freepik/Yanadjana

Di usianya yang sudah menjelang remaja, anak-anak pra-remaja tentu sudah memiliki fisik yang lebih tinggi dan mampu mencuci piring atau cangkir. Minta anak mama untuk membuang sisa-sisa makanan, mencuci piring, dan merapikannya kembali di rak piring.

Ini adalah tugas harian lainnya yang dapat dilakukan lebih mudah oleh anak pra-remaja. Namun untuk awal-awal, tetap awasi anak untuk memastikan ia dapat membersihkan piring dan alat-alat makan lainnya benar-benar bersih ya, Ma!

7. Membuang dan memisahkan sampah

7. Membuang memisahkan sampah
Freepik/Rawpixel.com

Membuang sampah adalah hal yang biasa, namun seringkali dilupakan. Padahal, ini perlu dilakukan secara rutin. Nah, anak pra-remaja mama adalah usia yang tepat untuk belajar membuang dan menyortir sampah organik, plastik, dan kaleng.

Setelah itu, Mama juga dapat meminta anak untuk memasang plastik sampah di setiap tempat sampah.

Nah itulah tujuh ide pekerjaan rumah yang sesuai untuk anak pra-remaja. Ketika Mama ingin memberikan pekerjaan rumah untuk anak, pastikan tugas-tugas tersebut menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari anak.

Hal ini untuk mempersiapkannya di dunia nyata, dan menanamkan rasa kemandirian dan tanggung jawab yang penting untuk usia remaja hingga dewasa.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.