Cerdik dan Cermat! 9 Karakteristik Remaja dengan Shio Tikus

Cerdik dalam mengamati hal-hal baru disekitarnya

27 September 2021

Cerdik Cermat 9 Karakteristik Remaja Shio Tikus
Freepik/8photo

Tahukah Mama bahwa Tikus adalah tanda zodiak pertama dalam siklus zodiak Cina? Tahun Tikus ini terjadi setiap 12 tahun, termasuk 1936, 1948, 1960, 1972, 1984, 1996, 2008, 2020, 2032. 

Menurut cerita shio Cina, dalam kompetisi yang diadakan oleh Jade Emperor untuk menentukan hewan shio, tikus yang cerdik meminta kerbau yang rajin untuk membawanya naik untuk menyeberangi sungai dan melompat turun sebelum kerbau melewati garis finis.

Dengan demikian tikus memenangkan perlombaan dan menjadi yang pertama dari hewan Shio, diikuti oleh kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing dan babi.

Shio diketahui juga dapat memberi tahu tentang karakteristik seseorang. Apakah anak remaja mama lahir di tahun Tikus? Berikut Popmama.com telah merangkum 10 karakteristik remaja yang memiliki Shio Tikus!

Karakteristik Shio Tikus Berdasarkan Lima Elemen

Karakteristik Shio Tikus Berdasarkan Lima Elemen
Travelchinaguide.com

Dalam teori elemen Cina, setiap tanda Shio dikaitkan dengan salah satu dari lima elemen, yaitu Kayu, Api, Tanah, Emas (Logam), dan Air.

Diteorikan bahwa karakteristik seseorang ditentukan oleh tanda dan elemen hewan zodiak tahun kelahirannya. Sehingga ada lima jenis Shio Tikus dengan masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda, seperti berikut ini:

Jenis ElemenTahun kelahiranKarakteristik
Tikus Kayu2 Februari 1984 – 19 Februari 1985Mandiri, percaya diri, berbakat, dan rasa kerja tim yang kuat
Tikus Api19 Februari 1996 – 6 Februari 1997Energik, pemberani, pendiam, ramah, bersahabat, tetapi sangat ketat dengan diri sendiri
Tikus Tanah7 Februari 2008 – 25 Januari 2009Ramah, jujur, fleksibel, sederhana, serius, dan rasa harga diri yang kuat
Tikus Logam25 Januari 2020 – 11 Februari 2021Cerdas, berbakat, pemarah, mudah cemburu, dan kesadaran diri yang kuat
Tikus Air11 Februari 2032 – 30 Januari 2033Cerewet, lihai, penuh sopan santun, dan bijaksana

Setelah mengetahui karakteristik remaja dengan Shio Tikus berdasarkan lima elemen, yuk simak karakteristik umum anak yang lahir di tahun Tikus!

1. Pandai dalam mengamati sesuatu

1. Pandai dalam mengamati sesuatu
Freepik

Remaja dengan kelahiran di tahun Tikus diberkahi dengan kekuatan pengamatan yang tajam, antisipasi, dan kekuatan visioner. Ini bisa ditunjukkan dari pepatah lama, 'Tikus meninggalkan kapal yang tenggelam' yang berarti tikus dapat menyadari bahwa kapal akan hancur dan melarikan diri terlebih dahulu.

Karena kemampuannya, anak dengan Shio Tikus biasanya pandai dalam beberapa karya kreativitas. Ia bisa menjadi pencipta artistik, penemu, inovator, dll.

Namun, anak tidak boleh bergantung pada kekuatan ini untuk menangani berbagai hal sepenuhnya. Sehingga berpikir keras dan meminta pendapat dari orang lain sangat penting

2. Mudah beradaptasi

2. Mudah beradaptasi
Freepik/Senivpetro

Karena Tikus adalah simbol kemampuan beradaptasi, maka jauh lebih mudah bagi remaja yang lahir di tahun Tikus untuk sukses, apa pun yang ia lakukan.

Bencana, kecelakaan dan keadaan tak terduga dapat membuat anak jauh lebih menonjol, karena ia tenang, tegas, waspada, dan memiliki pengamatan yang tajam.

Anak juga selalu dapat mengatasi kesulitan, dan tak peduli apa bahaya dan bencana yang dihadapi, ia tidak takut dan dapat membuat rencana dengan tenang sampai mencapai tujuannya. 

Inilah yang membuat anak memiliki visi dan kepekaan bisnis, sehingga cocok baginya untuk memulai bisnis sejak usia muda, untuk mencapai kesuksesannya.

3. Suka belajar dan memiliki memori yang kuat

3. Suka belajar memiliki memori kuat
Freepik

Seperti kata pepatah, tidak ada kata terlambat untuk belajar. Salah satu kekuatan yang bisa membuat anak dengan Shio Tikus maju adalah kehausannya yang besar akan ilmu pengetahuan. Ia mendambakan ilmu dan suka belajar dengan tekun sejak kecil.

Sangat mengendalikan diri, anak juga suka mengumpulkan dan menganalisis informasi dan ia terus-menerus memperkaya hidup mereka. Kemampuannya ini juga bersamaan dengan ingatannya yang luar biasa.

Mama mungkjin suka memerhatikan jika anak suka mengajukan pertanyaan, dan ia berwawasan luas. Tak hanya seputar bidang pengetahuan, anak juga hampir memahami semua orang di sekitarnya, dan mengingat semua yang terjadi.

Karena wawasan yang luar biasa, kebanyakan orang yang lahir di tahun Tikus memiliki bakat penulis yang membanggakan.

Editors' Picks

4. Memiliki refleks yang cerdas dan cepat

4. Memiliki refleks cerdas cepat
Freepik/stockking

Baik disadari atau tidak, sebenarnya remaja dengan Shio Tikus memiliki refleks yang cepat dan ia sangat cerdas. Jika Mama melihat hewan tikus di rumah, mereka mungkin sudah tidak terlihat saat Mama masih dalam tahap reaksi.

Karakteristik terbesar dari anak dengan kelahiran tahun Tikus adalah, ketika anak siap pada sesuatu, ia dapat dengan cepat menerima dan beradaptasi dengan hal-hal baru. Anak juga canggih dan pandai menengahi situasi canggungnya.

5. Penasaran dengan rahasia orang lain

5. Penasaran rahasia orang lain
Freepik

Karena sifatnya yang dapat menyerap segala sesuatu dengan mudah dan mudah mempelajari sesuatu, anak dapat menyimpan rahasia dengan sangat baik, namun ahli dalam mengorek rahasia orang lain.

Anak dengan shio ini tidak akan pernah melewatkan kesempatan untuk menanyakan informasi. Meskipun ia sangat usil, niatnya selalu baik. Namun pada saat yang sama, anak bershio Tikus tidak suka menunjukkan isi hatinya kepada orang lain.

6. Lebih suka beraktifitas di malam hari

6. Lebih suka beraktifitas malam hari
Freepik

Karena Tikus adalah hewan nokturnal yang lebih banyak beraktifitas di malam hari, membuat remaja dengan Shio Tikus memiliki kekurangan tidur larut malam yang menonjol, dan biasanya memiliki jadwal yang terbalik dengan yang lain.

Ia menganggap malam sebagai siang, dan sebaliknya. Anak sangat aktif di malam hari, dan mencoba mencari sesuatu untuk dilakukan. Tetapi selama jam kerja di siang hari, anak sering merasa lesu, dan inilah yang membuat efisiensi belajarnya suka terganggu.

7. Gampang percaya sehingga membuatnya mudah dibodohi

7. Gampang percaya sehingga membuat mudah dibodohi
Freepik/Master1305

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, remaja bershio Tikus suka memperkaya ideologi dan pengetahuannya, memperluas tujuan dalam perjalanan dan mempelajari pemikiran dan sudut pandang orang lain dalam komunikasi.

Karena itulah, anak sangat ingin tahu tentang segala sesuatu di luar. Jika ada orang lain yang ingin membodohi atau memberi tahu anak bahwa ada sesuatu atau beberapa orang yang konyol di suatu tempat, ia akan mempercayainya dengan serius.

8. Menginginkan kebebasan tanpa batasan apa pun

8. Menginginkan kebebasan tanpa batasan apa pun
Pexels/cottonbro

Remaja dengan Shio Tikus adalah seseorang yang idealis dan mendambakan kebebasan, sehingga ia mudah membenci batasan apa pun.

Anak selalu berusaha untuk menjaga dunia batinnya yang lengkap dan mandiri, dan akan kehilangan minat jika diberikan sedikit pengekangan.

Anak tertarik pada hal-hal baru, dan bersemangat dalam tiga menit pertama, terlalu berorientasi pada kebebasan, tidak dibatasi, dan sering memimpikan hal-hal yang mustahil.

9. Berfokus pada hal-hal jangka pendek

9. Berfokus hal-hal jangka pendek
Freepik/Karlyukav

Meskipun remaja yang memiliki Shio Tikus dikenal humoris dan sangat pintar, ia memiliki kelemahan fatal yaitu hanya berfokus pada hal-hal yang hanya ada di depan mata saja, dan tak memerhatikan sesuatu yang akan terjadi di masa depan.

Anak sangat pemalu dan terlalu berhati-hati, dan sering terjerat dengan masalah untuk waktu yang lama. Inilah yang seringkali membuat anak menjadi tidak kondusif untuk pengembangan masa depannya dan membuat anak sulit untuk memiliki teman sejati.

Itulah beberapa karakteristik remaja dengan Shio Tikus. Ingatlah bahwa karakteristik anak tak hanya berdasarkan shionya saja. Namun ada beberapa faktor lainnya yang dapat memengaruhi karakteristik anak.

Seperti didikan dari orangtua, lingkungan, nilai dan moral budaya yang ditanamkan, sekolah, dan lain-lain. Sehingga jadikan karakteristik dari Shio ini sebagai referensi untuk mengenal lebih dalam karakter anak ya, Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.