Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Rekomendasi Shampo Anti Jamur untuk Anak, Aman dan Lembut

Kulit kepala anak sering gatal akibat jamur? Jangan dibiarkan Ma!

30 November 2022

7 Rekomendasi Shampo Anti Jamur Anak, Aman Lembut
Freepik

Rambut adalah bagian tubuh dari manusia yang juga harus dirawat kebersihannya. Tak hanya menunjang penampilan, rambut yang bersih dapat menjaga anak agar selalu sehat.  

Namun, tak hanya orang dewasa, anak-anak juga dapat mengalami masalah pada rambutnya, termasuk jamur.

Jamur juga dapat mengakibatkan beberapa kondisi yang tidak nyaman seperti gatal hingga kulit kepala bersisik. Misalnya jamur Malassezia sp bisa menyebabkan ketombe, kemudian ada juga jamur dermatofit yang menyebabkan penyakit tinea capitis 

Agar jamur pada rambut anak cepat hilang, shampo anti jamur untuk anak adalah solusi yang tepat. Tetapi memilih shampo anti jamur untuk anak tentunya tidak boleh sembarangan ya Ma, karena shampo yang kurang tepat dapat menyebabkan kulit kepalanya iritasi.

Untuk memilih shampo anti jamur yang tepat, kali ini Popmama.com telah merangkum 7 rekomendasi shampo anti jamur untuk anak, yang aman dan lembut, Yuk simak!

1. Ketomed Scalp Solution

1. Ketomed Scalp Solution
Halodoc.com

Shampo Ketomed Scalp Solution 60 ml memiliki bahan aktif ketoconazole yang berguna untuk mengatasi jamur pada kulit kepala.

Shampo ini dapat digunakan untuk mengatasi ketombe dan dermatitis seboroik ringan, dengan mencegah dan menghentikan pertumbuhan jamur. 

Untuk penggunaan shampo ini, Mama cukup oleskan pada rambut anak yang basah, lalu diamkan selama 3-5 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

Apabila ingin mengatasi jamur pada rambut anak yang berketombe, Mama bisa menggunakannya dua kali seminggu selama 2-4 minggu. Sedangkan untuk mengobati dermatitis seboroik, Mama dapat menggunakan 1-2 kali sehari selama 2-4 minggu.

Meski Ketomed Scalp Solution dapat digunakan untuk segala usia karena cara kerjanya sebagai anti jamur di lapisan kulit kepala, Mama tetap perlu memerhatikan efek samping yang mungkin timbul. Seperti gatal, iritasi, reaksi alergi, dan rasa terbakar.

Harga Ketomed Scalp Solution mulai dari: Rp. 50.000,- untuk ukuran 60ml.

2. Jason Dandruff Relief Shampoo

2. Jason Dandruff Relief Shampoo
Ethicalsuperstore.com

Kemudian ada Jason Dandruff Relief Shampoo yang memiliki formula obat untuk membersihkan dan mengkondisikan kulit kepala dan rambut anak, sekaligus mengatasi dermatitis dan psoriasis.

Produk shampo yang satu ini, memiliki bahan-bahan seperti minyak jojoba, Zinc pyrithione, dan protein gandum, yang berfungsi menghilangkan ketombe dan meningkatkan kelembutan pada rambut anak.

Selain itu, Jason Dandruff Relief Shampoo juga mengandung minyak esensial dari bahan-bahan alami seperti neem, rosemary, colloidal sulfur dan tea tree.

Untuk menggunakannya, Mama hanya perlu mengambil sesendok kecil dan memijat pada kulit kepala anak yang basah. Biarkan busa selama 2 hingga 3 menit dan bilas dengan air hangat.

Harga Jason Dandruff Relief mulai dari: Rp.144.245,- untuk ukuran 355ml.

Editors' Picks

3. Nizoral A-D

3. Nizoral A-D
Tokopedia.com

Jika Mama menginginkan anak menggunakan shampo yang mengandung ketoconazole 1 persen, maka cobalah shampo Nizoral A-D. Shampo ini dianggap ampuh mengatasi infeksi jamur pada kulit dan ketombe.

Sama seperti shampo lainnya, Mama dapat membersihkan rambut anak seperti biasa dengan produk tersebut, kemudian tunggu beberapa menit dan bilas dengan air bersih.

Menariknya, anak juga dapat menggunakan shampo ini untuk jerawat yang disebabkan oleh jamur. Cukup dioleskan sedikit ke bagian kulit yang terdampak dan diamkan selama 5-10 menit.

Jika jerawat dan ketombe sudah sembuh, segera hentikan penggunaannya.

Harga Nizoral A-D mulai dari: Rp. 153.000,- untuk ukuran 125ml.

4. Puriya Dandruff Shampoo

4. Puriya Dandruff Shampoo
Tokopedia.com

Shampo Puriya Dandruff mengandung campuran arnica, sage, tea tree oil dan anti jamur, yang berfungsi untuk mengatasi kulit kepala anak yang mengelupas dan gatal.

Tak hanya membersihkan kulit kepala, shampo ini dapat menambahkan nutrisi yang menjaga kelembaban kulit kepala, sekaligus meningkatkan sirkulasi darah.

Shampo ini juga menghilangkan semua kemungkinan ketombe kambuh dengan menghilangkan semua penumpukan dan residu sepenuhnya dari rambut. Mama bahkan dapat melihat ketombe anak yang jauh lebih berkurang hanya dalam beberapa penggunaan.

Menariknya shampo dari merek Puriya ini memberikan jaminan uang kembali jika ketombe pada anak tidak hilang lho!

Harga Puriya Dandruff Shampoo mulai dari: Rp. 1.071.000,- untuk 431 ml.

5. Sebamed Anti Dandruff Shampoo

5. Sebamed Anti Dandruff Shampoo
Watsons.co.id

Sebamed Anti Dandruff Shampoo ini mengandung bahan aktif piroctone olamine yang mampu menghambat pertumbuhan jamur di kulit kepala anak.

Selain itu, shampo ini juga dilengkapi dengan kandungan moisturizer dan conditioner alami, sehingga memberikan volume dan kemilau pada rambut anak. 

Shampo ini cocok untuk anak karena bebas dari kandungan silikon, alkohol, mineral oil, dan bahan pewarna sehingga aman untuk rambutnya yang masih alami.

Harga Sebamed Anti Dandruff Shampoo mulai dari: Rp. 109.000,- untuk ukuran 200ml.

6. Selsun Blue Shampoo

6. Selsun Blue Shampoo
Tokopedia.com

Selanjutnya ada Selsun Blue Shampoo yang mengandung Selenium Sulfide sebagai zat anti ketombe yang bekerja menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe dan menjaga kulit kepala dan rambut tetap sehat dan bersih.

Shampo untuk anak usia 5 tahun ke atas ini diklaim mampu mengatasi masalah ketombe tingkat sedang sampai berat, mengurangi gatal-gatal karena ketombe, dan menjaga kulit kepala serta rambut agar tetap sehat dan bersih,

Cara penggunaannya pun cukup mudah, Mama cukup menuangkan Shampo Selsun Blue secukupnya. Keramaskan pada rambut dan kulit kepala anak dengan merata. Biarkan 2-3 menit untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Untuk hasil terbaik, gunakan Selsun Blue 2 kali dalam seminggu.

Harga Selsun Blue Shampoo mulai dari: Rp. 41.000,- untuk ukuran 120ml.

7. Zoloral SS

7. Zoloral SS
Halodoc.com

Shampo anti jamur untuk anak lainnya adalah Zoloral SS. Shampo yang mengandung ketoconazole ini menawarkan banyak keunggulan

Misalnya dapat digunakan untuk mengatasi jamur di kulie kepala, mengatasi ketombe, menyehatkan kulit kepala, hingga membuat rambut anak lebih indah.

Sebelum menggunakan shampo ini, anak perlu membasahi rambut dengan air terlebih dahulu. Oleskan shampo sekitar 5 ml, lalu pijat rambut dan kulit kepala hingga merata. Diamkan selama 5 menit hingga menyerap, lalu bilas dengan air bersih.

Harga Zoloral SS mulai dari: Rp. 57.000,- untuk ukuran 125ml.

Nah itulah 7 rekomendasi shampo anti jamur untuk anak, yang aman dan lembut. Meski shampo di atas dapat digunakan oleh anak-anak, pastikan Mama selalu mengikuti instruksi seperti yang tertera di botol.

Jika jamur pada rambut menyebabkan aktivitas sehari-hari anak terganggu, Mama bisa langsung berkonsultasi pada dokter anak yang terpercaya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk