Organ Vital Tubuh, Kenali Bagian Jantung dan Fungsi-Fungsinya

Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh manusia

23 April 2021

Organ Vital Tubuh, Kenali Bagian Jantung Fungsi-Fungsinya
Freepik/Brgfx
Dok. Jovee

Jantung merupakan salah satu organ paling penting dalam tubuh manusia, organ ini terletak di antara paru-paru, sedikit ke kiri pada tulang dada dengan ukuran lebih besar sedikit dari kepalan tangan, dengan berat sekitar 200-425 gram.

Organ ini berperan sangat penting, yaitu memompa darah ke seluruh tubuh, karena fungsinya yang membuat tubuh dapat bekerja. Namun tahukah anak, apa saja bagian-bagian jantung beserta fungsinya?

Untuk menambah pengetahuan anak, kali ini Popmama.com akan membahas bagian-bagian jantung serta fungsinya berdasarkan informasi dari dr. Irma Lidia selaku tim kesehatan dari Jovee.

Yuk simak informasi organ vital tubuh di bawah ini!

1. Perikardium

1. Perikardium
Freepik/Pongpongching
Dok. Jovee

Perikardium merupakan lapisan atau dinding yang melapisi rongga jantung yang berisi cairan untuk melindungi jantung dari gesekan saat jantung berdetak. Rongga pada jantung yang berisikan cairan tersebut dinamakan pericardial atau perikardium.

Perikardium juga berfungsi untuk menghasilkan cairan bernama serous yang berguna untuk melumasi permukaan membran dan membuat jantung bergerak lebih mudah. Fungsi dari perikardium sendiri adalah untuk menjaga organ jantung agar tidak bergeser dan tetap berada di tempatnya.

Perikarditis merupakan penyakit yang terjadi pada perikardium. Penyakit ini disebabkan oleh kerusakan atau peradangan pada bagian perikardium di jantung, yang dapat dipicu oleh beberapa faktor, termasuk infeksi, serangan jantung, operasi jantung, dan faktor lainnya, seperti cedera dan pengobatan.

Editors' Picks

2. Serambi (Atrium)

2. Serambi (Atrium)
Drmani.com

Serambi atau atrium merupakan dua ruang teratas bagian utama jantung yang terdiri dari 4 ruang. Serambi yang terletak di bagian atas sebelah kanan disebut sebagai serambi kanan, dan serambi yang terletak di bagian atas sebelah kiri disebut serambi kiri.

Serambi kanan memiliki fungsi untuk menerima darah kotor atau belum tersaring yang berasal dari dalam tubuh. Sedangkan, serambi kiri memiliki fungsi untuk menerima darah bersih yang telah mendapat oksigen dari paru-paru.

Kemudian, darah dipompa melalui bilik kiri menuju pembuluh darah aorta. Pembuluh darah arteri terbesar ini pun akan membawa darah berisi oksigen tersebut ke seluruh jaringan tubuh.  

Serambi kanan dan serambi kiri memiliki dinding tipis serta tidak berotot. Hal tersebut dikarenakan fungsi ruang serambi yang hanya ditujukan sebagai penampung atau tempat menerima aliran darah.

3. Bilik (ventrikel)

3. Bilik (ventrikel)
Freepik/www.slon.pics

Jika serambi atau atrium berada di dua ruang teratas bagian utama jantung, bilik atau ventrikel ini berada di bawah dari organ jantung. Bilik atau ventrikel terdiri dari bilik kanan yang terletak di sebelah kanan bagian bawah, dan bilik kiri terletak di sebelah kiri bagian bawah jantung.

Fungsi dari bilik kanan adalah untuk memompa darah kotor yang berasal dari jantung sehingga dapat menuju paru-paru. Sedangkan, bilik kiri memiliki fungsi untuk memompa darah bersih dari jantung ke seluruh aliran darah dan jaringan di dalam tubuh.

Bilik memiliki dinding atau lapisan yang lebih tebal karena bekerja lebih keras jika dibandingkan dengan serambi.

4. Katup

4. Katup
Freepik/Vectorjuice
Dok. Jovee

Bagian jantung selanjutnya adalah katup, yang berupa sekat yang berguna bagi aliran darah untuk tetap mengalir dalam satu arah. Katup sendiri memiliki empat bagian dengan fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini nama dan juga fungsi dari keempat katup di dalam jantung:

Katup trikuspid: berfungsi untuk mengatur aliran darah yang terletak di antara serambi kanan dan bilik kanan.

Katup pulmonal: berfungsi untuk mengatur aliran darah dari bilik kanan menuju arteri pulmonalis. Arteri pulmonalis mengambil oksigen yang dibawa oleh darah ke paru-paru.

Katup mitral: memiliki fungsi untuk mengalirkan darah yang membawa oksigen menuju paru-paru dengan melewati serambi kiri ke bilik kiri.

Katup aorta: merupakan katup yang berfungsi untuk membuka jalan bagi darah yang kaya oksigen dari bilik kiri menuju aorta.

Nah itulah beberapa bagian dan fungsi dari jantung sebagai organ vital tubuh yang perlu anak ketahui. Mengapa anak perli tahu fungsi jantung? Karena dengan mengetahuinya, anak dapat lebih menjaga kesehatan bagian-bagian jantung.

Karena, tanpa jantung yang sehat, penyakit bisa muncul kapan saja dan dapat membuat aktivitasnya terganggu, bahkan berisiko kematian. Selain itu, ingatkan anak agar menjaga pola makan yang sehat dan rutin berolahraga untuk menunjang kesehatan jantungnya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.