TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Memahami Tipe Karakter dan Kepribadian ENFP pada Remaja

Remaja ENFP dikenal ramah dan senang kebebasan

8 September 2022

Memahami Tipe Karakter Kepribadian ENFP Remaja
Freepik/Cookie-studio

Mama mungkin sudah tak asing dengan tes karakteristik atau kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) yang semakin banyak diikuti oleh sejumlah orang, terutama untuk mengetahui karakter seperti apa diri mereka.

Dari tes MBTI ada 16 tipe kepribadian yang berbeda. Salah satunya adalah ENFP (Extraverted, Intuitive, Feeling, and Perceiving), yang kemudian dibagi lagi menjadi dua kepribadian, yaitu ENFP-A dan ENFP-T.

Remaja yang memiliki tipe kepribadian ENFP sering digambarkan sebagai orang yang antusias, karismatik, menawan, energik, mandiri, dan kreatif. Mereka selalu melakukan yang terbaik dalam situasi yang diberikan kebebasan untuk berkreasi dan berinovasi

Apakah anak mama memiliki tipe karakter dan kepribadian ENFP?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini Popmama.com telah merangkum informasi selengkapnya. Simak sampai habis ya, Ma!

1. Apa itu ENFP?

1. Apa itu ENFP
Freepik

Anak yang memiliki tipe kepribadian ENFP atau dengan kepribadian Extraverted (ekstravert), Intuitive (intuitif), Feeling (perasaan), and Perceiving (persepsi).

Anak-anak yang memiliki jenis kepribadian ini cenderung merangkul ide dan tindakan besar yang mencerminkan harapan dan niat baik mereka terhadap orang lain. Energi hidup mereka dapat mengalir ke berbagai arah.

Mereka juga memiliki rasa semangat akan kebebasan sejati, ramah, terbuka, dan berpikiran terbuka. Dengan pendekatan hidup mereka yang hidup dan optimis, mereka menonjol di keramaian mana pun.

Meskipun anak ENFP bisa menjadi anak yang seru dalam pergaulan, mereka tak hanya peduli untuk bersenang-senang.

Diam-diam, tipe kepribadian ini sangat dalam. Seperti halnya kerinduan mereka akan hubungan emosional yang bermakna dengan orang lain.

2. Apa perbedaan remaja dengan karakteristik ENFP-A dan ENFP-T?

2. Apa perbedaan remaja karakteristik ENFP-A ENFP-T
Pexels/cottonbro

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, anak dengan tipe kepribadian dan karakter ENFP juga dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu ENFP-A dan EFNP-T. Apa perbedaan antara keduanya?

Terlepas dari Identitas, remaja ENFP selalu berjiwa bebas dengan keinginan yang mendalam untuk terhubung dengan orang lain. Namun, mereka tidak akan terlihat sama di bawah pengaruh sifat kepribadian Identitas.

Dilansir dari 16personalities, terlepas dari kesamaan yang cukup besar, ENFP-A atau Assertive dan ENFP-T atau Turbulent tidak identik.

Misalnya ENFP-A, agak lebih cenderung melihat diri mereka berkembang dalam hidup. Tetapi itu tidak berarti bahwa ENFP-T merasa tidak berhasil. Remaja ENFP-T cenderung melihat kehidupan mereka penuh pertimbangan 50:50 tentang kesuksesan dalam hidup.

Secara emosional, remaja ENFP-A kurang terpengaruh oleh pemicu stres dalam hidup mereka, karena cenderung merasa lebih percaya diri dengan kemampuan untuk menanganinya. Bagi mereka, stres adalah bagian dari kehidupan yang diyakini dapat dikelola dengan baik.

Sedangkan, remaja ENFP-T cenderung tidak mencari pikiran yang baik untuk mengatasi perasaan negatif. Meski penting untuk bangkit kembali, namun mereka cenderung berfokus pada saat-saat buruk cukup lama, agar mendapatkan pelajaran dalam masa-masa sulit.

3. Apa ciri-ciri anak dengan karakter dan kepribadian ENFP?

3. Apa ciri-ciri anak karakter kepribadian ENFP
Freepik/Zinkevych

Tipe kepribadian ENFP adalah salah satu dari 16 tipe berbeda yang diidentifikasi oleh Carl Jung. Dilansir dari onlinepersonalitytests.org, remaja dengan tipe kepribadian ini sering digambarkan dengan ciri-ciri berikut:

  • Hangat dan antusias
  • Empati dan peduli
  • Karismatik
  • Kreatif
  • Keterampilan orang yang kuat; berhubungan baik dengan orang lain
  • Mampu berpikir abstrak dan memahami konsep yang sulit dan kompleks
  • Membutuhkan persetujuan dari orang lain
  • Tidak teratur/suka berantakan
  • Keterampilan komunikasi yang kuat
  • Menyenangkan dan spontan
  • Sangat kreatif

Editors' Picks

4. Apa saja kelebihan remaja ENFP?

4. Apa saja kelebihan remaja ENFP
Freepik/Senivpetro

Setiap anak dengan kepribadian tertentu, pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ini sama halnya pada anak-anak dengan karakter ENFP. Mereka memiliki kelebihan yang menonjol pada dirinya, antara lain:

Rasa penasaran yang tinggi

Anak ENFP selalu menemukan keindahan dan daya tarik dalam hampir semua hal. Karena sifatnya yang imajinatif dan selalu berpikiran terbuka, mereka tidak takut untuk menjelajah di luar zona nyaman untuk mencari ide, pengalaman, dan petualangan baru.

Sangat peka

Bagi remaja dengan tipe kepribadian ini, tidak ada orang yang tidak penting baginya. Sehingga membuatnya selalu bisa menangkap perubahan paling halus dalam suasana hati atau ekspresi orang lain.

Karena mereka sangat peka terhadap perasaan dan kebutuhan orang lain, anak ENFP dapat memanfaatkan sepenuhnya sifat peduli dan perhatian mereka.

Antusias

Ketika sesuatu menangkap imajinasi mereka dan menginspirasinya, remaja ENFP ingin membaginya dengan siapa saja yang mau mendengarkan. Dan mereka juga ingin mendengar ide dan pendapat orang lain. Bahkan jika pemikiran itu sangat berbeda dari pemikiran mereka sendiri.

Pandai sebagai komunikator

Remaja dengan tipe kepribadian ini sangat memerhatikan penuh hal-hal yang akan dikatakannya, tetapi mereka juga bisa menjadi pendengar yang peduli.

Ini memberi mereka kemampuan yang hampir tak tertandingi untuk melakukan percakapan positif dan menyenangkan dengan semua orang. Bahkan orang yang tidak terlalu ramah atau tidak menyenangkan.

Ramai dan meriah

Mereka mungkin hidup untuk percakapan yang mendalam dan bermakna, tetapi mereka juga bisa spontan dan ringan. Kepribadian ini tahu bagaimana menemukan kesenangan dan kegembiraan.

Mereka juga tak ragu dalam berbagi kegembiraan dengan orang lain.

Baik hati

Semua kelebihan ini bersatu untuk membentuk seorang remaja yang ramah dan mudah didekati.

Remaja ENFP berusaha untuk bergaul dengan hampir semua orang, sehingga bukan hal yang mengherankan bila pertemanan mereka seringkali membentang jauh dan luas.

5. Apa saja kekurangan remaja ENFP?

5. Apa saja kekurangan remaja ENFP
Freepik/Cookie-studio

Jika sebelumnya kita membahas seputar kelebihan anak dengan karakter ENFP, kini sekarang Mama juga perlu mengetahui apa saja kekurangan yang ia miliki. 

Berikut beberapa kekurangan umum yang dimiliki anak ENFP, antara lain:

Berlebihan dalam memerhatikan orang lain

Kebanyakan remaja ENFP tidak nyaman dengan beberapa ide-ide orang lain. Namun untuk menjaga perdamaian, anak mungkin menyutujuinya atau membiarkan orang lain memperlakukannya dengan buruk.

Dan ketika anak gagal untuk menyenangkan seseorang, ia bisa sampai overthinking, akibat mencoba mencari tahu apa yang harus dilakukan untuk menyenangkan mereka.

Tidak fokus

Karena tipe kepribadian ini dikenal memiliki minat yang terus berkembang, ini menjelaskan bahwa anak ENFP mungkin merasa sulit untuk mempertahankan disiplin dan fokus dalam jangka panjang dalam satu minat.

Hingga bukan hal yang tak mungkin bagi mereka untuk memiliki banyak minat atau berpindah-pindah fokus. 

Tidak terorganisir

Secara khusus, anak dengan tipe kepribadian ini mungkin mencoba menghindari hal-hal yang membosankan dan praktis, seperti PR, pemeliharaan, atau pekerjaan yang memakan waktu lama.

Segala pekerjaan yang mengharuskan anak untuk teratur dapat menjadi sumber utama stres dalam hidup mereka.

Kerap tak memprioritaskan diri sendiri

Kepribadian anak ENFP merasa terpanggil untuk membantu orang lain, dan ia mungkin mendapati dirinya mengatakan "ya" setiap kali ada yang meminta bimbingan atau bantuan.

Sayangnya karena tidak mampu menetapkan batasan, anak yang paling energik pun bisa menjadi terlalu berkomitmen. Akhirnya terlalu sedikit waktu dan energi untuk menangani kebutuhan hidup mereka sendiri.

Terlalu optimis

Optimisme dapat menjadi salah satu kekuatan utama tipe kepribadian ini. Tetapi pandangan cerah remaja ENFP dapat mengarahkan mereka untuk membuat keputusan yang bermaksud baik tetapi naif, seperti memercayai orang-orang yang belum dikenalinya lebih dalam.

Sifat ini juga dapat mempersulit anak untuk menerima kebenaran yang sulit, tetapi perlu untuk membagikan kebenaran itu kepada orang lain.

Mudah gelisah

Dengan sikap positif dan optimis mereka, anak ENFP mungkin jarang terlihat kesal atau tidak puas di luar. Tetapi idealisme batin mereka dapat membuat perasaan yang mengganggu.

Terutama di beberapa bidang utama di kehidupan mereka yang tidak cukup baik, baik itu dalam hal keluarga, pertemanan, atau sekolah.

6. Apa saja hobi yang umum pada remaja ENFP?

6. Apa saja hobi umum remaja ENFP
Freepik/Freepik

Remaja ENFP ingin mengalami hidup dengan bakat dan intensitas, mereka menyukai ekspresi diri dan kebebasan pribadi. Nilai-nilai pribadi mereka meliputi kreativitas, pembelajaran, persahabatan, keluarga, dan pengabdian masyarakat.

ENFP sering kali terlihat artistik dan terkadang mengembangkan gaya pribadi yang unik dan khas. Sehingga ada beberapa hobi yang mungkin terlihat umum pada remaja ENFP, yaitu:

  • Menulis
  • Menulis musik
  • Memahat
  • Menulis kaligrafi
  • Bermain alat musik
  • Mendengarkan musik
  • Fotografi
  • Tarian
  • Membuat film
  • Membaca

7. Apa pilihan jalur karier untuk remaja ENFP?

7. Apa pilihan jalur karier remaja ENFP
Pexels.com/SHVETS

Saat memilih jalur karier, ada baiknya Mama memahami potensi kekuatan dan kelemahan dari tipe kepribadian anak.

Remaja dengan tipe kepribadian ENFP melakukan yang terbaik dalam pekerjaan yang menawarkan banyak fleksibilitas. Karena berempati dan tertarik pada orang lain, mereka sering berhasil dalam karir yang berorientasi pada layanan.

Mereka harus menghindari karier yang melibatkan penyelesaian banyak tugas rutin yang terperinci.

Beberapa pilihan karir yang mungkin menarik bagi remaja ENFP meliputi:

  • Psikolog
  • Wartawan
  • Aktor
  • Pembawa Acara/Reporter TV
  • Ahli ilmu gizi
  • Perawat
  • Pekerja sosial
  • Politikus
  • Konselor

8. Tips membesarkan anak remaja dengan karakter ENFP

8. Tips membesarkan anak remaja karakter ENFP
Freepik

Ketika Mama dan Papa memiliki anak dengan tipe kepribadian ENFP, tentunya hal ini harus dibarengi dengan pola asuh yang sesuai, demi menunjang tumbuh kembang yang lebih optimal.

Berikut beberapa tips dalam membesarkan anak remaja dengan kepribadian ENFP, yaitu:

  • Sebagai orangtua dari anak ENFP, penting bagi Mama untuk memelihara daya imajinasi dan semangat belajar anak, dan terus menyambut rasa ingin tahu anak yang terus tumbuh. Jangan membuat anak ENFP merasa aneh karena begitu unik dalam cara berpikir mereka, tetapi doronglah sisi unik dan luar biasa dari mereka.
  • Bantu anak dalam mengetahui berbagai macam cara belajar, Karena mereka mungkin dapat mengalami kesulitan dalam hal memerhatikan, terutama jika merasa hal-hal yang diajarkan di sekolah tidak cukup menarik atau menantang baginya.
  • Anak ENFP bisa kesulitan ketika harus mengikuti aturan tertentu, terutama yang tidak masuk akal bagi mereka. Sehingga penting bagi Mama untuk mendiskusikan aturan dan coba mendengarkan ide-ide anak dalam hal membangun peraturan di rumah. 
  • Bantu anak memahami bahwa aturan di luar (yang tidak bisa dinegosiasi), dibuat untuk membuatnya menjadi pribadi yang lebih disiplin, dan membantu mereka untuk mengetahui apa yang harus dilakukan
  • Hindari berbohong pada anak, maupun demi kebaikan. Anak ENFP tidak suka merasa seolah-olah orang-orang tidak jujur ​​di sekitar mereka, karena bagi mereka ini benar-benar salah. 
  • Biarkan anak memiliki waktu menyendiri. Meski anak senang berada di sekitar keluarga dan teman-temannya, mereka juga terkadang perlu waktu mandiri untuk dirinya sendiri. Hal ini dilakukannya untuk sekedar mengeksplorasi pikiran dan minatnya sendiri. 
  • Anak-anak ENFP sering bergumul dengan perasaan berbeda, dan terkadang disalahpahami oleh orang dewasa. Inilah mengapa pentingnya untuk mendengarkan dan mengakui perasaan anak, dan hindari untuk menghakimi perasaannya.

Yup, Itulah informasi untuk membantu Mama dalam memahami tipe karakter dan kepribadian ENFP pada remaja. Bagaimana Ma, apakah anak remaja mama termasuk ke dalam kategori anak dengan kepribadian di atas?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk