13 Masker Alami untuk Mengatasi Permasalahan Rambut Remaja

Solusi permasalahan rambut pada anak remaja

26 Januari 2021

13 Masker Alami Mengatasi Permasalahan Rambut Remaja
Freepik/User15145147

Setiap remaja tentunya ingin memiliki rambut yang sehat dan indah, namun sayangnya beberapa faktor dapat menyebabkan rambut anak rusak, seperti penggunaan alat penata rambut panas, cuaca panas dan dingin, hingga kesalahan dalam perawatan rambut.

Lalu, apa yang harus dilakukan remaja mama untuk mengembalikan kesehatan rambutnya? Buat masker rambut sendiri di rumah! Beberapa resep masker rambut alami ini sangat cocok untuk mengisi waktu luang atau me time.

Selain itu Mama juga tidak perlu khawatir karena cara membuatnya yang sangat mudah. Kali ini Popmama.com akan memberikan 13 rekomendasi masker rambut alami untuk remaja yang ampuh mengatasi permasalahan rambut kering dan rusak. 

1. Masker rambut untuk mengatasi kulit kepala gatal

1. Masker rambut mengatasi kulit kepala gatal
Freepik/Azerbaijan-stockers

Selama musim panas, kulit kepala yang kering bisa menjadi sangat gatal, selain itu juga bisa sangat menyiksa dan sekaligus memalukan jika anak terus menggaruk kepala di depan teman-temannya.

Perawatan yang bagus untuk permasalahan ini adalah masker rambut jus lemon dan minyak zaitun. Masker ini sangat mudah dibuat dan ampuh menghentikan rasa gatal tersebut. Mama cukup mencampurkan jus lemon segar dengan minyak zaitun, dan sedikit air,.

Kemudian pijat ke kulit kepala yang lembab. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dan keramas rambut. Perawatan ini bisa diterapkan setiap minggu.

2. Masker untuk mengatasi rambut berminyak

2. Masker mengatasi rambut berminyak
Pexels/Lisa Fotios

Rambut berminyak adalah masalah yang sering dialami banyak remaja perempuan dan laki-laki. Masker untuk mengatasi rambut berminyak ini akan meredakan masalah tersebut dan membuat rambut tampak lebih berkilau dan sehat juga.

Mama hanya membutuhkan kulit lemon dan cuka sari apel. Kombinasi kedua bahan tersebut membantu mengembalikan keseimbangan pH yang tepat pada rambut anak dan membantu menetralkan produksi minyak berlebih. Hasilnya adalah rambut berkilau tanpa kilau minyak.

Untuk mendapatkan masker ini, campur parutan kulit lemon dengan cuka sari apel dalam mangkuk. Minta anak untuk keramas seperti biasa namun jangan gunakan kondisioner.

Saat pori-pori di kepala masih terbuka, oleskan masker secara merata dari kulit kepala dan sisir ke bagian bawah rambut. Tutupi dengan handuk atau shower cap. Bilas dengan air hangat setelah 20 menit.

3. Masker untuk meningkatkan pertumbuhan rambut

3. Masker meningkatkan pertumbuhan rambut
Freepik/freepic.diller

Masker rambut alami ini mengandung alpukat dan membantu menumbuhkan dan melembabkan rambut. Masker ini juga sangat mudah dibuat, yang Mama butuhkan hanya alpukat, castor oil atau minyak jarak, telur, dan beberapa tetes minyak esensial.

Mama dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mendapatkan masker yang meningkatkan pertumbuhan rambut anak:

  1. Dalam mangkuk kecil atau mangkuk mixer, masukkan alpukat, minyak jarak, telur dan minyak esensial. Aduk dengan kecepatan tinggi sampai halus.
  2. Basahi rambut dengan air. Pertama oleskan masker pada kulit kepala anak dan kemudian oleskan masker ke seluruh rambut, dengan perhatian khusus pada ujungnya.
  3. Jepit rambut anak ke bagian atas kepala, tutupi dengan shower cap, dan diamkan selama 40-45 menit.
  4. Lepaskan shower cap, bilas, dan cuci rambut dengan sampo lembut.
  5. Pastikan anak tidak mencuci rambut dengan air hangat. Karena bisa menyebabkan telur menempel di rambut anak dan akan sulit untuk menghilangkannya.

Lakukan ini setidaknya seminggu untuk mendapatkan rambut yang lebih halus dan sehat. Plus, gunakan yang ini secara teratur dan anak akan melihat peningkatan yang signifikan pada panjang rambutnya.

4. Masker alami dari pisang untuk rambut rusak

4. Masker alami dari pisang rambut rusak
Freepik/topntp26

Pisang dan minyak zaitun menjadi bahan dasar masker ini yang sangat cocok untuk memulihkan rambut rusak.

Jika anak menggunakan banyak produk seperti pewarna rambut atau sering mengeringkan, meluruskan, atau mengeriting rambut menggunakan alat penata rambut yang panas, maka anak mungkin melihat beberapa ujung yang kering atau kusut.

Cara membuatnya dengan mencampur pisang, minyak zaitun/almond, madu, dan minyak lavender, menghaluskan kedua bahan, aplikasikan ke rambut dan jangan lupa untuk dipijat. Tutupi rambut dengan shower cap dan bungkus dengan handuk hangat diatasnya.

Panas dapat menciptakan masker menyerap dengan efektif ke akar rambut. Diamkan selama 15 menit dan bilas. Masker ini akan segera membuat rambut anak sehat kembali dan membuatnya halus dan berkilau.

5. Masker bir dan telur untuk rambut sehalus sutra

5. Masker bir telur rambut sehalus sutra
Freepik/8photo

Masker ini mengandung bir, telur, dan minyak almond dan akan membuat rambut anak menjadi lebih halus dan berkilau.

Bir sebenarnya sangat baik untuk rambut dan mencampurkan telur dan minyak almond dalam masker ini membantu mengembalikan kecantikan alami rambut anak dan membuatnya halus seperti sutra.

Setelah mencampurkan semua bahan, dan diaplikasikan pada rambut, biarkan selama sekitar setengah jam, dan kemudian bilas untuk mendapatkan rambut yang sangat sehat.

Editors' Picks

6. Masker bentonite untuk mendetoks rambut

6. Masker bentonite mendetoks rambut
Freepik/7191052

Produk perawatan rambut tertentu dapat menumpuk dan membuat rambut anak menjadi kusam dan kusut. Unsur-unsur alam seperti matahari dan bahkan polusi juga dapat menyebabkan rambut kehilangan kilau aslinya.

Masker detox ini terbuat dari bentonite clay mask. Walaupun sering digunakan untuk wajah, masker ini juga dapat mendetoksifikasi rambut dan menghilangkan semua bahan kimia berbahaya yang menempel pada rambut anak tersebut.

Untuk membuat masker ini, Mama cukup menyiapkan bentonite clay mask, lidah buaya, dan cuka sari apel. Campur bentonite clay mask, lidah buaya, dan 1/4 cangkir cuka sari apel hingga rata, kemudian aplikasikan dan ratakan pada rambut, gunakan shower cap dan biarkan selama 20-30 menit.

Jangan biarkan sampai campuran mengering, bilas dengan 1 cangkir cuka dan diamkan selama 1-3 menit, lalu keramas.

7. Masker alami dari minyak kelapauntuk rambut berkilau

7. Masker alami dari minyak kelapauntuk rambut berkilau
Freepik

Masker ini mengandung minyak kelapa, madu, dan cuka sari apel. Ketiga bahan tersebut bekerja sama untuk membuat rambut remaja mama menjadi lebih halus dan berkilau. Anak bisa menggunakan masker ini rutin seminggu sekali.

Bahan-bahannya sangat lembut untuk rambut, dan membantu menghilangkan keriting yang cenderung dialami pada saat cuaca panas dan lembab, atau selama musim hujan ketika udara dingin membuat rambut lebih kusam dan kering.

Sama seperti masker rambut sebelumnya, Mama dapat mencampurkan ketiga bahan tersebut, lalu aplikasikan pada rambut anak, tunggu sampai 20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Pemakaian rutin membuat rambut anak lebih berkilau alami.

8. Masker susu untuk menghaluskan rambut

8. Masker susu menghaluskan rambut
Freepik/azerbaijan_stockers

Masker susu merupakan solusi yang sangat baik untuk rambut anak jika ia menginginkan rambut yang lembut dan mudah diatur. Masker ini terbuat dari susu, bersama dengan telur dan minyak kelapa untuk membuat rambut jadi halus, berkilau, dan tentunya lembut.

Anak dapat memanaskan rambut sebelum menggunakan masker ini, untuk membuka folikel sehingga masker dapat menembus ke dalam akar rambut. Ini adalah masker yang bagus untuk dilakukan secara rutin untuk menghilangkan semua bahan kimia keras dari rambut.

Untuk membuat masker ini, campur semua bahan menjadi satu, aplikasikan ke rambut namun hindari penggunaan kurang lebih 1/2 inci dari akar rambut. Tutupi rambut dengan shower cap atau kantong plastik dan hangatkan seluruh rambut dengan pengering rambut dengan panas sedang.

Biarkan masker hingga benar-benar dingin (10-20 menit) lalu bilas.

9. Masker untuk mengatasi rambut rontok dengan yogurt yunani

9. Masker mengatasi rambut rontok yogurt yunani
Freepik/Racool-studio

Yogurt mengandung sejumlah vitamin dan protein yang bagus untuk membantu rambut anak lebih cepat tumbuh. Baik remaja dan orang dewasa, bisa mengalami kerontokan rambut setiap hari, bahkan beberapa lebih dari yang lain.

Jika anak merasa rambut rontok lebih banyak daripada rambut yang tumbuh, masker yogurt ini sangat cocok untuk membantu mengisi kembali helai rambut yang hilang.

Mama dapat mencampurkan yogurt dengan madu dan cuka sari apel. Lalu aplikasikan ke rambut anak kurang lebih 15-20 menit sebelum di bilas dengan air dingin. Masker ini membantu melembabkan rambut dan menutrisi untuk meningkatkan kekuatan helai rambut, serta mengurangi kerusakan.

10. Masker buatan sendiri untuk mempertahankan rambut keriting

10. Masker buatan sendiri mempertahankan rambut keriting
Freepik

Apakah anak memiliki rambut keriting alami atau menggunakan produk dan peralatan penataan rambut? Jika iya, masker untuk rambut keriting buatan sendiri ini adalah suatu keharusan agar menjaga rambut ikal tetap kencang dan indah.

Masker ini membutuhkan mayones, telur, minyak zaitun, dan madu. Campurkan bahan-bahan dalam blender atau aduk bahan hingga tercampur rata. Oleskan masker secara merata ke seluruh rambut yang lembap, pastikan untuk menutupi ujung yang rusak.

Jika anak memiliki rambut panjang, ikatlah. Kemudian, tutupi rambut dengan shower cap atau handuk dan diamkan masker selama 30 menit. Cuci masker dengan sampo dan kondisioner.

Untuk hasil terbaik, oleskan masker sekali seminggu untuk membantu membuat rambut ikal menjadi tahan lama dan memberikan kilau yang indah.

11. Masker untuk pertumbuhan rambut yang lebih cepat

11. Masker pertumbuhan rambut lebih cepat
Freepik

Jika anak ingin menumbuhkan rambut dalam waktu yang singkat, masker pertumbuhan rambut semalam ini sangat cocok digunakan. Masker ini menggunakan minyak zaitun, telur dan minyak kelapa untuk merangsang folikel rambut dan membuatnya tumbuh.

Mama cukup membutuhkan telur, minyak zaitun, minyak kelapa, untuk menggunakannya ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Sebelum mengaplikasikan masker ini, gunakan jari untuk memijat kulit kepala selama 5 menit untuk meningkatkan sirkulasi darah ke area tersebut agar mendorong pertumbuhan rambut.
  2. Campur semua bahan menjadi satu dalam mangkuk dan aduk rata.
  3. Gunakan jari untuk mengoleskan campuran tersebut ke seluruh kulit kepala. Pijat kulit kepala untuk memastikannya terserap sepenuhnya.
  4. Biarkan selama beberapa jam atau semalaman.
  5. Saat anak bangun, keramaslah dengan sampo.

Jika anak menggunakan masker ini beberapa kali dalam minggu, Mama dapat melihat perbedaan yang mencolok dalam panjangnya sekitar sebulan atau lebih.

12. Masker rambut untuk meningkatkan volume rambut

12. Masker rambut meningkatkan volume rambut
Freepik/rawpixel.com

Biji lemon dan lada hitam efektif untuk menambah volume pada rambut remaja. Jika anak menyukai rambut yang bervolume, maka masker ini akan membantu mengangkat rambut dan menjaganya tetap lembut serta halus pada saat yang bersamaan.

Cara menggunakannya yaitu, ambil satu sendok teh biji lemon kemudian digiling halus, dan masukkan lada hitam bubuk. Setelah itu tambahkan beberapa tetes minyak zaitun untuk membuat masker lebih kental.

Kemudian oleskan masker ini ke kulit kepala dan biarkan selama 15-20 menit. Bilas campuran dengan air hangat dan bilas rambut dengan sampo ringan.

13. Masker lavender untuk membuat rambut harum

13. Masker lavender membuat rambut harum
Freepik/Sandimage

Masker rambut dengan aroma lavender ini mengandung minyak rosemary dan lavender, yang akan membuat rambut anak menjadi lebih halus dan lembut. Masker ini adalah masker yang bagus untuk penggunaan sehari-hari karena semua bahannya yang baik untuk helai rambut remaja.

Penambahan minyak esensial juga menawarkan banyak manfaat, di antaranya adalah menambah aroma wangi yang akan bertahan di rambut anak hingga waktunya keramas.

Untuk membuat masker lavender yaitu dengan mencampurkan minyak kelapa, alpukat, madu, telur, dan beberapa tetes minyak lavender. Kemudian aplikasikan pada rambut yang kering selama 20 menit. Setelah itu, bilas rambut menggunakan sampo dan keringkan.

Nah itu dia 13 masker rambut alami untuk mengatasi permasalahan rambut remaja. Dari 13 masker rambut alami untuk remaja di atas, mana yang cocok untuk mengatasi masalah rambut anak, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.