TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Terharu! Reaksi Anak Kulit Hitam Lihat Ariel di 'The Little Mermaid'

Anak-anak kulit hitam melihat gambaran diri mereka dalam film 'The Little Mermaid'

15 September 2022

Terharu Reaksi Anak Kulit Hitam Lihat Ariel 'The Little Mermaid'
Tiktok.com/@freeda_en, YouTube.com/Walt Disney Studios

Pada Sabtu (10/9/22) lalu, Disney merilis trailer untuk film mendatang mereka, "The Little Mermaid," yang akan tayang pada tahun 2023.

Film ini merupakan remake live-action dari film animasi klasik Disney dengan judul yang sama, yang dirilis pada tahun 1989. Namun kali ini akan dibintangi oleh Halle Bailey, seorang aktris dan penyanyi kulit hitam asal Amerika Serikat, sebagai Ariel.

Menariknya, banyak video tersebar online yang menunjukkan reaksi anak-anak kulit hitam terhadap cuplikan pertama dari film ini. Reaksi anak-anak yang polos mengundang haru dari netizen.

Ingin melihat seperti apa reaksi mereka? Nah kali ini Popmama.com telah merangkum seperti apa reaksi anak kulit hitam melihat Ariel di 'The Little Mermaid'. Yuk simak!

1. Reaksi anak-anak berkulit hitam yang terkejut melihat penampilan Ariel di trailer 'The Little Mermaid'

1. Reaksi anak-anak berkulit hitam terkejut melihat penampilan Ariel trailer 'The Little Mermaid'
Tiktok.com/@freeda_en

Sebuah komunitas dengan akun @freeda_en membagikan kumpulan video anak-anak yang menunjukkan reaksi ketika menyaksikan trailer film 'The Little Mermaid'

"She's black! (Dia berkulit hitam!)" ucap seorang anak perempuan sambil tersenyum gembira

"That is Ariel? Are you sure that's the real her? (Apakah itu Ariel? Kamu yakin itu benar-benar dia?)" kata seroang anak perempuan lainnya yang terkejut melihat sosok Ariel yang diperankan oleh Halle Bailey.

"She's like me! (Dia sepertiku!) " kata anak perempuan lainnya

Editors' Picks

2. Reaksi anak-anak menunjukkan pentingnya representasi dalam film

2. Reaksi anak-anak menunjukkan penting representasi dalam film
YouTube.com/Walt Disney Studios

Kurangnya representasi dan karakter-karakter yang berbeda di media dapat mengakibatkan rasisme yang terinternalisasi di kalangan anak-anak.

Seorang pelajar asal Vietnam yang hobi menulis dan membaca, Laura Truong, menyampaikan pendapatnya tentang representasi film dalam website The Teen Magazine. 

“Saat tumbuh dewasa, saya selalu merasa wajah saya tidak memadai dan jelek, hanya karena saya orang Asia,” tulis Laura yang dikutip dari laman Theteenmagazine.com pada Kamis (15/9/22).

Ia pun menjelaskan bahwa hal ini terjadi karena kurangnya representasi yang dilihatnya, terutama di film dengan putri kerajaan yang kurang lebih memiliki fitur wajah yang sama.

3. Representasi yang berbeda juga dapat melawan rasisme yang negatif

3. Representasi berbeda juga dapat melawan rasisme negatif
YouTube.com/Walt Disney Studios

Dilansir dari YourTango, karakter yang beragam di media menciptakan "ruang aman" bagi minoritas.

Mereka juga dapat melihat gambaran diri, membangun validitas, dan merasa bahwa mereka dilihat dan didengar.

“Menampilkan representasi, terutama pada platform yang melayani audiens muda, dapat membantu meningkatkan kesadaran dan mendidik orang tentang budaya yang berbeda,” tulis Laura.

Representasi juga dapat memerangi stereotip dan rasisme yang negatif dan ofensif.

4. Disney telah merilis beberapa film yang menggambarkan beragam budaya dan identitas

4. Disney telah merilis beberapa film menggambarkan beragam budaya identitas
Imdb.com, id.wikipedia.org

Dalam beberapa tahun terakhir, Disney juga telah merilis banyak film anak-anak yang menggambarkan beragam budaya yang berbeda dan mewakili berbagai identitas.

Misalnya film 'Coco' merayakan budaya dan hari libur Meksiko seperti Hari Orang Mati, selanjutnya ada film “Moana” yang menggambarkan tradisi Polinesia, dan film “Encanto” menggambarkan kehidupan di rumah tangga Kolombia.

Representasi yang akurat dalam film akan mendorong lingkungan yang lebih inklusif, bukan?

5. Tanggapan positif netizen terhadap video reaksi anak-anak terhadap trailer 'The Little Mermaid

5. Tanggapan positif netizen terhadap video reaksi anak-anak terhadap trailer 'The Little Mermaid
Freepik/jcomp

Video TikTok yang telah disaksikan 13,9 juta pengguna dan mendapatkan 2,8 juta likes ini, mendapatkan beragam tanggapan positif dari netizen.

Ada beberapa netizen yang terharu dengan reaksi polos anak-anak hingga menyadari maksud Disney memilih Halle Bailey menjadi pemeran Ariel di film 'The Little Mermaid'.

"This video brought tears to my eyes I was happy that they put Ariel as a black woman but i never thought about the impact it had on so many girls (Video ini membuat saya meneteskan air mata, Saya senang mereka menempatkan Ariel sebagai wanita kulit hitam, tetapi saya tidak pernah memikirkan dampaknya pada begitu banyak gadis)" tulis pengguna Jeon Jinrin

""She's like me" had me in tears ("Dia seperti saya" membuat saya menangis)" tulis pengguna Daisy

"Gw org yg paling menolak keras di awal pas liat teasernya, tapi pas liat ini? oh hell come on they look so happy cause Ariel represent them (oh ayolah mereka terlihat sangat bahagia karena Ariel mewakili mereka)" tulis pengguna Park Jimin's Wife.

Ingin melihat seperti apa video reaksi anak-anak saat menyaksikan trailer film 'The Little Mermaid'? Lihat videonya di bawah ini ya Ma!

@freeda_en

Representation matters. This message emerges stronger than ever from the reactions of so many black girls and young women towards the first trailer for the new Disney live action dedicated to The Little Mermaid. The trailer shows the actress who plays Ariel, Halle Bailey, singing the song "Part of Your World". #Freeda#Diversity#TheLittleMermaid#HalleBailey

♬ Canyons - Official Sound Studio

Nah itulah dia seperti apa reaksi anak kulit hitam lihat Ariel di 'The Little Mermaid'. Terharu sekaligus gembira sekali ya Ma melihat mereka?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk