5 Manfaat Eyeshadow Selain untuk Mata yang Perlu Remaja Tahu

Tak hanya untuk mata, eyeshadow juga bisa digunakan untuk pipi hingga tulang hidung lho!

24 November 2021

5 Manfaat Eyeshadow Selain Mata Perlu Remaja Tahu
Pexels/Artem Podrez

Remaja kini dapat menggunakan makeup untuk menunjang penampilannya. Salah satu produk kosmetik yang sering digunakan remaja adalah eyeshadow.

Eyeshadow dapat membuat mata anak lebih menarik atau berdimensi setelah menggunakan dasar makeup. Eyeshadow sering digunakan saat acara keluarga, hangout bersama orangtua atau teman, dan pada saat menghadiri acara-acara formal.

Namun selain dapat digunakan untuk riasan mata, ternyata eyeshadow juga memilki kegunaan lain.

Sebelum memberikan remaja produk makeup lainnya, berikut Popmama.com telah merangkum 5 manfaat eyeshadow selain untuk mata yang perlu remaja tahu!

1. Eyeshadow shimmer dapat digunakan sebagai highlighter

1. Eyeshadow shimmer dapat digunakan sebagai highlighter
Freepik

Anak remaja mama bisa menjadikan eyeshadow sebagai highlighter, lho! Pastikan kamu memilki eyeshadow yang berjenis shimmering.

Eyeshadow jenis shimmering ini adalah eyeshadow yang terlihat mengilap karena memilki banyak kandungan glitter. Warna yang bisa remaja gunakan adalah warna-warna seperti rose gold, gold, white, ataupun silver.

Ia bisa mengenakannya di bagian ujung depan mata, di sepanjang garis bawah alis, dan juga cekungan di atas bibir di ujung philtrum yang berbentuk seperti huruf v atau yang sering disebut sebagai cupid's bow.

Editors' Picks

2. Mempertegas beberapa bagian wajah seperti menggunakan powder contour

2. Mempertegas beberapa bagian wajah seperti menggunakan powder contour
Pexels/Cottonbro

Countouring dilakukan untuk mempertegas beberapa bagian wajah, terutama di bagian batang hidung agar terlihat lebih mancung, atau di bagian tulang pipi agar terlihat lebih tirus.

Nah, jika remaja ingin memakai eyeshadow sebagai contour, pastikan ia memilih eyeshadow dengan tekstur matte atau yang tidak memilki glitter. Lalu, ia tinggal memilih eyeshadow yang berwarna cokelat muda lalu aplikasikan di beberapa bagian seperti daerah tulang pipi, dahi, ataupun hidung.

Sebelum mengaplikasikan contour sebaiknya remaja mencari tahu terlebih dahulu cara menggunakan contour sesuai bentuk wajahnya. Karena, setiap bentuk wajah memilki cara mengenakan contour yang berbeda

Gunakan eyeshadow sedikit demi sedikit dan tidak terlalu ditekan untuk menghasilkan riasan yang natural, karena warna eyeshadow umumnya lebih pigmented atau nyata dibandingkan dengan powder contour.

3. Dapat mengisi warna alis dengan lebih natural

3. Dapat mengisi warna alis lebih natural
Freepik/choknadii

Jika remaja ingin mendapatkan bentuk alis yang lebih rapi dan natural, atau pensil alisnya habis, jangan khawatir karena eyeshadow bisa membantu. Pastikan remaja memilih warna yang sesuai dengan warna alis atau warna pensil alis yang biasa ia gunakan.

Umumnya warna yang sering digunakan adalah warna dark brown ataupun dark grey. Pulaskan tipis-tipis eyeshadow dengan angled brush atau kuas makeup yang berbentuk seperti garis miring. Untuk hasil yang lebih rapi, remaja dapat menggunakan foundation atau concealer.

4. Menjadi blush on untuk menciptakan penampilan yang lebih fresh

4. Menjadi blush on menciptakan penampilan lebih fresh
Freepik/Nomadsoul1

Blush on memilki fungsi sebagai perona pada wajah remaja, agar tidak terlihat lebih pucat. Selain itu menggunakan blush on dapat membuat penampilan anak terlihat lebih fresh. Jika tidak punya blush on, ia sebenarnya tak perlu repot-repot beli blush on ketika memiliki eyeshadow!

Mama tinggal mengarahkan remaja untuk memilih warna eyeshadow seperti pink atau peach. Lalu dengan blush brush atau kuas yang lebih tebal, ambil sedikit eyeshadow dan tepuk-tepuk sedikit di tangan agar hasilnya tidak 'menor', kemudian pulaskan ke pipi secara perlahan.

5. Bisa membuat eyeliner lebih natural dengan menggunakan eyeshadow

5. Bisa membuat eyeliner lebih natural menggunakan eyeshadow
Pinterest.com

Eyeliner dapat digunakan untuk mempertegas garis mata. Namun ketika anak remaja mama baru belajar makeup, ia mungkin akan kesulitan jika langsung menggunakan eyeliner cair. Sebagai gantinya, remaja juga bisa memanfaatkan eyeshadow sebagai eyeliner.

Caranya cukup celupkan brush yang tipis ke dalam air atau disemprotkan setting spray, lalu ambil eyeshadow warna hitam atau cokelat, dan kenakan sebagai eyeliner. Untuk hasil yang lebih natural, remaja juga bisa menggunakan angled brush dan langsung diaplikasikan sesuai bentuk mata.

Selain hitam dan cokelat, anak juga bisa berkreasi dengan eyeshadow warna-warni. 

Nah itulah beberapa manfaat eyeshadow selain untuk mata yang perlu remaja tahu. Dengan memilih satu palet eyeshadow yang memiliki beragam warna, sudah cukup untuk membuat riasan seluruh wajah lho!

Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.