TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Memahami Tipe Karakter dan Kepribadian ISFJ pada Remaja

Anak ISFJ punya rasa tanggung jawab yang mendalam kepada orang-orang di sekitarnya

8 September 2022

Memahami Tipe Karakter Kepribadian ISFJ Remaja
Freepik

Mungkin Mama sudah tak asing lagi dengan tes karakteristik atau kepribadian Myers-Briggs Type Indicator atau yang kita kenal dengan MBTI. Banyak yang mengikuti tes ini untuk mengetahui karakter seperti apa diri mereka.

Dari tes MBTI ada 16 tipe kepribadian yang berbeda. Salah satunya adalah ISFJ (Introverted, Sensing, Feeling, Judging), yang kemudian dibagi lagi menjadi dua kepribadian, yaitu ISFJ-A dan ISFJ-T.

Remaja yang memiliki tipe kepribadian ini diberikan julukan "Pelindung" atau "Pembela," dan ini untuk alasan yang baik. Karena mereka dikenal sebagai orang yang berhati hangat, bertanggung jawab, dan pendiam.

Apakah anak mama memiliki tipe karakter dan kepribadian ISFJ?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini Popmama.com telah merangkum informasi selengkapnya. Baca terus sampai habis yuk!

1. Apa itu ISFJ?

1. Apa itu ISFJ
Freepik

Remaja yang memiliki tipe kepribadian ISFJ atau dengan kepribadian Introverted, Sensing, Feeling, Judging, ini juga disebut sebagai "Pelindung" atau "Pembela".

Tipe kepribadian ini termasuk umum di sebagian besar populasi. ISFJ membentuk sekitar 9 hingga 14 persen dari populasi.

Anak dengan kepribadian ini cenderung hangat dan sederhana dengan cara mereka sendiri yang mantap. Mereka juga efisien dan bertanggung jawab, memberikan perhatian yang cermat pada detail praktis dalam kehidupan sehari-hari.

Dilansir dari 16personalities.com, tipe kepribadian ini juga pekerja keras dan setia. Mereka merasakan rasa tanggung jawab yang mendalam kepada orang-orang di sekitar mereka.

Atas semua yang anak lakukan, ia jarang menuntut pengakuan dan lebih memilih untuk beroperasi di belakang layar. Meskipun sensitif dan peduli, anak ISFJ juga memiliki kemampuan analitis yang sangat baik dan perhatian terhadap detail.

Mereka cenderung memiliki keterampilan yang berkembang dengan baik dan hubungan sosial yang kuat. 

2. Apa perbedaan remaja dengan karakteristik ISFJ-A dan ISFJ-T?

2. Apa perbedaan remaja karakteristik ISFJ-A ISFJ-T
Freepik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, anak dengan tipe kepribadian dan karakter ISFJ juga dibagi lagi menjadi dua tipe, yaitu ISFJ-A (assertive) dan ISFJ-T (turbulent). Lantas apa perbedaan antara keduanya?

Meski remaja ISFJ-A dan ISFJ-T, dapat mendorong kepedulian dan dengan murah hati mendukung orang-orang dalam kehidupan mereka dengan cara yang rendah hati, ada perbedaan dalam identitas yang memandu mereka mengekspresikan kecenderungan dalam bertindak.

Misalnya remaja ISFJ-T lebih aktif mengantisipasi masalah. Ini dapat membantu mereka mengatasi masalah sebelum menjadi lebih besar. Sedangkan ISFJ-A cenderung melepaskan hal-hal yang tidak dapat mereka kendalikan

Selain itu, anak dengan tipe ISFJ-T lebih mengandalkan pendapat orang lain. Meski pilih-pilih pendapat mungkin memperlambat beberapa kemajuan, tetapi ini membantu mereka menjadi pendengar yang lebih baik.

Sedangkan remaja ISFJ-A, tidak terlalu menghargai pendapat orang lain, bahkan mereka mungkin tidak mendengarkan orang lain secermat anak ISFJ-T.

3. Apa ciri-ciri anak dengan karakter dan kepribadian ISFJ?

3. Apa ciri-ciri anak karakter kepribadian ISFJ
Pexels/olia danilevich

ISFJ memiliki beberapa karakteristik umum. Dilansir dari verywellmind.com, remaja dengan tipe kepribadian ISFJ cenderung memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Peduli
  • Penuh kasih
  • Dapat diandalkan
  • Rajin
  • Baik hati
  • Loyal
  • terorganisir
  • Praktis
  • Pelindung
  • Peka
  • Hangat

Editors' Picks

4. Apa saja kelebihan remaja ISFJ?

4. Apa saja kelebihan remaja ISFJ
Freepik

Seperti yang Mama tahu, setiap anak memiliki kepribadian tertentu serta memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ini sama halnya pada anak-anak dengan karakter ISFJ. Mereka memiliki kelebihan yang menonjol pada dirinya, antara lain:

Suka membantu

Anak ISFJ benar-benar menikmati membantu orang lain, dan mereka dengan senang hati berbagi pengetahuan, perhatian, dan keahlian mereka dengan siapa pun yang membutuhkannya.

Anak dengan tipe kepribadian ini berusaha keras untuk situasi sama-sama menang, memilih kerja tim daripada kompetisi bila memungkinkan.

Teliti dan penuh hati-hati

Anak dengan kepribadian ini juga sangat teliti dan hati-hati. Mereka mengambil pendekatan yang mantap, memastikan bahwa segala sesuatunya dilakukan dengan standar tertinggi, dan seringkali melampaui apa yang dibutuhkan.

Pemerhati yang baik

Mereka juga memiliki kepribadian dan bakat untuk memerhatikan hal-hal, terutama tentang orang lain. Anak mampu memerhatikan detail terkecil dari apa yang dikatakan dan dilakukan seseorang, memberikannya wawasan tak terduga tentang kehidupan dan emosi orang lain.

Antusias

Ketika tujuannya tepat, anak menerapkan semua karunia yang dimiliki untuk sesuatu yang diyakininya akan membuat perbedaan nyata dan positif dalam kehidupan masyarakat, apakah itu membantu korban bencana atau sekadar membantu tetangga kerja bakti.

Pekerja keras

Anak tidak hanya menyelesaikan pekerjaan, namun mereka bangga karenanya. Ia bahkan sering membentuk ikatan emosional dengan tugas dan organisasi yang telah dedikasikan.

Anak juga tidak akan beristirahat sampai ia mengerjakan bagian tugasnya, atau bahkan lebih dari bagiannya untuk membantu teman sekelompok.

Keterampilan praktis yang baik

Anak dengan tipe kepribadian ini menawarkan kombinasi langka dari sifat altruistik dan kepraktisan yang diperoleh dengan susah payah. Ia tidak hanya berharap untuk membantu orang lain namun juga berani mengambil tindakan.

Artinya anak dengan senang hati menyingsingkan lengan baju dan melakukan apa yang diperlukan untuk membantu teman, keluarga, dan siapa pun yang membutuhkannya.

5. Apa saja kekurangan remaja ISFJ?

5. Apa saja kekurangan remaja ISFJ
Freepik/freepik

Jika sebelumnya kita membahas seputar kelebihan anak dengan karakter ISFJ, kini sekarang Mama juga perlu mengetahui apa saja kekurangan yang ia miliki. 

Berikut beberapa kekurangan umum yang dimiliki anak ISFJ, antara lain:

Terlalu rendah hati

Anak ISFJ begitu peduli dengan perasaan orang lain sehingga mereka mungkin menolak untuk mengungkapkan pemikiran mereka, atau hanya untuk menerima penghargaan yang sepatutnya atas kontribusi yang dilakukannya.

Anak juga sering meremehkan upaya mereka sepenuhnya, ketika ia berpikir bahwa dapat melakukan beberapa aspek kecil dari suatu tugas dengan lebih baik.

Mengambil hal secara pribadi

Meskipun anak mungkin mencoba menyembunyikannya, ia sangat sensitif terhadap pendapat orang lain, dan dapat kehilangan keseimbangan jika seseorang tidak menghargai atau menyetujui pendapatnya.

Ketika anak menghadapi kritik atau ketidaksepakatan, bahkan jika itu bermaksud baik, ia merasa seolah-olah mengalami serangan pribadi.

Kerap menekan perasaan

Terkesan pribadi dan pendiam, anak ISFJ cenderung menginternalisasi perasaannya, terutama yang negatif. Hal ini dapat menimbulkan kesalahpahaman dalam hubungan sosial.

Pada akhirnya, semua perasaan dan kebencian yang terpendam dapat meluap dalam ledakan frustrasi yang tiba-tiba dan tidak seperti biasanya.

Berkomitmen berlebihan

Ketaatan anak dapat menciptakan situasi di mana ia kewalahan, tetapi tidak mau melonggarkan standar atau meminta bantuan. Akibatnya, anak dengan kepribadian ini mungkin menderita secara diam-diam, mencoba melakukan semuanya sendiri, bahkan ketika itu tidak mungkin.

Sulit beradaptasi

ISFJ adalah salah satu tipe kepribadian yang paling berjuang dengan perubahan. Melanggar tradisi tidak mudah baginya, yang sangat menghargai sejarah dan rutinitas.

Bahkan ketika perubahan diperlukan, anak mungkin menunggu sampai situasi mencapai titik puncaknya sebelum mengubah arah.

Kebaikannya yang suka dimanfaatkan

Anak suka memberi, dan sifat murah hatinya dapat membuatnya rentan untuk dimanfaatkan oleh orang lain. 

6. Apa saja hobi yang umum pada remaja ISFJ?

6. Apa saja hobi umum remaja ISFJ
Freepik

Seperti yang dijelaskan di atas, anak ISFJ adalah pekerja keras dan setia, mereka biasanya ingin bergaul dengan orang lain dan sering meluangkan waktu untuk hobi dan tugas, sehingga mereka dapat membantu teman, keluarga, atau kerabatnya.

Anak suka terlibat dalam kelompok sosial, tetapi biasanya juga suka bekerja di belakang layar. Jadi, anak memilih hobi yang tidak membuat mereka menjadi sorotan. Berikut adalah beberapa hobi yang mungkin terlihat umum pada remaja ISFJ, yaitu:

  • Menonton film
  • Melukis
  • Yoga
  • Fotografi
  • Belajar sebuah bahasa
  • Menyulam
  • Membuat perhiasan
  • Membuat lilin
  • Merajut
  • Berlari
  • Bersepeda

7. Apa pilihan jalur karir untuk remaja ISFJ?

7. Apa pilihan jalur karir remaja ISFJ
Freepik/Irishasel

Anak ISFJ memiliki sejumlah karakteristik yang membuatnya cocok untuk karir tertentu.

Karena anak sangat selaras dengan perasaan orang lain, pekerjaan di bidang kesehatan mental atau industri perawatan kesehatan sangat cocok. Ia juga teliti dan teratur, membuatnya cocok untuk pekerjaan yang melibatkan perencanaan, struktur, atau perhatian terhadap detail.

Dilansir dari onlinepersonalitytests.org, berikut ini adalah beberapa pilihan karir yang cocok untuk anak dengan tipe kepribadian ISFJ:

  • Pekerja sosial
  • Konselor
  • Perawat
  • Penyedia penitipan anak
  • Manajer kantor
  • Administrator
  • Guru
  • Bankir
  • Akuntan

8. Tips membesarkan anak remaja dengan karakter ISFJ

8. Tips membesarkan anak remaja karakter ISFJ
Freepik/Karlyukav

Ketika Mama dan Papa memiliki anak dengan tipe kepribadian ISFJ, tentunya hal ini harus dibarengi dengan pola asuh yang sesuai, demi menunjang tumbuh kembang yang lebih optimal.

Berikut beberapa tips dalam membesarkan anak remaja dengan kepribadian ISFJ, yaitu:

  • Hindari memberikan kritik yang terlalu keras, karena anak akan menerima kritik keras secara pribadi dan mungkin menyalahkan diri sendiri sehingga untuk dapat memenuhi harapan orang lain. Dan ini, tentu saja, dapat menghambat perkembangan alaminya untuk tumbuh dewasa.
  • Gunakan kata-kata pujian dan penegasan untuk memberi tahu anak bahwa ia dicintai, dihargai, dan disetujui, bahkan saat melakukan kesalahan. 
  • Lakukan hal-hal sederhana dan menyenangkan bagi anak untuk mengomunikasikan perasaan cinta Mama. Bahkan satu kata yang baik akan mencerahkan hari anak ISFJ.
  • Jangan memaksa anak keluar dari zona nyamannya terlalu cepat. Sebaliknya bantu anak bersosialisasi dengan memperkenalkannya kepada teman-teman barunya. Kuncinya adalah dorongan yang mantap. Pelan-pelan, bersikap positif, dan beri tahu anak bahwa ia bisa melakukannya.
  • Jika Mama adalah orangtua dari seorang anak ISFJ, terimalah setiap bagian darinya, emosi yang kuat, dan semuanya. Jika anak dicemooh atau dikritik, dengarkan pengalamannya dan selalu yakinkan anak akan nilai dirinya. Bantu anak mengevaluasi sumber kritik dan belajar memisahkan umpan balik yang membangun dan yang harus dibuang.
  • Anak ISFJ mungkin terlalu rendah hati atau malu untuk menerima pujian, namun pastikan untuk mengakui pekerjaan baiknya. Ketika Mama memberi tahunya bahwa ia melakukannya dengan baik, ini akan membuatnya merasa dihargai.
  • Saat anak kesulitan dalam mengalami perubahan, berfokuslah untuk mengurangi rasa sakit emosional anak. Bersikap baiklah kepadanya, berikan informasi sebanyak mungkin, bantu anak beradaptasi dengan memberi tahu bagaimana menghadapi situasi baru, dan yang terpenting, bersabarlah.
  • Jika anak sudah cukup besar untuk menulis, berikan anak jurnal di mana ia dapat menulis tentang apa yang dirasakan. Ini dapat membantunya memilah perasaan yang kuat, mendapatkan perspektif, dan membuat keputusan yang rasional.
  • Selalu beri tahu anak bahwa Mama akan selalu ada jika ia ingin berbicara. Meski anak cenderung menjadi pendengar yang baik, ia seringkali hanya berakhir di pihak penerima curhatan orang lain. Tetapi ia juga perlu curhat lho!  

Kini Mama telah memahami tipe karakter dan kepribadian ISFJ pada remaja. Bagaimana Ma, apakah anak mama termasuk ke dalam kategori anak dengan kepribadian ISFJ?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk