7 Manfaat Sunflower Seed Oil untuk Remaja dalam Skincare

Menjaga kelembaban pada kulit remaja

16 Mei 2021

7 Manfaat Sunflower Seed Oil Remaja dalam Skincare
Freepik/Xander.md

Siapa yang tak tertarik dengan bunga kuning yang satu ini? Hampir setiap orang menyukai bunga matahari karena berwarna cerah dan kelopak yang besar. Lebih dari itu, bunga matahari menghasilkan minyak biji dengan nutrisi yang memiliki beragam manfaat dalam perawatan kulit remaja.

Minyak bunga matahari telah digunakan sebagai bahan perawatan kulit alami selama ratusan tahun di seluruh dunia, dan menawarkan banyak manfaat seperti membantu meningkatkan nutrisi untuk melindungi kulit dari berbagai risiko kerusakan.

Tak hanya itu saja, minyak bunga matahari atau sunflower seed oil juga memiliki manfaat sehat lainnya untuk kulit remaja. Apa saja ya, Ma? Berikut Popmama.com akan membahas 7 manfaat minyak bunga matahari dan rekomendasi merek skincare dengan kandungan minyak bunga matahari.

1. Meningkatkan kelembaban dan menjaga kulit tetap terhidrasi

1. Meningkatkan kelembaban menjaga kulit tetap terhidrasi
Freepik/Nakaridore

Minyak bunga matahari memiliki sifat emolien, yang membantu kulit mempertahankan kelembapannya. Kandungan Vitamin E juga membantu mengunci kelembapan di dalam sel kulit, sehingga menjaga kulit remaja tetap terhidrasi untuk waktu yang lebih lama.

Seperti minyak alami pada kulit, atau sebum, minyak bunga matahari adalah pelembab alami, artinya bagi remaja dengan kulit yang kering dapat membantu meningkatkan kelembapan dan kelembutan kulit. Minyak bunga matahari dapat menjadi pelembab yang tepat karena juga dapat membantu kulit menahan air.

2. Bersifat non-comedogenic yang tidak akan menyumbat pori-pori

2. Bersifat non-comedogenic tidak akan menyumbat pori-pori
Freepik/Galinkazhi

Selain membantu melembabkan wajah, minyak bunga matahari ini juga bersifat non-comedogenic, sehingga tidak akan menyumbat pori-pori yang menjadi penyebab timbulnya jerawat atau komedo yang membandel.

Sebaliknya, minyak bunga matahari dapat membantu menyamarkan pori-pori yang besar. Khususnya bagi remaja dengan kulit yang berminyak, yaitu dengan membersihkan pori-pori wajah dari sel-sel kulit mati dan menciptakan kulit wajah yang lebih bersih dan sehat.

3. Berperan sebagai antioksidan untuk melindungi sel kulit wajah anak

3. Berperan sebagai antioksidan melindungi sel kulit wajah anak
Freepik/Zilvergolf

Kandungan Vitamin E yang tinggi dalam minyak bunga matahari ini juga berperan sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel kulit wajah anak dari paparan sinar UV matahari yang berbahaya, serta penyebab stres lingkungan lainnya seperti polusi udara dan lain-lain.

4. Membantu kulit untuk melawan bakteri penyebab jerawat

4. Membantu kulit melawan bakteri penyebab jerawat
Freepik/Mayakruchankova

Selain Vitamin E, minyak bunga matahari juga kaya akan Vitamin A, C, dan D, sehingga efektif dalam mengobati jerawat. Minyak biji bunga matahari juga mengandung vitamin dan asam lemak yang bertindak sebagai antioksidan untuk meregenerasi sel kulit baru dan membantu kulit wajah anak melawan bakteri penyebab jerawat.

Vitamin A yang terkandung pada minyak bunga matahari berasal dari sumber beta karoten, yaitu senyawa yang larut dalam lemak dan dapat diubah menjadi Vitamin A. Sifat antioksidan dari beta-karoten tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan kulit remaja.

Editors' Picks

5. Memiliki sifat anti-inflamasi untuk mengurangi kemerahan dan tekstur

5. Memiliki sifat anti-inflamasi mengurangi kemerahan tekstur
Freepik/coffeekai

Minyak biji bunga matahari memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi kemerahan dan tekstur pada kulit remaja. Minyak biji bunga matahari juga kaya akan asam lemak omega-6 (linoleat) dan Vitamin E.

Asam omega-6 dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan meningkatkan perkembangan sel-sel kulit baru.

Selain itu, minyak bunga matahari dikenal karena kemampuannya untuk menenangkan kulit yang teriritasi. Fungsi ini bekerja untuk semua jenis kulit, dengan memberikan kelembapan dan perlindungan yang lembut.

6. Cocok digunakan untuk remaja dengan kulit kering atau sensitif

6. Cocok digunakan remaja kulit kering atau sensitif
Freepik/Sviatkovskyi

Masih seputar kelembaban, minyak bunga matahari memiliki sifat menenangkan alami yang meningkatkan kelembapan kulit, dan sangat bermanfaat bagi remaja yang memiliki kulit kering atau sensitif.

Menggunakan minyak bunga matahari secara teratur dapat membantu menghilangkan sel-sel mati dan kotoran, yang membuat kulit menjadi lebih halus dan terjaga kelembabannya.

7. Membantu pengobatan dermatitis atopik atau eksim

7. Membantu pengobatan dermatitis atopik atau eksim
Freepik/Brgfx

Minyak bunga matahari juga memiliki efek anti-inflamasi yang sangat baik, minyak ini juga meningkatkan kekuatan pada kulit. Dengan manfaat ini, tentunya akan semakin meningkatkan kesehatan kulit pada remaja.

Vitamin E dalam minyak bunga matahari membantu pengobatan dermatitis atopik (eksim). Minyak bunga matahari juga dikenal dapat mengobati kulit kering, yang merupakan gejala eksim lainnya.

Rekomendasi produk skincare yang memiliki kandungan minyak bunga matahari untuk remaja

Rekomendasi produk skincare memiliki kandungan minyak bunga matahari remaja
Freepik/Jcomp

Seperti yang Mama lihat, minyak bunga matahari memiliki beragam manfaat pada kulit. Kandungannya dapat meningkatkan kelembaban, mengurangi kemerahan, mengecilkan pori-pori, dan lainnya. Berikut ini adalah tiga rekomendasi produk dengan kandungan minyak bunga matahari untuk kulit remaja:

Emina Masquerade Face Mask Sunflower Seed Oil

Emina Masquerade Face Mask Sunflower Seed Oil
Shopee.co.id

Produk dengan kandungan minyak bunga matahari selanjutnya adalah, Emina Masquerade Face Mask Sunflower Seed Oil. Memiliki banyak variasi masker, minyak biji bunga matahari juga menjadi salah satu varian dari sheet mask Emina.

Minyak biji bunga matahari yang terkandung dalam masker ini dapat membantu menghaluskan, menenangkan, dan membuat kulit menjadi lebih lembut. Selain itu, kandungan Vitamin E nya juga berperan sebagai antioksidan dan anti-inflamasi yang mengembalaikan kekencangan atau elastisitas kulit.

Mama bisa membeli sheet mask dari Emina ini dengan harga sekitar Rp.13.000an saja lho!

Innisfree Extreme safety 100 sun cream SPF50+ PA+++

Innisfree Extreme safety 100 sun cream SPF50+ PA+++
Zilingoshopping.com

Produk yang mengandung minyak bunga matahari lainnya adalah Innisfree Extreme safety 100 sun cream SPF50+ PA+++, yang merupakan tabir surya dari merek Innisfree. Tabir surya adalah perawatan kulit yang paling penting sebelum remaja beraktifitas di bawah cahaya matahari.

Manfaat yang bisa remaja rasakan adalah tekstur tabir surya yang ringan, sehingga mudah terserap oleh kulit. Kemudian juga memiliki double UV protection serta mengandung SPF 50 sehingga kulit menjadi terlindungi dari pengaruh bahaya sinar matahari.

Mama bisa mendapatkan produk Innisfree Extreme safety 100 sun cream SPF50+ PA+++ ini dengan harga yang berkisar dari Rp.210.000-Rp.250.000,-

SOMETHINC BAKUCHIOL Skinpair Oil Serum

SOMETHINC BAKUCHIOL Skinpair Oil Serum
Somethinc.com

BAKUCHIOL Skinpair Oil Serum dari SOMETHINC ini mengandung 100 persen bakuchiol yang merupakan bahan natural aktif yang diambil dari tanaman Babchi atau Psoralea corylifolia plant, yang sudah digunakan dalam pengobatan Ayurvedic & China sejak berabad-abad lalu. 

Selain itu juga mengandung minyak bunga matahari, minyak tamanu, minyak biji apel, salicylic acid, dan juga tocopherol. Produk ini memililki sifat antioksidan, anti inflamasi, mengurangi jerawat, meningkatkan kolagen, dan memperbaiki tekstur kulit dengan efek samping yang lebih rendah.

Karena menggunakan bahan-bahan alami dan vegan, BAKUCHIOL Skinpair Oil ini dapat digunakan dari usia remaja 11 tahun, kemudian juga remaja dengan kulit sensitif, dan perempuan hamil atau menyusui. Aman untuk digunakan semua jenis kulit, bahkan juga remaja dengan kulit yang berminyak dan rentan berjerawat.

Setelah 12 minggu penggunaan, dapat meningkatkan elastisitas kulit dan kekencangan kulit, dan berkurangnya hyperpigmentasi. Mama bisa mendapatkan produk ini seharga Rp.89.000,-

Nah itu dia Ma, manfaat minyak bunga matahari atau sunflower seed oil untuk kulit remaja serta rekomendasi produk skincare yang mengandung minyak bunga matahari.

Namun, jangan lupa untuk tetap memilih skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit anak, jika Mama ragu bisa berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli kecantikan.

Semoga informasinya bermanfaat Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.