TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Langkah Cara Memakai Sumpit agar Anak Tak Bingung

Penting juga mengajarkan anak etiket saat menggunakan sumpit ya Ma!

18 September 2022

5 Langkah Cara Memakai Sumpit agar Anak Tak Bingung
Freepik/bondarenko-rimma

Sumpit adalah jenis alat makan yang biasanya digunakan untuk menyantap masakan Asia. Hal ini terutama berlaku untuk masakan China, Korea, dan Jepang, yang hampir semuanya dimakan hanya dengan sepasang sumpit.

Misalnya di Jepang sendiri, sumpit tak hanya digunakan saat makan nasi dan lauk, tetapi juga mie, seperti soba dan udon.

Meskipun mungkin tampak membingungkan atau rumit pada awalnya, makan dengan sumpit cukup mudah setelah anak tahu cara memegang dan menggerakkan masing-masing sumpitnya dengan benar.

Nah kali ini Popmama.com telah merangkum lima langkah cara memakai sumpit, agar anak tak bingung saat menggunakannya. Yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini!

1. Letakan sumpit di antara lekukan jari telunjuk dan ibu jari

1. Letakan sumpit antara lekukan jari telunjuk ibu jari
Wikihow.com

Ambil satu sumpit dan letakkan di antara jari telunjuk dan ibu jari Anda terhubung. Letakkan ujung sumpit yang lebar di lekukan jari, tempat ibu jari dan jari telunjuk terhubung. Kencangkan jari-jari untuk pegangan yang kuat. Ini mirip dengan cara memegang pena, tetapi sedikit lebih rendah.

Kemudian gunakan ujung jari manis yang menahan sumpit. Ini membebaskan jari tengah untuk memegang sumpit dengan lebih aman dan memberikan kontrol yang lebih besar.

Editors' Picks

2. Mengatur posisi sumpit kedua di telunjuk dan ibu jari

2. Mengatur posisi sumpit kedua telunjuk ibu jari
Wikihow.com

Pegang sumpit kedua dengan jari telunjuk dan ditahan oleh ibu jari. Ini adalah sumpit yang berperan untuk membuka atau menutup untuk mengambil makan.

Letakkan ibu jari di sisi sumpit kedua, sehingga terletak di atas sumpit pertama. Sesuaikan genggaman ke posisi yang lebih nyaman. Pastikan ujung sumpit sejajar satu bisa rapat satu sama lain untuk membantu mencegah sumpit menyeberang atau tidak dapat "mencubit" makanan.

Untuk menyamakannya, anak dapat mengetuk bagian bawah sumpit di atas meja. Sumpit yang tidak rata akan sangat sulit digunakan.

3. Berlatih membuka dan menutup sumpit

3. Berlatih membuka menutup sumpit
Wikihow.com

Kemudian, gerakkan tangan ke atas dan ke bawah sumpit, tetapi pertahankan posisi yang sama, bereksperimenlah dengan tingkat genggaman. Beberapa individu dapat merasa lebih mudah untuk bermanuver lebih dekat ke ujung bawah, yang lain lebih jauh ke atas.

Anak dapat melatih gerakannya dengan membuat ujung kedua sumpit saling bersentuhan berulang kali. Namun pastikan ujung bawah sumpit tidak membentuk huruf "X" karena akan menyulitkan anak untuk mengambil makanan.

4. Mulailah mencoba untuk mengambil makanan

4. Mulailah mencoba mengambil makanan
Freepik

Mengambil makanan dari sudut 45° mungkin paling mudah untuk dicoba saat ini. Setelah anak mama dapat menggunakan sumpit dengan stabil, angkat makanan dengan sumpit ke atas. Jika terasa tidak stabil, letakkan makanannya, dan coba lagi.

Setelah anak menguasai satu jenis makanan, beralihlah ke ukuran dan tekstur yang berbeda. Saat  anak sudah mulai merasa sangat percaya diri untuk mengambil mie dengan sumpit, berlatihlah dengan makanan lain seperti nasi atau sushi!

5. Kenali etiket saat menggunakan sumpit

5. Kenali etiket saat menggunakan sumpit
Freepik/Jcomp

Saat anak menggunakan sumpit, terutama di meja makan di rumah atau restoran Asia, anak perlu mengetahui etiket menggunakan sumpit. Setiap masyarakat memiliki aturan yang sedikit berbeda, tetapi secara umum, berikut adalah etiket saat menggunakan sumpit:

  • Jangan menggunakan sumpit yang telah dimasukkan ke dalam mulut untuk mengambil makanan di piring besar untuk makan bersama-sama.
  • Jangan menempelkan sumpit tegak lurus ke dalam makanan, karena bisa dipandang sebagai pertanda buruk dan mengingatkan pada dupa di pemakaman.
  • Jangan menusuk makanan dengan ujung sumpit. Ini mungkin tampak seperti alternatif yang baik, tetapi dianggap tidak sopan. Sehingga ajarkan anak untuk meminta tolong ketika ia kesulitan mengambil makanan dengan sumpit.
  • Jangan memberikan makanan dari sumpit ke sumpit. Ini seringkali dianggap sebagai perilaku meja yang buruk atau bahkan tidak menyenangkan.
  • Jangan menyilangkan sumpit usai makan, letakkan sumpit di sisi piring di sebelah kiri.
  • Jangan menunjuk orang dengan sumpit. Menunjuk, secara umum, adalah tidak-tidak dalam budaya Asia dan hal yang sama berlaku dengan sumpit.

Nah itulah beberapa langkah cara memakai sumpit. Dengan mengetahui langkah-langkah di atas, semoga anak tidak bingung lagi ketika menggunakan sumpit ya Ma! Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk