9 Pengobatan Alami yang Ampuh Mengatasi Tenggorokan Gatal pada Anak

Tenggorokan gatal membuat anak tak nyaman dan terganggu saat bicara

24 Juni 2021

9 Pengobatan Alami Ampuh Mengatasi Tenggorokan Gatal Anak
Freepik

Tenggorokan gatal adalah gangguan yang bisa menyerang siapa saja selama musim tertentu. Selain dari musim, tenggorokan gatal biasanya merupakan salah satu gejala awal dari sejumlah penyakit, seperti flu, alergi, alergi serbuk bunga, infeksi bakteri, infeksi virus, dan banyak penyakit lainnya.  

Tenggorokan gatal dapat mengganggu aktivitas anak karena sensasinya yang tidak nyaman, mengganggu kemampuan berbicara, bisa menyebabkan iritasi. Oleh karena itu, penting memberikan penanganan ketika tenggorokan anak gatal.

Ada banyak pengobatan rumahan tradisional yang digunakan untuk menyembuhkan tenggorokan yang gatal. Sebagian besar pengobatan ini alami dan dibuat dengan bahan-bahan yang mudah disiapkan di rumah.

Untuk mengatasi tenggorokan gatal pada anak, kali ini Popmama.com akan membahas beberapa pengobatan rumahan yang efektif mengatasi atau mencegah tenggorokan gatal pada musim tertentu atau mencegah gejala penyakit. Yuk simak cara-caranya!

1. Jahe

1. Jahe
Freepik/Jcomp

Jahe memiliki sifat antimikroba, anti-inflamasi dan antioksidan. Maka tak heran jahe menjadi salah satu obat alami paling efektif untuk mengobati tenggorokan gatal.  

Jahe dapat mengatasi tenggorokan gatal yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, atau karena alergi debu, dengan menenangkan tenggorokan dan mengeluarkan racun dari tubuh anak.  

Jahe juga efektif melawan sejumlah bakteri, virus, dan infeksi di saluran pernapasan, serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Oleh karena itu, disarankan agar anak mengonsumsinya secara teratur seperti dimasak atau menambahkan setengah sendok teh jahe ke teh setiap hari.  

Yang Mama perlukan:

  • 1 inci jahe
  • 2 cangkir air
  • 1 sdt madu (opsional)
  • 1/2 sdt air lemon (opsional)

Cara membuat: Parut atau hancurkan jahe dan tambahkan ke dalam air. Rebus campuran selama 10 menit, lalu saring ke dalam cangkir. Tambahkan 1 sdt madu atau 1/2 sdt air lemon dan minum.

2. Madu

2. Madu
Pexels/Pixabay

Madu bukan hanya obat tradisional untuk gatal dan sakit tenggorokan, tetapi juga membantu mengatasi batuk dan membersihkan paru-paru. Madu dikenal kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, serta rasa manis alami yang disukai anak.

Namun perlu diingat bahwa madu tidak boleh direbus atau dipanaskan. Jika madu terkena suhu di atas 40 derajat Celcius, maka enzim dalam madu mulai terurai. Oleh karena itu, madu hanya boleh ditambahkan ke air panas, teh atau ramuan lainnya baik setelah dipindahkan dari sumber panas atau ketika airnya cukup hangat untuk dikonsumsi tetapi tidak mendidih.  

Mengkonsumsi madu pada suhu ruang dapat melapisi dan menenangkan tenggorokan anak, jadi Mama bisa menggunakan obat ini tanpa khawatir tenggorokan anak terbakar.

Yang Mama perlukan:

  • 1 sdm madu
  • 1/2 sdt jus lemon
  • 1 cangkir air hangat (opsional)

Cara membuat: Tuangkan satu sendok makan madu ke dalam sendok dan masukkan ke dalam mulut anak. Minta anak untuk menelannya secara perlahan agar memastikan madu melapisi tenggorokannya. Sebagai alternatif, tambahkan 1 sdm madu dan 1 sdt teh jus lemon ke dalam cangkir. Tambahkan air hangat, aduk rata dan minum.

3. Cuka sari apel

3. Cuka sari apel
Freepik/Rawpixel.com

Semua jenis cuka memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus.Tetapi cuka sari apel terutama dengan kultur bakteri yang digunakan dalam proses produksinya, memiliki banyak manfaat tambahan.  Tak hanya kaya vitamin dan mineral tetapi juga memiliki persentase senyawa bioaktif yang tinggi.

Namun, terlalu banyak mengonsumsinya bisa berakibat buruk bagi anak dan mengonsumsi cuka sari apel tanpa mengencerkannya juga bisa menimbulkan masalah. Jadi, mencampurkannya dengan air dan menambahkan beberapa tetes madu bisa efektif, terutama jika tenggorokan anak gatal.  

Yang Mama butuhkan:

  • 1 sdm cuka sari apel
  • 1 cangkir air panas
  • 1/2 sdt madu

Cara membuat: Campur satu sendok makan cuka sari apel dengan 1 cangkir air panas dan tambahkan 1/2 sdt madu. Aduk dan minta anak untuk meminumnya. Cuka sari apel ini paling baik dikonsumsi di pagi hari atau setidaknya satu jam sebelum makan.

Editors' Picks

4. Susu kunyit

4. Susu kunyit
Freepik/Azerbaijan-stockers

Berkat kandungan kurkuminnya yang tinggi, kunyit dikenal sebagai antiseptik dan antioksidan kuat dengan sifat antimikroba. Hal ini tak hanya membuat kunyit sangat efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyembuhkan luka, tetapi juga membantu mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan, termasuk tenggorokan gatal.

Golden milk atau susu kunyit adalah ramuan yang sangat berguna untuk semua jenis penyakit pernapasan, terutama tenggorokan yang gatal.  Minuman ini sangat efektif sehingga dapat dikonsumsi setiap hari untuk mendapatkan manfaat maksimal.  

Yang Mama perlukan:

  • 1 sdt bubuk kunyit (jika memiliki kunyit segar, cukup parut kunyit, dan gunakan 1/2 sdt sebagai pengganti bubuk)
  • 2 cangkir susu
  • 1 sdt madu (opsional)

Cara membuat: Masukkan dua cangkir susu ke dalam wajan dan panaskan. Tambahkan 1 sdt bubuk kunyit ke dalam susu dan aduk rata. Biarkan susu mendidih, angkat, lalu dinginkan secukupnya agar bisa diminum. Tambahkan sedikit madu agar lebih manis sehingga anak menyukainya.

5. Teh

5. Teh
Pixabay/Mareefe

Tidak masalah jika teh yang anak suka adalah teh hijau, teh hitam atau teh herbal, minuman hangat ini menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengatasi tenggorokan gatal. Teh memiliki antioksidan, vitamin, dan beberapa mineral seperti kalsium.  

Bahkan teh herbal, seperti teh kamomil, teh kembang sepatu, teh melati, dll., Cukup efektif melawan gatal dan sakit tenggorokan. Selain memiliki beberapa manfaat yang sangat besar, teh juga memiliki efek melembabkan tenggorokan kembali.  

Seperti disebutkan sebelumnya, air panas sama efektifnya dalam menyembuhkan tenggorokan yang gatal.  Namun, menambahkan gula bisa membuat ini kurang sehat, dan madu adalah pengganti yang lebih baik jika anak membutuhkan sesuatu yang manis dalam tehnya.  

Yang Mama perlukan:

  • 1 cangkir air
  • 1/2 sdt daun teh, atau 1 kantong teh

Cara membuat: Rebus secangkir air dan tambahkan 1/2 sdt daun teh segar, atau kantong teh. Biarkan teh terendam di dalam air selama sekitar 1 menit, lalu angkat. Minum selagi teh masih hangat.

6. Akar manis

6. Akar manis
Freepik/Thankyouuniverse

Akar manis, yang dikenal sebagai mulethi, memiliki manfaat yang sangat besar untuk mengatasi batuk, sakit tenggorokan, suara serak, serta tenggorokan gatal. Minuman ini terlihat seperti kulit pohon, tetapi Mama bisa merebusnya dalam air untuk membuat teh.  

Terlebih lagi, cairan yang sama juga bisa digunakan untuk berkumur dan meredakan tenggorokan yang lebih gatal.  

Yang Mama perlukan:

  • 1-2 gelas air
  • 1 sdt bubuk atau sirup akar manis

Cara membuat: Rebus satu atau dua cangkir air, dan tambahkan 1 sdt bubuk akar manis. Aduk rata dan minta anak untuk meminumnya. Mama juga bisa menggunakan sirup akar manis sebagai pengganti bubuk akar manis.

7. Cengkih

7. Cengkih
Unsplash/Vanesa Conunaese

Pengobatan kuno dari India dan Cina merekomendasikan cengkih untuk semua jenis masalah yang berhubungan dengan mulut, tenggorokan, dan saluran pernapasan bagian atas. Minyak cengkih juga direkomendasikan untuk sakit gigi, bau mulut, sakit tenggorokan, dan tenggorokan gatal.  

Cengkih mengandung zat yang disebut eugenol, yang merupakan obat penghilang rasa sakit alami dan juga memiliki efek antimikroba. Merebus cengkih dengan air yang dibuat menjadi teh untuk diminum, atau bahkan berkumur adalah cara yang efektif untuk mengobati tenggorokan anak yang sakit dan gatal.

Yang Mama butuhkan:

  • 2-3 cengkih
  • 1-2 gelas air

Cara membuat: Hancurkan cengkih. Tambahkan ke satu atau dua cangkir air mendidih dan minum selagi hangat.

8. Sup

8. Sup
Freepik/timolina

Sup yang terbuat dari ayam, sayur, ikan atau bahan lainnya, merupakan cairan yang bergizi tinggi untuk dikonsumsi saat anak sakit. Termasuk ketika anak mengalami gangguan pencernaan, anemia, malnutrisi, infeksi saluran pernapasan atas, dada tersumbat, tenggorokan gatal atau sakit.

Karena bahan yang masuk ke dalamnya, sup penuh dengan vitamin, mineral, bahan bioaktif, dan antioksidan. Jadi, yang terpenting adalah menyiapkan sup dengan bahan bergizi sebanyak mungkin.  Sup juga dapat membantu anak tetap terhidrasi.  

Yang Mama perlukan:

  • 1 liter air
  • 1/2 cangkir berbagai sayuran musiman yang telah cincang dan suwiran ayam
  • Garam dan merica untuk bumbu

Cara membuat: Masukan satu liter air dalam panci besar, dan tambahkan sayuran cincang, daging ayam atau bahan lain yang Mama inginkan. Tambahkan garam dan merica, masak campuran tersebut setidaknya selama 40 menit. Sajikan pada anak dan minum kuahnya selagi masih panas.

9. Berkumur

9. Berkumur
Freepik/Arso74

Selain mengonsumsi minuman hangat dan menenangkan seperti cara yang disebutkan di atas, Mama juga dapat meminta anak berkumur agar menyembuhkan tenggorokannya yang gatal.

Obat kumur tidak hanya menenangkan tenggorokan, tetapi juga membantu menghindari penumpukan lendir di tenggorokan dan saluran pernapasan bagian atas. Berikut ini adalah beberapa solusi paling efektif yang bisa Mama persiapkan di rumah untuk anak berkumur:

Garam dan air

Masukkan seperempat sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat dan aduk rata.  Berkumurlah selagi air masih hangat, miringkan kepala ke belakang sampai anak bisa merasakan cairan menyentuh bagian belakang tenggorokan.  Kemudian ucapkan "aaa".  Jangan khawatir jika anak meminum cairan ini secara tidak sengaja, karena ini sangat aman.  Namun, jika anak mengalami kesulitan berkumur, atau jika memiliki riwayat tekanan darah tinggi, maka bicarakan dengan dokter sebelum menerapkannya.

Air lemon dan air

Panaskan secangkir air dan tambahkan 1/2 sdt air lemon ke dalamnya. Berkumurlah dengan hati-hati agar mulut tidak terbakar. Air lemon bersifat sedikit astringen dan asam, sehingga membuat tenggorokan anak mungkin tidak ramah terhadap patogen.  

Air jahe, lemon dan madu

Rebus air dan jahe bersama-sama selama lima menit, angkat, lalu tambahkan 1/2 sdt madu dan air lemon. Jahe dan madu diketahui memiliki sifat antibakteri dan antivirus.

Air kunyit

Rebus air dan tambahkan 1/2 sdt bubuk kunyit. Aduk rata dan minta anak berkumur dengannya.  Kunyit diketahui memiliki sifat antivirus, antijamur, antibakteri, dan antiradang.

Air cengkih

Hancurkan 4-6 siung cengkih dan campurkan ke dalam dua gelas air. Rebus campuran tersebut selama 10-20 menit, kemudian gunakan campuran ini sebagai obat kumur.

Air akar manis

Rebus satu sendok teh akar manis dengan dua gelas air selama 20 menit, kemudian minta anak untuk menggunakan cairannya sebagai obat kumur.

Nah itulah beberapa obat alternatif alami untuk mengatasi tenggorokan gatal pada anak. Namun jika kondisi ini tidak berkurang setelah diberikan pengobatan alami di atas, sebaiknya segera bawa anak ke dokter untuk mengetahui apakah tenggorokan yang gatal merupakan gejala dari penyakit tertentu.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk