TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Rekomendasi Tempat Kursus Piano di Jakarta Pusat untuk Anak

Pilih tempat kursus yang lokasinya paling terjangkau dengan tempat tinggal ya, Ma!

28 September 2022

7 Rekomendasi Tempat Kursus Piano Jakarta Pusat Anak
Pexels/Pavel Danilyuk

Seperti yang Mama ketahui, belajar musik memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak-anak. Salah satunya adalah kelas kursus piano. Ketika anak mengambil kelas kursus piano, ia akan belajar lebih dari sekedar musik dalam bermain piano.

Misalnya, anak akan mencapai keterampilan yang berharga seperti disiplin diri, konsentrasi mental, menghargai waktu, kemampuan untuk bertahan di bawah tekanan, keterampilan memori dan banyak lagi yang akan bermanfaat bagi mereka hingga dewasa.

Jika Mama tinggal di wilayah Jakarta Pusat dan tertarik untuk mendaftarkan anak pada kursus piano, berikut ini Popmama.com telah merangkum 7 rekomendasi tempat les piano Jakarta Pusat.

Yuk simak!

1. Amadeus Symphony Music School

1. Amadeus Symphony Music School
Facebook.com/Amadeus Symphony Music School

Amadeus Symphony Music School merupakan tempat kursus musik yang terletak di Jakarta Pusat. Di tempat kursus ini anak dapat belajar alat musik seperti piano, biola, gitar, keyboard, cello, flute, hingga pelatihan vokal.

Selain melakukan kegiatan latihan, anak juga bisa meningkatkan kepercayaan diri dengan mengikuti annual concert yang dilakukan. 

Tak hanya kursus ke lokasinya yang terletak di : JL. Rajawali Selatan 3, No. 2A, Jakarta Pusat, 10720, Indonesia, RT.9/RW.6, Gn. Sahari Utara, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10720, anak juga bisa mengikuti kelasnya secara online class lho!

2. Bina Musik Jakarta

2. Bina Musik Jakarta
Instagram.com/binamusikjakarta

Kemudian ada Bina Musik Jakarta yang merupakan tempat kursus musik untuk anak-anak dan orang dewasa yang terletak di Jakarta Pusat.

Di tempat kursus ini, para pelatih dapat mendidik dan membina siswanya sambil bersenang-senang dan menikmati musik sebagai bagian yang menyenangkan dari hidup mereka.

Mama tak perlu khawatir karena para pelatihnya diambil dari Universitas jurusan musik. Mulai dari lulusan Eropa, Amerika, Australia, Korea, dan Indonesia, untuk menghadirkan kurikulum yang memenuhi kebutuhan anak dalam belajar musik.

Bina Musik Jakarta terletak di Jl. Imam Bonjol No.72, RT.2/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310

Editors' Picks

3. Gloriamus School of Music

3. Gloriamus School of Music
gloriamus.org

Gloriamus School of Music didirikan dengan kebutuhan utama untuk mengembangkan orkestra simfoni untuk musik gereja di Gereja Kristus Yesus dan memberikan pendidikan musik untuk mengembangkan bakat musik di berbagai usia.

Untuk kelas pianonya sendiri, dapat dimulai dari usia 3-5 tahun. Bukan hanya diajarkan bermain untuk tampil sendiri, namun nantinya anak juga akan belajar bermain piano dalam kelompok.

Para pengajarnya merupakan lulusan dari Universitas musik ternama dunia, mulai dari Musik akademie der STADT, Kassel, Germany, West Virginia University, Morgantown, USA, Otago University, New Zealand, dll.

Memiliki tujuh cabang di wilayah Jakarta, Gloriamus School of Music juga ada yang berlokasi di Jakarta Pusat, yaitu di Jl. Alaydrus No.76, RT.10/RW.2, Petojo Utara, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10130

4. Purwacaraka Music Studio

4. Purwacaraka Music Studio
Instagram.com/purwacaraka.rawamangun.cempaka

Purwacaraka Music Studio adalah salah satu tempat kursus musik yang memiliki puluhan kantor cabang yang tersebar di pelosok nusantara.

Sekolah musik yang satu ini menawarkan berbagai kursus musik yang cocok untuk segala usia. Mereka memiliki sejumlah tenaga ahli yang akan mengajar sembilan unit kursus, yakni vokal, piano klasik dan pop, keyboard, gitar klasik, modern, dan bas, drum, atau violin.

Kursus musik di Purwacaraka juga secara rutin mengadakan konser dan resital yang menampilkan talent dari para siswanya. 

Selain itu, Purwacaraka Music Studio juga dilengkapi berbagai macam alat musik yang dapat digunakan oleh siswanya, sehingga anak tidak perlu membawa alat musik pribadi dari rumah.

Biaya kursus per bulannya mulai dari Rp 400.000-an tergantung jenis alat musik yang dipilih. Sedangkan waktu belajarnya empat kali pertemuan dalam sebulan dengan durasi belajar sekitar 40 menit.

Terdapat tiga cabang Purwcaraka Music Studio di Jakarta Pusat, salah satunya di Cempaka Putih, yang berlokasi di Jl. Cempaka Putih Raya No.20E, Jakarta Pusat

4. Sekolah Musik Miladomus

4. Sekolah Musik Miladomus
Instagram.com/miladomus.music.school

Selanjutnya ada Sekolah Musik Miladomus yang merupakan sebuah sekolah musik yang berbasis Internasional Culture.

Tempat kursus yang satu ini dikenal sebagai sebuah sekolah musik yang peduli terhadap perkembangan seni dan budaya di Indonesia, khususnya seni musik.

Menariknya, sekolah musik ini berfokus pada perkembangan alat musik string khususnya kecapi China. Dengan tetap berdasarkan kurikulum yang berasal dari Shanghai, China.

Meski begitu, mereka juga mampu mengajarkan anak alat musik lain seperti Piano, djem be, suling, er-hu, yang qin, guzheng, dan gitar.

Sekolah Musik Miladomus ini berlokasi di Rukan Graha Jati Baru JL. Taman Jati Baru Blok A- No., Jl. Gg. 3 No.56, RT.14/RW.1, Cideng, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10150

6. Smile Music (Yamaha Music School)

6. Smile Music (Yamaha Music School)
Instagram.com/smilemusic_official

Yamaha Music School merupakan sekolah musik sub-lisensi yang memiliki lebih dari 108 lokasi dan  tersebar di seluruh Indonesia. Sekolah musik ini memberikan pelatihan piano, electone guitar, drum, dan kursus musik pop yang dapat diikuti oleh anak mulai berusia dua tahun.

Yamaha Music School memiliki sejumlah tenaga ahli di bidang musik yang siap membantu anak mama untuk mengembangkan bakat bermusiknya.

Selain itu, tempat kursus ini juga rutin menyelenggarakan kompetisi dan seminar musik seperti, Pesta Musik, Electone Festival, Junior Original Concert dan masih banyak lagi.

Biaya pendaftarannya pun berkisar, antara Rp 400.000 hingga Rp 500.000. Sementara biaya kursus per bulannya tergantung pada kelas musik yang dipilih. Umumnya setiap kelas memiliki jadwal empat kali pertemuan dengan durasi belajar antara 30-40 menit.

Smile Music (Yamaha Music School) ini berlokasi di Plaza Indonesia Level 3 E047-E052, Jl. MH Thamrin Kav 28-30 Kel. Gondangdia Kec. Menteng, Jakarta Pusat

7. Yayasan Musik Jakarta

7. Yayasan Musik Jakarta
Instagram.com/yayasanmusikjakarta

Yayasan Musik Jakarta merupakan tempat kursus piano yang menyediakan fasilitas lengkap. Di tempat kursus ini menyediakan kursus piano untuk anak-anak dan dewasa.

Berfokus di seputar alat musik klasik, anak tak hanya dapat belajar piano, namun ia juga bisa belajar biola, celloflute dan peralatan musik lain. Biaya kursusnya juga terbilang terjangkau, yaitu sekitar Rp. 780.000 untuk tiga bulan latihan. 

Yayasan Musik Jakarta berlokasi di Jalan Kartini Raya, NO 53-AC, Jakarta Pusat.

Nah itulah tujuh rekomendasi tempat les piano Jakarta Pusat. Semoga dengan daftar di atas, dapat membantu Mama dalam menentukan tempat kursus musik terbaik untuk anak.

Tetap dukung dan berikan motivasi untuk anak dalam mengembangkan bakatnya ya Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk