7 Karakteristik Remaja dengan Shio Monyet yang Percaya Diri

Kepercayaan diri membuat anak mudah menghadapi masalah yang terjadi

16 September 2021

7 Karakteristik Remaja Shio Monyet Percaya Diri
Freepik/Pch.vector

Monyet adalah hewan kesembilan dari 12 dalam siklus tahun zodiak Cina. Beberapa tahun Monyet seperti 1956, 1968, 1980, 1992, 2004, 2016, 2028. Tahun Monyet terjadi setiap 12 tahun, jadi jika anak mama lahir di tahun yang sesuai dengan siklus 12 tahun yang sesuai, seperti 2004 misalnya, anak lahir dengan Shio Monyet.

Seringkali hewan dalam Shio dianggap dapat berpengaruh pada kehidupan seseorang. Misalnya jika remaja lahir di tahun Monyet, ia memiliki kepribadian yang menarik dan cerdas.

Ciri-ciri kepribadian seperti kenakalan, keingintahuan, dan kepintaran membuatnya sering tidak nurut.

Tak hanya itu saja, ada beberapa karakteristik remaja dengan Shio Monyet lainnya yang perlu Mama ketahui. Simak informasinya yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini ya!

Karakteristik Shio Monyet Berdasarkan Lima Elemen

Karakteristik Shio Monyet Berdasarkan Lima Elemen
Travelchinaguide.com

Dalam astrologi Cina, setiap tahun dikaitkan dengan tanda hewan zodiak Cina dengan salah satu dari lima elemen, yaitu Api, Kayu, Air, Emas (Logam), atau Tanah. Baik tanda dan elemen tahun kelahiran, dikatakan memengaruhi kepribadian anak. Berikut adalah karakteristik remaja dengan Shio Monyet berdasarkan lima elemen:

Jenis elemenTahun kelahiranKarakteristik
Monyet Logam16 Februari 1980 – 4 Februari 1981Cerdas, percaya diri, mudah marah, keras kepala
Monyet Air4 Februari 1992 – 22 Januari 1993Pintar, cerdas, suka menjadi pusat perhatian, dan angkuh
Monyet Kayu22 Januari 2004 – 8 Februari 2005Selalu siap membantu orang lain, penyayang, harga diri yang kuat, dan keras kepala
Monyet ApiFebruary 8, 2016 – January 27, 2017Ambisius, suka berpetualang, dan mudah tersinggung
Monyet Tanah26 Januari 2028 – 12 Februari 2029Jujur, optimis, dan tak kenal takut

Kini Mama sudah mengetahui karakteristik anak dengan Shio Monyet berdasarkan lima elemennya. Kini cari tahu karakteristik umumnya yuk, Ma!

1. Kecerdasannya membuat anak selalu mudah mencapai sesuatu

1. Kecerdasan membuat anak selalu mudah mencapai sesuatu
Freepik/Asierromero

Remaja yang berada di bawah Shio Monyet memiliki kecerdasan yang sangat baik. Dalam kehidupan sehari-hari, otak cerdas anak menuntunnya ke metode dan jalan yang tidak pernah membuatnya sulit. Sehingga anak bisa mendapatkan kesuksesan dengan mudah.

Selain itu, anak juga cerdas dan selalu dapat menemukan ide untuk meredakan kemarahannya, bahkan jika itu menyinggungnya. Kecerdasannya juga terletak pada komunikasi sosial dan studi, yang membantu anak untuk membuat prestasi besar.

Anak dengan shio ini juga memiliki sikap positif terhadap semua orang, berani mengatasi masalah apa pun, selalu membantu orang lain, bekerja dan berkomunikasi secara positif, sehingga sangat bersemangat, yang bermanfaat bagi perkembangan anak selanjutnya.

2. Percaya diri dan berani saat menghadapi kesulitan

2. Percaya diri berani saat menghadapi kesulitan
Freepik

Kekuatan lain dari remaja dengan Shio Monyet terletak pada kepercayaan diri dan keberaniannya. Anak tidak pernah mundur dalam menghadapi kesulitan, dan ia bersemangat, cerdas, dan dapat keluar dari masalah dengan mudah.

Ucapan dan perilaku anak juga menunjukkan kepercayaan dirinya. Dengan sikap percaya diri dan kebijaksanaan yang cerdas, anak memiliki keunggulan yang sangat baik dalam kepemimpinan.

Namun, begitu kepercayaan diri mencapai ekstrem, ia justru bisa menjadi sombong dan Mama harus memberi tahunya.

Editors' Picks

3. Senang belajar sejak kecil

3. Senang belajar sejak kecil
Pexels/olia danilevich

Buat Mama yang belum tahu, anak dengan Shio Monyet ini cukup giat. Ia suka belajar sejak kecil dan menggunakan kebijaksanaannya dalam belajar terlebih dahulu sebelum bertindak atau mengatakan sesuatu.

Anak juga tidak mau ketinggalan, dan selalu ingin belajar dengan baik, sehingga ia menjadi rajin, ingin tahu, dan berpengetahuan. Namun tak jarang, anak juga mudah puas akan informasi sesuatu. Tanpak mengetahui pemahamannya yang masih dangkal dan tidak hati-hati.

4. Selalu menemukan cara baru saat menghadapi masalah

4. Selalu menemukan cara baru saat menghadapi masalah
Freepik

Kekuatan anak bershio Monyet yang paling patut ditiru terletak pada kompetensinya dalam memecahkan masalah.

Anak selalu dapat menemukan cara baru untuk menangkap poin-poin utama masalah walaupun harus menghadapi fenomena yang rumit, namun akhirnya berhasil.

Anak dengan shio ini bisa menjadi pengusaha yang luar biasa karena ia nantinya akan pandai berbicara tentang bisnis dan dapat menemukan cara untuk mengalahkan lawan.

5. Ramah namun juga suka cemburu

5. Ramah namun juga suka cemburu
Freepik/Cookie-studio

Anak dengan shio ini juga sangat ramah, memperlakukan teman dengan jujur dan tulus, dan menghormati orang lain secara setara. Ia juga suka membela terhadap ketidakadilan dan siap membantu orang lain.

Namun, tak jarang juga anak begitu yakin akan superioritasnya, Sehingga tidak menunjukkan rasa hormat kepada orang lain, selalu mulai dari kepentingan diri sendiri dan mempertimbangkan keuntungan dan kerugiannya sendiri, sehingga menjadi egois dan sia-sia.

Selain itu, anak juga mungkin menjadi bermata hijau karena ini dan menunjukkan kecemburuannya begitu orang lain memiliki sesuatu yang tidak ia miliki. Hal ini menjadi kontradiktif dengan sifatnya yang ramah.

6. Memanfaatkan orang lain sebagai batu loncatan untuk kesuksesannya sendiri

6. Memanfaatkan orang lain sebagai batu loncatan kesuksesan sendiri
Freepik/Pressfoto

Sayangnyam Shio Monyet menjadi salah satu tanda paling licik dalam astrologi Cina, orang-orang di bawah tanda ini sedikit licik karena bakatnya yang luar biasa, dan ia pandai memanfaatkan keuntungannya dengan menjadikan orang lain sebagai batu loncatan menuju kesuksesan.

Remaja dengan Shio Monyet memiliki jiwa kompetitif yang kuat, tetapi ia sangat terampil dalam menyembunyikan ide-ide dan membuat rencana aksi yang licik di belakang.

7. Kurang bertanggung jawab

7. Kurang bertanggung jawab
Freepik/Karlyukav

Kurangnya tanggung jawab adalah kelemahan lain dari remaja dengan Shio Monyet. Dalam hidup, ia hanya melakukan apa yang ia suka dan menangani hal-hal sepenuhnya berdasarkan perasaannya sendiri.

Sangat mudah baginya untuk mengembangkan semangat, tetapi itu hanya berlangsung sesaat dan ia mungkin menyerah di tengah jalan karena kurangnya tanggung jawab. Selain itu, anak juga suka tidak sabar dalam menangani sesuatu, sehingga sering menyerah pada hal-hal yang tidak disukai.

Di sisi lain, karakter seperti ini membuatnya hanya melihat kepentingan yang mendesak dan tidak memiliki rencana jangka panjang. Terkadang, ia mungkin meminta yang lain untuk memecahkan masalah yang sebenarnya dapat ia selesaikan sendiri.

Nah itulah beberapa karakteristik anak dengan Shio Monyet. Bagaimana Ma, apakah sesuai dengan karakteristik anak? Yup, seperti yang Mama ketahui, ada banyak faktor lain yang dapat memengaruhi karakteristik seorang anak remaja.

Sehingga jadikanlah karakteristik Shio sebagai referensi untuk mengenal anak lebih dalam dari segi astrologi Cina dan menambah pengetahuan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.