10 Spot Foto Instagramable di Surabaya yang Paling Hits 2021

Jalan-jalan di Surabaya belum lengkap jika tak mengunjungi spot foto instagramable

14 November 2021

10 Spot Foto Instagramable Surabaya Paling Hits 2021
keeindonesia.com

Tahukah kamu bahwa Surabaya menjadi kota terbesar nomor dua di Indonesia?

Selain dikenal sebagai kota Industri, Surabaya sebenarnya juga memiliki beberapa tempat wisata yang beragam, dari museum, taman, wisata kuliner, hingga wisata alam, yang tidak kalah instagramable dan kekinian seperti kota-kota lain di Indonesia. 

Dari berbagai jenis wisata tersebut, tentu saja kamu bersama keluarga atau teman-teman dapat menemukan spot-spot foto dengan mudah, yang bisa membuat tampilan media sosialmu jadi lebih estetik.

Jika kamu memiliki rencana jalan-jalan di Surabaya, berikut ini Popmama.com akan memberikan 10 rekomendasi spot foto instagramable di Surabaya yang paling hits di tahun ini.

Simak daftarnya di bawah ini ya!

1. De Javasche Bank

1. De Javasche Bank
sikidang.com

Kemudian juga ada De Javasche Bank yang merupakan bank peninggalan jaman Belanda yang masih memiliki bangunan utuh dan sempat direnovasi. Bank ini menjadi cagar budaya Surabaya sejak 1910, dan menjadi museum bersejarah, sekaligus dijadikan sebagai alternatif wisata yang menarik. 

Memiliki gaya bangunan era kolonial, menawarkanmu berbagai spot foto bergaya vintage. Di sini kamu juga bisa melihat semua tata letak benda peninggalannya masih terpajang dengan rapi dan kokoh dengan menampilkan berbaga benda koleksi.

Jika kamu tertarik ingin berfoto di De Javasche Bank, kunjungi Jl. Garuda No.1, Krembangan Sel., Kec. Krembangan, Kota Surabaya, Jawa Timur 60175

2. Dipo Lokomotif Sidotopo

2. Dipo Lokomotif Sidotopo
keeindonesia.com

Dipo Lokomotif Sidotopo ini sebelumnya adalah Stasiun Sidotopo, yang menjadi salah satu stasiun yang tidak lagi terpakai di Surabaya dan menjadi tempat lokomotif yang sudah tidak digunakan lagi.

Lokomotif yang sudah tidak terpakai ditumpuk hingga menjadi susunan. Walau sudah tak terpakai, nyatanya tumpukan gerbong tersebut justru menciptakan pemandangan yang sangat menarik untuk dijadikan objek foto.

Hal inilah yang membuat Dipo Lokomotif Sidotopo ini menjadi salah satu spot foto di Surabaya yang instagramable. Untuk melakukan hunting foto di sini kamu cukup meminta izin kepada petugas terleih dahulu.

Jika kamu tertarik ingin berfoto di Dipo Lokomotif Sidotopo, kunjungi Jl. Sidopaten Wetan, Kelurahan Simokerto, Kecamatan Simokerto, Surabaya, Jawa Timur.

3. House of Sampoerna

3. House of Sampoerna
kominfo.jatimprov.go.id

House of Sampoerna adalah spot yang tepat jika kamu mencari lokasi yang bernuansa vintage.

Lokasi ini aslinya adalah sebuah museum milik perusahan ternama Sampoerna. Di dalam museum ini, pengunjung dapat mengakses banyak informasi yang berhubungan tentang perkembangan perusahaan hingga seluruh produk yang pernah atau telah dikeluarkan.

Selain museum, House of Sampoerna juga memiliki galeri seni didalamnya dan kamu dapat menggunakan spot ini untuk hunting foto. Pada bagian outdoor juga banyak ditemukan spot foto dengan desain yang artistik, sehingga cocok dijadikan objek untuk berfoto-foto.

Jika kamu tertarik ingin berfoto di House of Sampoerna, kunjungi Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Kec. Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur 60163

4. Hutan Bambu

4. Hutan Bambu
humas.surabaya.go.id

Jika kamu menyukai konsep foto a la-a la Negeri Sakura alias Jepang, maka kamu dan keluarga bisa berkunjung ke Hutan Bambu di Surabaya ini, yang dapat mengingatkanmu akan indahnya Hutan Bambu Sagano di Jepang.

Awalnya, hutan ini digunakan sebagai tempat pembuangan akhir (TPA), tapi setelah TPA Surabaya dipindahkan ke Benowo, Hutan Bambu pun diubah jadi lahan hijau dan asri. 

Menariknya keindahan hutan bambu ini cenderung jarang dilalui oleh banyak orang, sehingga kamu bisa bebas bereksplorasi untuk foto-foto di sana.

Jika kamu tertarik ingin berfoto di Hutan Bambu Surabaya, kunjungi Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60111

Editors' Picks

5. Hutan Mangrove Wonorejo

5. Hutan Mangrove Wonorejo
bappeko.surabaya.go.id

Selanjutnya jika kamu ingin berfoto dengan suasana hutan, maka Hutan Mangrove Wonorejo inilah solusinya.

Meskipun hanya menyajikan pepohonan mangrove yang besar, tak lantas membuat tempat wisata ini sepi pengunjung. Faktanya, hutan mangrove ini sangat dicari-cari terutama oleh para fotografer yang ingin mengambil foto bernuansa alam.

Selain itu tempat ini juga sangat cocok bagi kamu dan keluarga atau teman-teman untuk berteduh, mengingat cuaca daerah Surabaya yang cukup terik. 

Tempat foto favorit di Hutan Mangrove Wonorejo ini adalah jembatan papan kayu yang sekelilingnya ditumbuhi tanaman bakau. Inilah yang membuat pemandangan alam sekitar jembatan itu terkesan eksotis. Selain itu, tersedia beberapa gazebo yang nyaman untuk para pengunjung beristirahat.

Jika kamu tertarik ingin berfoto di Hutan Mangrove Wonorejo, kunjungi Jl. Wonorejo Timur No.1, Wonorejo, Kec. Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur 60296

6. Jalan Gula

6. Jalan Gula
indonesiaimages.net

Jika kamu menyukai hal-hal yang bertemakan vintage, maka jangan melewatkan Jalan Gula saat berkunjung ke Surabya. Tempat sering dijadikan sebagai salah satu spot foto di Surabaya.

Jalan Gula sendiri biasa disebut dengan Kota Tua Jakarta namun versi Surabaya. Hal ini dikarenakan bangunan yang berada di jalan gula ini memiliki konstruksi lama dan terkesan tua. Meski dipenuhi bangunan tua, tak membuat bangunan di sini sudah tak terpakai lagi.

Karena nuansa tua ini justru banyak dimanfaatkan penduduk atau wisatawan yang berkunjung untuk melakukan pemotretan. Di sini kamu dan keluarga juga bisa mengelilingi dan menyusuri sudut jalan gula ini dengan sepeda yang disewakan lho!

Jika kamu tertarik ingin berfoto di Jalan Gula, kunjungi Jl. Gula Bongkaran, Pabean Cantian, Kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

7. Kampung Bulak

7. Kampung Bulak
sewabussurabaya.com

Jika di kota Malang ada Desa Jodipan, di Surabaya juga ada Kampung Bulak. Tak mau kalah dengan kota tetangganya, Surabaya juga membuat sebuah kampung warna-warni di Kampung Bulak.

Dengan rumah yang berwarna-warni layaknya pelangi, kampung ini terlihat memiliki nuansa cerah dan sangat cocok untuk kaum remaja yang ingin membagikan foto instagramable di mediasosial. 

Kamu dan keluarga atau teman-teman bisa menjadikan tembok rumah-rumah warga sebagai latar untuk berfoto yang bertemakan colorful. 

Jika kamu tertarik ingin berfoto di Kampung Bulak, kunjungi Jl. Raya Pantai Lama No.12, Kenjeran, Bulak, Kelurahan Bulak, dekat Pantai Kenjeran Lama

8. Monumen Jalesveva Jayamahe

8. Monumen Jalesveva Jayamahe
travelingyuk.com

Jalesveva Jayamahe merupakan monumen yang mengingatkan bahwa Indonesia berjaya di bidang kemaritiman sejak dulu, bahkan sejak masa Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Monumen yang memiliki tinggi 30,6 meter ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 5 Desember 1996. 

Selain untuk melihat keseluruhan pemandangan monumen, di sini kamu dan keluarga atau teman-teman bisa menemukan beragam spot foto yang menarik. Misalnya di area sekitar monumen, kamu bisa mengabadikan momen saat sunset dengan angle yang tepat.

Monumen ini akan menjadi tempat yang instagramable untuk foto media sosialmu.

Jika kamu tertarik ingin berfoto di Monumen Jalesveva Jayamahe, kunjungi Armada Timur Ujung, Ujung, Kec. Semampir, Kota SBY, Jawa Timur 60155

9. Surabaya North Quay

9. Surabaya North Quay
indwisata.com

Surabaya North Quay ini dikelola oleh PT Pelindo II ( persero ) yang merupakan tempat untuk bersandarnya kapal-kapal pesiar yang berasal dari luar Indonesia.

Karena memiliki pemandangan laut dan langit yang sangat indah di sore hari, tempat ini menjadi salah satu spot foto favorit warga lokal dan wisatawan di Surabaya.

Selain itu, menariknya di sini juga menyediakan segala macam hiburan untuk para pengunjungnya seperti live music, atraksi seni, pasar kuliner, bahkan pameran prodk buatan lokal. Kemudian juga ada ruang pameran yang berisi sejumlah komunitas anak-anak muda yang menampilkan karya kreatifnya.

Jika kamu tertarik ingin berfoto di Surabaya North Quay, kunjungi Perak Utara, Pabean Cantian, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60165

10. Taman Kenjeran

10. Taman Kenjeran
Nativeindonesia.com

Selanjutnya adalah Taman Kenjeran yang seringkali dipilih menjadi destinasi liburan untuk keluarga. Di sini kamu akan menemukan taman bermain dengan segala fasilitas lengkap, seperti memancing ikan, pacuan kuda, go kart, waterpark, yang menjadi spot foto bertemakan fun di Surabaya.

Semua area yang terdapat di Taman Kenjeran ini dikelilingi oleh pepohonan yang tinggi dan rindang sehingga akan membuat kesan dan suasana yang sejuk meskipun berada di sekitar laut.

Hal yang menarik dari Taman Kenjeran ini adalah adanya ranting-ranting pohon yang menjuntai ke jalanan sekitar dan terksesan seperti lorong serta dihiasi oleh daun yang berguguran.

Jika kamu tertarik ingin berfoto di Taman Kenjeran, kunjungi Jl. Sukolilo, Desa Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya

Nah itulah beberapa rekomendasi spot foto instagramable di Surabaya yang bisa kamu dan keluarga atau teman-teman kunjungi. Dari 10 rekomendasi di atas, mana yang paling jadi favoritmu?

Baca juga

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.