7 Keterampilan Memasak yang Penting Diajarkan pada Remaja

Mempersiapkan remaja untuk lebih mandiri saat tinggal terpisah dengan orangtuanya

20 Januari 2022

7 Keterampilan Memasak Penting Diajarkan Remaja
Freepik/Valuavitaly

Hadapi sebuah fakta bahwa hampir setiap anak-anak, nantinya akan tinggal terpisah dari orangtuanya. Apakah itu untuk masa pendidikan atau ketika mereka sudah siap ingin membangun keluarga sendiri. Maka itu penting bagi orangtua untuk mempersiapkan anak agar tumbuh mandiri.

Memasak adalah salah keterampilan penting yang harus dipelajari oleh hampir setiap remaja. Meskipun anak mungkin dapat selalu memesan makanan, belajar memasak sendiri juga membantunya berhemat demi kelangsungan hidup.

Namun, Mama bisa bingung untuk memulainya dari mana, karena ada banyak keterampilan dasar memasak dan resep yang perlu diajarkan pada anak.

Nah untuk membantu Mama, kali ini Popmama.com telah merangkum tujuh keterampilan memasak yang penting diajarkan pada remaja, yuk simak ada keterampilan apa saja!

1. Mengajak anak menyusun daftar dan berbelanja bahan makanan

1. Mengajak anak menyusun daftar berbelanja bahan makanan
Freepik/Drobotdean

Bagian penting dari memasak sebenarnya adalah memiliki isi lemari es dan dapur yang lengkap. Maka dari itu, ajak anak berbelanja bahan makanan kapan pun jadwalnya cocok untuk berdua. Ajari anak mulai dari proses membuat daftar, dan berpegang teguh pada daftar itu.

Ada salah satu tips yang bisa Mama terapkan adalah, yaitu bahwa lebih baik berbelanja bahan makanan saat ia tidak lapar. Karena ketika lapar, remaja mungkin akan cenderung membeli banyak makanan instan dan melewatkan daftar belanjaan yang penting.

Setelah itu, tunjukkan kepada anak merek yang biasanya digunakan di rumah, dan merek apa yang harus anak beli jika ingin menghemat uang.

2. Mengenalkan anak pada berbagai macam mengolah jenis daging

2. Mengenalkan anak berbagai macam mengolah jenis daging
Freepik/FellowNekocat

Jika remaja pemakan daging, bagikan beberapa keterampilan atau tip mengenai jenis daging yang Mama masak di rumah. Dilansir dari Your Teen Mag, Mama bisa membagikan tips seperti cara menangani daging, baik itu daging sapi, ikan, atau ayam.

Serta ajari anak cara membersihkannya, dan cara mendisinfeksi area apa pun setelah mengolah daging.

Namun jika anak mama adalah vegetarian, beri tahu anak tentang apa saja alternatif nabati yang biasanya Mama masak di rumah serta cara menanganinya. Ini termasuk hal-hal seperti susu, keju, dan bahkan mentega.

Editors' Picks

3. Ajarkan anak beberapa resep yang sederhana dan juga sehat

3. Ajarkan anak beberapa resep sederhana juga sehat
Freepik/tirachardz

Ada makanan dasar tertentu yang cepat dan mudah dibuat, serta sehat. Nah ini cocok bagi remaja yang akan tinggal terpisah dengan orangtua untuk pendidikan. Karena mereka membutuhkan sesuatu yang praktis untuk dimasak namun juga sehat.

Ajari anak remaja mama cara membuatnya, misalnya telur dadar, telur orak-arik, roti panggang, keju panggang, sayuran panggang, dan sup.

Mama bersama anak juga bisa menjelajah, aplikasi media sosial seperti TikTok, Instagram, dan YouTube untuk mengetahui hack atau cara mudah memasak yang sehat dan cepat. Mama juga bisa meminta anak untuk mencatatnya di buku catatan kecil yang bisa ia selalu bawa

4. Ajarkan anak cara membuat camilan yang sehat agar terhindar dari junk food

4. Ajarkan anak cara membuat camilan sehat agar terhindar dari junk food
Freepik/tirachardz

Mama mungkin ingat jumlah junk food atau makanan instan yang dikonsumsi ketika masa muda. Meskipun tidak apa-apa karena metabolisme remaja dapat mengatasinya, ini bisa memberikan dampak buruk jika dikonsumsi secara terus menerus.

Maka dari itu, penting bagi Mama untuk mengajari anak remaja beberapa kiat camilan yang sehat dan enak. Beberapa ide seperti sandwich dengan sayuran seperti daging slice, selada, paprika, dan saus. Atau Mama juga bisa mengajarkannya cara membuat kue dengan oatmeal, salad, smoothies, dll.

5. Membiasakan anak untuk membaca tanggal expired atau kedaluwarsa

5. Membiasakan anak membaca tanggal expired atau kedaluwarsa
Freepik/mafolen

Mengajarkan anak cara memeriksa dan mengetahui cara membaca tanggal kedaluwarsa produk juga tak kalah penting. Terlebih lagi jika remaja selalu terburu-buru dalam sesuatu, ia terkadang melewatkan hal penting ini.

Anak juga perlu tahu berapa lama sesuatu bisa bertahan di lemari es, apakah itu daging, sayuran, buah-buahan, dan bahan makanan lainnya. Karena menyimpan sesuatu di lemari es terlalu lama juga dapat merusaknya. 

Untuk itu, Mama perlu membiasakan anak untuk membaca tanggal kedaluwarsa sejak dini. Misalnya ketika meminta bantuan anak untuk mengambil beberapa bahan makanan, minta ia untuk memeriksa tanggal expired yang tercetak di kemasan.

6. Mengajarkan anak keterampilan memotong menggunakan pisau

6. Mengajarkan anak keterampilan memotong menggunakan pisau
Freepik/Our-team

Mengajarkan anak untuk memotong menggunakan pisau mungkin adalah keterampilan yang sangat mendasar, tetapi mintalah anak membantu Mama di rumah dengan memotong sayuran dan buah-buahan.

Ini adalah latihan yang penting bagi anak dan seharusnya menjadi sesuatu yang tidak akan ditakuti ketika harus melakukannya sendiri.

Tip yang bermanfaat adalah dengan memotong dan menyiapkan semua sayuran untuk dimasak selama seminggu pada akhir pekan. Dengan cara ini, anak hanya perlu menyiapkan sayuran daripada menghabiskan waktu untuk memotongnya.

7. Mengelola diet seimbang dengan tepat

7. Mengelola diet seimbang tepat
Pexels/Mikhail Nilov

Seperti yang Mama ketahui, banyak remaja saat ini yang merasa tidak percaya diri dengan bentuk tubuhnya. Hal inilah terkadang memicu gangguan makan seperti makan berlebihan atau diet yang berbahaya.

Meskipun mengetahui cara memasak itu penting, mengetahui tentang diet seimbang dan nutrisi juga penting. Mengetahui hal-hal dasar seperti makan seimbang dengan karbohidrat, protein, dan vitamin sama pentingnya dengan semua keterampilan di atas.

Mama bahkan bisa mengobrol sambil memasak bersama anak, bahwa daging adalah protein, roti adalah karbohidrat, dan sayuran adalah sumber nutrisi. Jika anak memiliki pola makan tertentu, Mama juga bisa mengajarkannya pada saat waktu masak bersama.

Nah itulah beberapa memasak yang penting diajatkan ajarkan pada remaja. Bagaimanapun, keterampilan ini mengajarkan anak agar lebih siap menjalani kehidupan dewasa dengan mandiri. Sehingga Mama bisa mengajarkannya pada anak perempuan dan laki-laki sejak usianya masih remaja.

Yuk segera ajari anak tujuh keterampilan di atas!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk