TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Rekomendasi Tempat Kursus Piano Anak di Jakarta Selatan

Ada yang bersifat sekolah musik hingga les privat ke rumah!

25 September 2022

7 Rekomendasi Tempat Kursus Piano Anak Jakarta Selatan
Freepik/Tonodiaz

Apakah Mama bertanya-tanya “haruskah anak belajar bermain piano?”, maka jawabannya yang paling tepat adalah "ya". Saat mengambil kelas kursus piano, anak-anak akan belajar lebih dari sekedar musik dalam bermain piano.

Mereka akan mencapai keterampilan yang berharga seperti disiplin diri, konsentrasi mental, menghargai waktu, kemampuan untuk bertahan di bawah tekanan, keterampilan memori dan banyak lagi yang akan bermanfaat bagi mereka sepanjang hidup mereka.

Jika Mama tinggal di wilayah Jakarta Selatan dan tertarik untuk mendaftarkan anak pada kursus piano, berikut ini Popmama.com telah merangkum 7 rekomendasi tempat kursus piano anak di Jakarta Selatan.

Yuk simak!

1. EG Music by Erwin Gutawa

1. EG Music by Erwin Gutawa
Pexels/Pavel Danilyuk

Di EG Music by Erwin Gutawa, terdapat tiga unit kursus yang terbagi menjadi Orchestral Instrument, Rhythm Section dan Vocal.

Pada kelas Orchestral Instrument, anak bisa memilih kelas piano, gitar, ragam alat musik tiup, alat musik gesek dan perkusi. Sedangkan pada unit Rhythm Section, terdapat pilihan kelas drum, electric guitar, electric bass, keyboard atau jazz-pop piano.

Dalam sebulan, waktu belajar di EG Music by Erwin Gutawa terbagi menjadi enam sesi latihan yang terdiri dari empat kali sesi privat.

Di sini anak juga dapat mengikuti kelas ensemble, di mana ia belajar musik bersama serta berkolaborasi dengan musisi lain. Kelas ensemble ini dilakukan selama 50 menit per sesi.

EG Music by Erwin Gutawa ini berlokasi di Jl. Suryo No.19, RT.3/RW.6, Rw. Bar., Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180

2. GesanG Music Course

2. GesanG Music Course
Freepik/Tonodiaz

Tempat kursus piano lainnya di Jakarta Selatan adalah GesanG Music Course. Sekolah musik yang satu ini menggunakan sistem merangkum beberapa metode pembelajaran di kursusnya tersebut.

Jika anak mama mudah bosan dengan materi yang diberikan oleh guru musik, maka pelatih dari GesanG Music Course ini cocok untuk anak. Karena metode yang digunakan adalah mengembangkan hobi anak dan membangun kepercayaan diri dengan beberapa kali latihan.

Dengan mengikuti metode ini, anak tentu akan lebih cepat belajar dan terus mengembangkan hobinya. Meski cepat, mereka juga tidak akan mengabaikan hearing dan singing, agar dapat berjalan utuh seiring belajar, mendengar, dan bernyanyi.

Namun untuk kelas privatnya, pastikan anak telah memiliki piano atau keyboard di rumah.

Jika Mama tertarik, biaya pendaftarannya yaitu sebesar Rp.290.000 termasuk buku panduan. Untuk biaya perbulannya, adalah Rp.900.000/bulan atau Rp.225.000/sesi. Harga ini mencakup empat kali pertemuan dengan durasi satu jam persesi.

Untuk lokasinya sendiri, GesanG Music Course ini berada di alamat Jl. Cipulir V No.2 Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Editors' Picks

3. Music Republicain

3. Music Republicain
Pexels/Marta Wave

Sekolah musik yang satu ini diasuh oleh Ivonne Atmojo, M.Mus. Ivonne merupakan seorang  pendidik musik yang berfokus pada mengajarkan piano dan vokal.

Mama tak perlu khawatir, karena beliau menerima gelar master musik dari San Francisco Coservatory of Music dan menyelesaikan sarjana dalam bidang Biokimia serta pertunjukan musik di University of Wincosin, USA.

Selain belajar piano, anak juga dapat mengambil kursus vokal dan alat musik lain seperti keyboard, violin, viola, cello, contrabass, accoustic guitar, electric guitar, electric bass, flute, clarinet, saxophone, trumpet, drum, hingga music theory & composition.

Untuk biaya kursusnya, anak akan dikenakan biaya mulai dari Rp.735.000 hingga Rp.1.200.000 untuk perbulannya. Jika ingin latihan privat langsung dengan Ivonne, akan dikenakan biaya Rp.875.000/sesi 45 menit.

Lokasi Music Republicain sendiri terletak di Jl. RS Fatmawati no 8, Dapur Susu, Pondok Labu, Jakarta Selatan 12450

4. Purwacaraka Music Studio

4. Purwacaraka Music Studio
Freepik/Freepik

Purwacaraka Music Studio memiliki 76 kantor cabang yang tersebar di pelosok nusantara. Sekolah musik yang satu ini menawarkan berbagai kursus musik yang cocok untuk segala usia.

Mereka memiliki sejumlah tenaga ahli yang akan mengajar sembilan unit kursus, yakni vokal, piano klasik dan pop, keyboard, gitar klasik, modern, dan bas, drum, atau violin.

Kursus musik ini juga secara rutin mengadakan konser dan resital yang menampilkan talent dari para siswanya.

Selain itu, Purwacaraka Music Studio juga dilengkapi berbagai macam alat musik yang dapat digunakan oleh siswanya, sehingga anak tidak perlu membawa alat musik pribadi dari rumah.

Biaya kursus per bulannya mulai dari Rp 400.000-an tergantung jenis alat musik yang dipilih. Sedangkan waktu belajarnya empat kali pertemuan dalam sebulan dengan durasi belajar sekitar 40 menit.

Terdapat tiga cabang Purwcaraka Music Studio di Jakarta Selatan, salah satunya di Tebet, yang berlokasi di Jl. Tebet Raya No.48 B, Jakarta Selatan.

Sekolah Musik YPM (Yayasan Pendidikan Musik Indonesia)

Sekolah Musik YPM (Yayasan Pendidikan Musik Indonesia)
Freepik

Jika Mama ingin anak mempelajari piano klasik, maka jangan ragu untuk mendaftarkannya pada Sekolah Musik YPM atau Yayasan Pendidikan Musik Indonesia. Kurikulum kursus musik di SM YPM ini memang lebih menekankan pada musik klasik.

Adapun kelas musik yang bisa anak pilih, yaitu piano, violin, gitar, flute, vokal dan harpa. Setiap akhir semester, anak akan diuji oleh sejumlah ahli untuk mengetahui sejauh mana anak menyerap ilmu yang diberikan oleh tim pengajar.

Selain di Bintaro, SM YPM ini juga ada yang berlokasi di Jakarta Selatan, yaitu di Jl. Manggarai Utara 5 No.2, RT.5/RW.1, Manggarai, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12850

6. The Resonanz

6. The Resonanz
Freepik/graystudiopro1

The resonanz merupakan tempat kursus segala jenis musik seperti instrumen, konduktor, panduan suara, ataupun vokal. Di tempat ini, anak mama akan dilatih oleh konduktor terbaik di Indonesia yang sekaligus pemimpin lembaga ini, yaitu Avip Priatna.

Kelas instrumen yang terdapat di The Resonanz adalah kelas piano, biola, dan gitar, dan langsung diajarkan oleh guru-guru yang berpengalaman dan berpendidikan. Kelas instrumennya juga memiliki perlengkapan yang terfasilitasi dengan baik.

Di tempat kursus ini, anak juga tak hanya belajar musik, tetapi juga menjalani konser secara berkala. Dengan begitu, anak akan dapat menunjukkan kebolehannya di hadapan banyak orang. 

Untuk biaya kursusnya piano di The Resonanz, berkiras dari Rp,850.000 hingga Rp.1.500.000,-.

The Resonanz sendiri berlokasi di Jl. Kertanegara No.28, RT.5/RW.3, Selong, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180.

7. Yamaha Music Indonesia (YMI) Pusat

7. Yamaha Music Indonesia (YMI) Pusat
Freepik

Yamaha Music School atau Yamaha Musik Indonesia (YMI) merupakan sekolah musik sub-lisensi yang memiliki lebih dari 108 lokasi dan  tersebar di seluruh Indonesia.

Sekolah musik ini mengkhususkan pendidikan piano, electone guitar, drum, dan kursus musik pop yang dapat diikuti oleh anak mulai berusia dua tahun.

Yamaha Music School memiliki sejumlah tenaga ahli di bidang musik yang siap membantu anak untuk mengembangkan bakat bermusiknya.

Selain itu, tempat kursus ini juga rutin menyelenggarakan kompetisi dan seminar musik seperti, Pesta Musik, Electone Festival, Junior Original Concert dan masih banyak lagi.

Biaya pendaftarannya pun berkisar, antara Rp 400.000 hingga Rp 500.000. Sementara biaya kursus per bulannya tergantung pada kelas musik yang dipilih. Umumnya setiap kelas memiliki jadwal empat kali pertemuan dengan durasi belajar antara 30-40 menit.

Nah itulah 7 rekomendasi tempat kursus piano anak di Jakarta Selatan. Pastikan Mama dapat memberikan dukungan dan semangat untuk anak dalam menjalani kursusnya, agar ia selalu termotivasi untuk belajar dan mendalami minatnya dengan maksimal.

Yamaha Music Indonesia Pusat berlokasi di Pacific Place Lantai 3 Unit 66A No. 8-9-10, Kawasan Niaga Terpadu Sudirman, Jln. Jend. Sudirman No.52-53, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12190.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk