5 Olahraga yang Cocok untuk Anak Remaja Perempuan

Jika anak merasa tidak ada olahraga yang cocok untuknya, ajak anak untuk coba olahraga ini!

18 Mei 2021

5 Olahraga Cocok Anak Remaja Perempuan
Freepik/Kwanchaichaiudom

Apakah Mama merasa kesulitan ketika mengajak anak untuk melakukan aktivitas fisik? Atau ia sering mengeluhkan pelajaran olahraga di sekolah?

Sebagian besar remaja perempuan tidak betah dalam olahraga karena memiliki gagasan bahwa tidak ada aktivitas olahraga yang memadai untuknya. Meskipun anak mahir menggiring bola atau tidak, ia merasa kesulitan menemukan olahraga yang cocok hanya untuknya.

Aktif secara fisik, terutama di masa remaja, sangat penting untuk menggunakan seluruh potensi tubuhnya. Maka dari itu penting bagi Mama untuk menemukan olahraga apa yang cocok untuk anak remaja perempuan.

Kali ini Popmama.com akan membahas beberapa olahraga yang dapat dilakukan dan dinikmati para remaja perempuan dengan sangat baik, sehingga anak mungkin dapat mencobanya nanti.

Baca terus informasinya yuk!

1. Bola voli

1. Bola voli
Kids.lovetoknow.com

Berlatih bola voli tidak hanya menyehatkan tetapi juga membantu membentuk semangat tim. Untuk menjadi pemain bola voli tidak hanya dibutuhkan untuk mengetahui teknik tetapi juga harus dalam kondisi yang baik, untuk menjadi kuat dan kooperatif.

Bola voli dapat membantu membentuk tubuh anak remaja dengan cara terbaik, dengan membantunya membentuk otot dan tumbuh dengan kekuatan. Tim bola voli perempuan juga biasanya umum di kalangan gadis remaja.

Editors' Picks

2. Menari

2. Menari
Freepik/Miksturaproduction

Melakukan gerakan tari profesional adalah keterampilan yang bagus untuk dimiliki remaja pada era modern saat ini.. Bergantung pada jenis tarian yang dipilih untuk latihan, anak juga perlu menemukan tempat untuk melakukan gerakan tariannya dengan lebih mudah.

Ia juga dapat memilih tarian tergantung pada jenis musik yang disukai. Jika anak menyukai musik K-Pop, maka ia bisa melakukan gerakan dari grup idol favoritnya. Namun jika anak suka musik Latin, maka anak bisa mencoba salsa, rumba, cha-cha, atau samba.

Jika anak lebih menyukai hip-hop, maka ia dapat memilih dari berbagai gaya locking, popping, lyrical hip-hop, dancehall, dan lain-lain. Serta untuk anak yang menyukai gaya musik klasik, selalu ada balet. Dasar untuk semua tarian adalah memberikan teknik gerakan yang baik.

3. Bola basket

3. Bola basket
Freepik/Zinkevych

Tidak jarang terdengar bahwa bola basket bukanlah olahraga untuk anak perempuan karena terlalu kasar. Namun, dengan mengikuti teknik dan aturan yang tepat, cedera dapat dihindari selama bermain basket.

Bola basket memberi anak perempuan mama kesempatan untuk tumbuh tinggi, meningkatkan staminanya, melatih koordinasi gerakan, dan belajar bagaimana bekerja dalam tim bahkan lebih dari yang ia pelajari saat berlatih bola voli.

Jadi, jika putri remaja mama tertarik dengan latihan bola basket, segera daftarkan anak pada latihan atau ekstrakulikuler bola basket di sekolahnya atau di luar sekolah. Bola basket akan membantunya membangun kekuatan, baik secara mental maupun fisik.

4. Netball (Bola Jaring)

4. Netball (Bola Jaring)
Netballnz.co.nz

Lapangan dan aturan netball mirip dengan bola basket, kecuali netball yang hampir secara khusus merupakan olahraga untuk perempuan. Dengan tujuh rekan satu tim dan aturan memegang bola di tangan hanya selama tiga detik, netball membutuhkan koordinasi dan waktu tim yang sempurna.

Dengan teknik dan aturan pergerakan tertentu, hampir tidak ada bahaya cedera selama pertandingan. Selain itu, fakta lainnya yang dapat membuat anak perempuan mama tertarik dan semangat adalah bahwa netball ini dimainkan dengan menggunakan kostum yang menyerupai dress.

5. Track and field

5. Track and field
Freepik

Berlari adalah cara terbaik dan termudah untuk meningkatkan kardio. Olahraga track and field terdiri dari lari, lompat, dan lempar, yang memberikan anak kombinasi untuk menjadi seorang atlet.

Untuk urusan lari, anak bisa melatih untuk berlatih lari cepat atau lari jarak jauh. Olahraga yang satu ini memiliki manfaat alami seperti membuat tubuh anak menjadi lebih atletis, kekuatan jantung, dan daya tahan selayaknya olahragawan.

Nah itulah beberapa olahraga yang Mama mulai kenalkan pada anak remaja perempuan. Mulai membiasakan aktivitas fisik memang bukan hal yang mudah.

Terlebih lagi, menurut National Alliance for Youth Sports, sekitar 70 persen anak-anak di Amerika Serikat berhenti bermain olahraga pada usia 13 tahun dengan alasan “tidak lagi menyenangkan”.

Itulah pilihan 5 olahraga untuk anak perempuan yang memiliki banyak manfaat. Mendisiplinkan olahraga menjadi hal yang penting bagi anak perempuan mama, karena membantunya untuk lebih merasa nyaman dengan diri sendiri, meningkatkan harga diri, dan membiasakan diri menggunakan waktu luang untuk melakukan aktivitas yang sehat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.