10 Tempat Kursus Coding Anak, Bisa Buat Game Roblox!

Anak bisa belajar membuat aplikasi hingga game sendiri

7 Januari 2022

10 Tempat Kursus Coding Anak, Bisa Buat Game Roblox
Freepik

Banyak anak-anak yang sudah tertarik pada dunia teknologi sejak usia balita. Hal inilah yang membuat pengkodean atau coding pada generasi ini menjadi sangat menonjol. 

Coding adalah proses menggunakan bahasa pemrograman untuk membuat komputer berjalan seperti yang diperintahkan. 

Coding juga merupakan keterampilan untuk memberikan instruksi dan menerjemahkannya ke dalam bahasa komputer, karena komputer tidak berkomunikasi seperti manusia.

Selain membuat anak lebih memahami teknologi, coding juga meningkatkan keterampilan matematika dan menulisnya, yang penting di usia muda. Coding juga keterampilan yang berharga yang banyak dibutuhkan di dunia kerja.

Untuk memulainya, Mama tak perlu khawatir, ada beberapa tempat kursus coding untuk anak yang bisa menjadi tempat belajar anak. Berikut Popmama.com telah merangkum 10 rekomendasi tempat kursus coding anak!

1. Clevio Coder Camp

1. Clevio Coder Camp
Freepik/Pressfoto

Sekolah coding yang terletak di Cibubur ini, dapat mengajak anak bermain dan belajar membuat game dan aplikasi mobile yang mengedukasi. 

Di sini anak tidak cuma belajar coding, tapi juga menerapkan cara belajar supaya bisa mengembangkan karakter dan soft skills. Anak juga akan dilatih untuk menjadi individu yang memahami diri sendiri dan lingkungan. 

Programnya juga tersedia mulai dari anak kelas 1 SD hingga SMA, yang dilakukan secara online. Sehingga cocok bagi anak yang memiliki kesibukkan sehingga tak sempat untuk datang langsung ke tempat kursus.

Harganya untuk kelas online-nya pun dimulai dari Rp.100.000-150.000,-.

2. Coding Bee Academy

2. Coding Bee Academy
Freepik

Coding Bee Academy adalah tempat kursus coding anak yang berlokasi di daerah Pantai Indah Kapuk. Tempat kursus ini merupakan sekolah koding untuk anak berusia 5-17 tahun.

Di sini anak mama bisa belajar tentang computer science, coding atau programming skills, dan STEM (Science, Technology, Engineering & Mathematics), dengan cara yang sesuai dengan usia anak.

Program dari mereka dapat mengajarkan anak di semua tingkat keahlian, dan memproses melalui beragam bahasa, mulai dari bahasa pemrograman visual hingga bahasa berbasis teks seperti Python, Java, Javascript, dan lainnya.

Anak juga akan belajar membuat game, animasi, perangkat lunak, aplikasi seluler, dan banyak lagi teknologi lainnya.

3. Cody's App Academy

3. Cody's App Academy
Freepik/Gpointstudio

Cody's App Academy adalah tempat kursus belajar coding untuk anak yang bisa berjalan secara online dan offline yang berpusat di Bintaro.

Materi pembelajarannya berdasarkan pengalaman dari tim coding dan game development yang telah lebih dari 10 tahun di Indonesia. Materi coding yang disiapkan di Cody's App Academy, dapat dipelajari selama enam tahun.

Dimulai dari pengenalan komputer dan dasar programming hingga coding membangun game untuk smartphone dengan metode yang digunakan secara umum pada dunia game development.

Di Cody's App Academy, dibagi menjadi dua program. Yaitu Junior Developer Program, yang merupakan kelas pemula untuk memperkenalkan komputer dan coding ke anak usia dini, dan Game Developer Program, di mana anak akan belajar coding level basic hingga advanced untuk anak SD hingga SMA.

Programnya dibanderol dengan harga Rp.800.000/program. Dan kursusnya bisa dilakukan secara online maupun offline, yang terbagi menjadi tiga sesi di weekday mulai dari jam 13.00-18.00, dan empat sesi di weekend mulai dari jam 09.30-16.30.

4. DUMET School

4. DUMET School
Freepik/Pch.vector

Tempat kursus coding selanjutnya adalah DUMET School yang merupakan tempat kursus website, digital marketing, dan desain grafis yang terletak di Jakarta dan Depok. Kabarnya, lulusan dari DUMET School ini sudah lebih dari 8000 orang, lho, Ma!

Materi pemrograman komputer khusus dapat dimulai dari anak usia 8 hingga 12 tahun, dengan sistem pembelajaran yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun.

Untuk programnya, di sini tersedia 1 program Premium yang dibanderol dengan harga Rp.3.850.000,-. Harga ini termasuk pelatihan membuat game interaktif, dasar-dasar bagaimana sebuah program atau game bisa berjalan menggunakan baris kode, dan melatih cara berpikir anak agar lebih terstruktur.

Selesai kursus di DUMET School, anak mama akan bisa membuat hasil karya game sederhana sendiri dan lebih mudah menguasai bahasa program lain karena berbagai bahasa program pasti memiliki konsep yang sama

DUMET School juga mempunyai 5 cabang yang berada di Grogol, Kelapa Gading, Srengseng, Tebet, dan Depok, dan buka setiap hari Senin – Minggu jam 09.00 s/d 21.00.

Editors' Picks

5. KIDS Programming Course

5. KIDS Programming Course
Freepik/ArthurHidden

KIDS Programming Course atau KPC adalah tempat pelatihan pemrograman/coding komputer dasar khusus untuk anak dan remaja berusia usia 7-18 tahun.

Di sini, anak mama akan belajar konsep dasar seperti algorithm, function, variable, sequence, loop, program, event, debug, javascript, HTML, dll.

Serta konsep penunjang seperti explore IT, binary, digital footprint, computational thinking, internet safety, collaboration, crowd sourcing, persistency digital citizenship, dll.

Untuk sistem belajarnya, bisa dilakukan secara online atau datang ke kelasnya yang terletak di Bekasi Selatan, dengan durasi pertemuan 1 jam selama 4x pertemuan. 

6. KodeKiddo

6. KodeKiddo
Freepik

KodeKiddo adalah tempat belajar coding yang interaktif untuk anak-anak. Di tempat kursus ini juga menawarkan kelas untuk kegiatan usai sekolah dan aktifitas untuk liburan sekolah, dengan menggunakan teknologi dan metodologi yang dikembangkan khusus untuk anak.

Di tempat kursus ini, dibagi menjadi empat kelompok. Pertama ada Coding for SD Begginer untuk anak kelas 1-4, yang akan mempelajari perkenalan konsep coding, computational thinking, dan computer science, dan programming dengan robots

Selain itu juga ada Coding for SD Advance untuk anak kelas 4-6, yang akan memperdalam konsep-konsep sebelumnya, termasuk belajar programming dengan hardware. Kemudian juga ada kelompok untuk usia SMP dan SMA.

Kelasnya bisa berlangsung di hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, atau Jumat 15:00-18:15 dan hari Sabtu 8:30-18:00. Mama tak perlu khawatir karena tempat kursus KodeKiddo tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan kantor pusat di Silicon Valley USA, KodeKiddo membawa program-program global yang dilakukan di negara maju dan kesempatan partisipasi di kompetisi coding internasional. 

Biayanya dimulai dari harga Rp.350.000 - Rp.1.100.000/bulan, dengan biaya registrasi Rp. 200.000.

7. KODING AKADEMI

7. KODING AKADEMI
Pexels/Katerina Holmes

KODING AKADEMI atau Bali Coding Club By Mediatech Indonesia merupakan pusat belajar coding dan robotics yang terletak di Denpasar, Bali. Mereka mengajarkan coding atau pemrograman untuk anak hingga dewasa, mulai dari usia 4-25 tahun.

Menariknya, program kelas yang dimiliki oleh tempat kursus ini, dapat disesuaikan dengan keinginan anak. Misalnya program Animasi dan Game Coding Creator-Junior 2.0 untuk usia 4-6 tahun.

Di sini anak akan belajar melalui Tynker, untuk memperkenalkannya dengan coding sederhana melalui platform visual yang memungkinkannya membuat game dan animasi dasar dengan kode biner yang terlihat.

Kemudian juga ada Roblox Programming with Lua Scripts 2.0, untuk anak usia 8-12 tahun. Di mana anak akan belajar pemrograman Roblox, pengembangan dan desain game. Anak dapat mempelajari cara membuat game Roblox-nya sendiri dengan cara yang menyenangkan.

Program kelas untuk anak-anak di KODING AKADEMI ini berkisar dari harga Rp.250.000-Rp.700.000,-.

8. Koding Next Indonesia

8. Koding Next Indonesia
Pexels/Andrea Piacquadio

Koding Next Indonesia merupakan sekolah pemrograman yang beroperasi di Asia Tenggara, termasuk Jakarta dan Bali. Program pembelajaran di Koding Next Indonesia terbagi atas tiga kelas yang disesuaikan dengan umur pesertanya.

Pertama ada Little Koders, yaitu kelas belajar pemrograman yang dikhususkan untuk anak-anak usia 4-8 tahun. Kelas ini dibagi atas dua subgrup sesuai umur, yaitu usia 4-6 tahun dengan durasi belajar 45 menit setiap sesi.

Kemudian juga ada untuk usia 6-8 tahun dengan durasi belajar 60 menit setiap sesi. Pada kelas ini anak akan belajar bahasa pemrograman melalui berbagai game tentang programming dalam bentuk aplikasi hingga robot, dan ada juga games & math.

Kedua ada Junior Koders, program ini untuk anak yang berusia 8-16 tahun. Pada kelas ini, anak mama akan diperkenalkan dengan berbagai bahasa pemrograman seperti Phyton dan Java Script.

9. Rumah Coding

9. Rumah Coding
Freepik/Miksturaproduction

Rumah Coding juga merupakan salah satu tempat kursus coding yang terletak di area JABODETABEK, Bandung, Semarang, Batam, dan masih banyak lagi. Di sini, anak mama dapat belajar coding, dari usia TK hingga SMP.

Program Kelas Zahran (TK) dapat mengajarkan anak dasar-dasar ilmu komputer dan keamanan internet, membuat aplikasi, game atau cerita animasi. Di antara materi yang dipelajari adalah sequence, loops, dan events.

Kelas Zahran ini lebih cocok untuk anak-anak yang belum bisa membaca. Belajar coding dengan menggunakan blok kode dan karakter-karakter yang menarik sehingga coding terasa menyenangkan untuk anak-anak.

Selanjutnya ada Kelas Zhafir (SD) di mana anak akan belajar membuat program aplikasi dan game dengan menggunakan konsep sequence, binary, loops dan events.

Tak hanya itu, anak juga akan belajar bagaimana menganalisa sebuah masalah dan kemudian menyusun sebuah solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Sambil belajar, anak akan belajar membuat sebuah project game seperti Angry Bird, Maze, Treasure, dll.

Harga kursus di Rumah Coding ini, dimulai dari harga Rp.250.000-Rp.350.000 dengan biaya pendaftaran sebesar Rp.100.000,-.

10. Timedoor Academy

10. Timedoor Academy
Freepik

Timedoor Academy merupakan tempat kursus coding anak lainnya yang terletak di Denpasar, Bali. Kursusnya diperuntukkan untuk anak sekolah dasar dari kelas 3-6. Program kelasnya dibagi menjadi dua, yaitu Online Class dan Offline Class. 

Untuk Offline Class-nya, anak akan belajar coding lebih menyenangkan dengan Robot, VR / AR, IoT. Anak usia 5-7 tahun, akan belajar literasi komputer dan membuat game 3D sederhana.

Kemudian untuk anak 8-12 tahun akan berkolaborasi dalam pembelajaran logika coding. Kemudian untuk remaja usia 13-18 tahun akan memahami sintaks menggunakan berbagai jenis proyek.

Sedangkan untuk Online Class-nya, anak akan belajar membuat game, website, dan aplikasi sendiri di rumah, yang dipandu oleh tutor profesional melalui zoom meeting.

Anak-anak usia 8-12 tahun, dipersiapkan untuk membuat game, web, dan aplikasi mereka sendiri yang diunggah di Google PlayStore menggunakan bahasa pengkodean yang sederhana.

Lalu anak remaja 13-18 tahun, dipersiapkan untuk dapat membuat produk digital dengan menggunakan bahasa JavaScript, HTML dan CSS.

Nah itulah beberapa informasi seputar rekomendasi tempat kursus coding anak. Tertarik mendaftarkan anak untuk belajar coding, Ma?

Baca terus:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk