10 Kalimat Ucapan Bijak dalam Memperingati Hari Guru Sedunia

Menyemangati para guru dalam mendidik dan mengajarkan anak-anak bangsa

7 Oktober 2020

10 Kalimat Ucapan Bijak dalam Memperingati Hari Guru Sedunia
Freepik/Tirachard

Pada tanggal 5 Oktober seluruh masyarakt dunia sedang memperingati Hari Guru Sedunia, tak terkecuali Indonesia. Karena Mama tentu tahu, jika guru adalah sebuah pekerjaan yang mulia. Mendidik anak-anak bangsa dan memberikan ilmu pengetahuan kepada generasi muda.

Sebab di tangan anak-anak muda saat ini, diharapkan dapat melanjutkan perjuangannya demi memajukan bangsa dan negara di mata dunia.

Oleh karena itu, dalam merayakan Hari Guru Sedunia, Mama bisa ajak anak untuk memberikan kata-kata bijak sebagai tanda terimakasih telah memberikan ilmu dan mendidik anak selama di sekolah.

Kali ini Popmama.com akan memberikan 10 kalimat ucapan dan bijak dalam memperingati Hari Guru Sedunia untuk mengungkapkan rasa terimakasih yang bisa disampaikan lewat media sosial.

1. Berterimakasih kepada para guru yang telah mendidik dengan sabar

1. Berterimakasih kepada para guru telah mendidik sabar
Freepik/Pressfoto

Dalam mengajarkan murid-muridnya, bapak atau ibu guru tentunya memerlukan kesabaran ekstra agar setiap muridnya bisa memahami materi-materi yang diberikan. Maka dari itu berterima kasih pada guru yang telah sabar mengajarkan anak, seperti ini:

Selamat Hari Guru Sedunia, terima kasih kepada para guru yang telah berjuang dengan sabar dalam mendidik dan memberikan banyak ilmu pengetahuan untuk anak-anak bangsa.

2. Memberikan apresiasi untuk guru yang tetap semangat mengajar di situasi pandemi Covid-19

2. Memberikan apresiasi guru tetap semangat mengajar situasi pandemi Covid-19
Pexels/Julia M Cameron

Pandemi Covid-19 ini membuat anak-anak yang diusia sekolah perlu belajar dengan jarak jauh. Tidak hanya bagi anak-anak, namun para guru juga perlu mempelajari teknik belajar dengan cara baru ini. Sehingga, mereka patut untuk diberikan apresiasi sebagai berikut:

Terima kasih kepada para guru-guru hebat yang sudah berjuang serta tidak lelah memberikan semangat dan ilmu pengetahuan untuk mendidik anak-anak bangsa di tengah situasi pandemi Covid-19 ini.

3. Guru memberikan ilmu pengetahuan bermanfaat yang sebelumnya tidak diketahui anak

3. Guru memberikan ilmu pengetahuan bermanfaat sebelum tidak diketahui anak
Freepik/Ngad

Selain orangtua, guru juga berperan dalam memberikan ilmu-ilmu dan pelajaran bermanfaat yang sebelumnya tidak diketahui oleh anak. Maka dari itu, ucapkan rasa terimakasih dengan ungkapan berikut ini:

Guru adalah penerang di tengah kegelapan, memberikan ilmu pengetahuan di tengah ketidaktahuan. Tanpa jasa-jasa para guru, kita tidak akan tahu besar dan luasnya ilmu pengetahuan. Selamat Hari Guru Sedunia 2020.

4. Para guru yang bekerja dengan ikhlas untuk mengajar setiap muridnya

4. Para guru bekerja ikhlas mengajar setiap muridnya
Freepik

Bapak dan ibu guru tentunya bekerja dengan ikhlas untuk mengajarkan setiap muridnya tanpa perlu diminta atau dikenang. Namun, guru tetap semangat mengajarkan anak muridnya, walaupun saat ini tidak bertemu langsung di sekolah. Sehingga perlu diberikan apresiasi dengan ungkapan berikut ini:

Walaupun pandemi Covid-19 ini tidak bisa bertemu langsung di sekolah, terima kasih bapak/ibu guru yang tetap sabar mendidik kami. Guru engkau merupakan pahlawan tanpa tanda jasa yang berjuang demi anak-anak bangsa tanpa perlu diminta ataupun ingin dikenang.

Editors' Picks

5. Menyambut dan mengajar muridnya dengan senyum walaupun sedang lelah

5. Menyambut mengajar murid senyum walaupun sedang lelah
Freepik

Kembali mengingat saat di sekolah, anak tentunya seringkali disambut oleh ibu atau bapak gurunya di depan gerbang sekolah. Walaupun dalam keadaan lelah, guru tentu tetap menyambut muridnya dengan senyuman. Yuk ucapkan rasa terima kasih pada guru dengan kata-kata berikut ini:

Guru penuh kesabaran dan pengabdiannya yang luar biasa. Senyum lebarnya menyambut murid-murid di sekolah adalah bukti cintanya untuk mendidik anak-anak. Terimakasih untuk bapak dan ibu guru, yang tidak hanya memberikan kamu pelajaran tentang ilmu pengetahuan, tetapi juga tentang perjuangan.

6. Guru membantu anak dalam menentukan cita-cita dan mimpinya tanpa mengeluh

6. Guru membantu anak dalam menentukan cita-cita mimpi tanpa mengeluh
Freepik

Guru mengajarkan anak-anak tentang ilmu pengetahuan yang juga membantu anak menentukan cita-citanya dan mimpinya tanpa pernah letih dan mengeluh. Ucapkan rasa terima kasih anak dengan ungkapan berikut ini:

Guru bagaikan lilin, penerangan jalan di saat kami kesusahan. Guru, penuntun jalan hidupku, seorang yang sangat berjasa dalam langkahku menemukan mimpi. Perjuangan para guru mendidik kami tak pernah letih dan tak mengeluh. Terima kasih bapak dan ibu guru.

7. Mendoakan kekuatan dan kesabaran untuk para guru dalam mendidik

7. Mendoakan kekuatan kesabaran para guru dalam mendidik
Freepik/Torwaiphoto

Ada kalanya anak pasti merindukan suasana belajar di sekolah, bertemu dengan teman-teman dan diajarkan oleh bapak atau ibu guru. Ajak anak untuk mendoakan kekuatan bagi para guru dan berdoa agar wabah pandemi ini cepat selesai agar kembali bersekolah, sebagai berikut:

Saya merindukan guru-guru dan belajar di sekolah, untuk para guru semoga selalu diberikan kekuatan, kesabaran dan hati yang lapang dalam mendidik dan menjadi pelita bagi para murid. Semoga wabah pandemi ini segera hilang. Tetap semangat untuk para guru, terima kasih atas segala ilmunya.

8. Mengingatkan betapa mulia jasa guru untuk memajukan anak-anak bangsa

8. Mengingatkan betapa mulia jasa guru memajukan anak-anak bangsa
Freepik

Hampir setiap hari mengajar para murid, dan tidak pernah lelah memberikan ilmu-llmunya untuk memajukan anak bangsa. Maka Mama perlu ajarkan anak untuk memberikan ungkapan terima kasihnya, seperti contoh di bawah ini:

Guru selalu bekerja dan mengajar tak pernah letih. Dalam hati para guru, ada cinta dan semangat mendidik kami. Karena itu, anak-anak cerdas penerus bangsa lahir, sungguh mulia jasanya. Terimakasih untuk semua perjuangan yang diberikan para guru.

9. Menyemangati para guru agar tetap semangat mengajar dan membimbing anak bangsa

9. Menyemangati para guru agar tetap semangat mengajar membimbing anak bangsa
Freepik/Wavebreakmedia-micro

Setelah selalu diberikan semangat oleh bapak dan ibu guru untuk tetap belajar agar dapat mencapai cita-cita, kini ajak anak untuk yang menyemangati para guru agar tetap semangat menjagar dan membimbing banyak anak bangsa, seperti di bawah ini:

Selamat Hari Guru Sedunia, sebuah momen untuk mengenang jasa para guru yang telah mengajar dan membimbing semua orang. Terimakasih untuk para guru penggerak bangsa ini. Teruslah berjuang para guru-guru hebat!

10. Memberikan ilmu pengetahuan yang sangat berguna bagi anak hingga dewasa

10. Memberikan ilmu pengetahuan sangat berguna bagi anak hingga dewasa
Freepik/Wavebreakmedia

Seperti beberapa ucapan sebelumnya, guru-guru mengajar dan memberikan ilmu pengetahuan tanpa diminta walaupun itu sangat berguna bagi anak sejak sekolah hingga dewasa. Maka ungkapkan rasa terima kasih anak dengan mengucapkan kalimat berikut ini:

Guru memberi banyak ilmu tanpa kita minta, memberikan banyak pengetahuan tentang hal-hal mendasar yang sangat berguna bagi kehidupan. Guru, pembimbing cita-cita dan masa depan saya. Terimakash banyak untuk guru-guru.

Itulah 10 kalimat ucapan dan bijak dalam memperingati Hari Guru Sedunia untuk mengungkapkan rasa terima kasih yang bisa disampaikan lewat media sosial.

Selamat Hari Guru, semoga ilmu pengetahuan yang diberikan pada anak akan berguna dalam mencapai cita-cita dan mimpinya kelak ya!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.