5 Tips Aman untuk Remaja Punya Wajah Glowing a la Artis Korea

Jika remaja ingin memiliki kulit wajah seperti idol atau artis Korea favoritnya, coba tips ini ya!

27 November 2021

5 Tips Aman Remaja Pu Wajah Glowing a la Artis Korea
dbkpop.com

Bagi remaja yang menyukai K-Pop atau K-Drama, tentu sudah tak asing lagi dengan para idol atau artisnya yang memiliki kulit glowing yang bercahaya, bersih, dan sehat.

Namun dari sekian banyaknya cara yang ada, Mama tentu khawatir jika remaja menggunakan terlalu banyak bahan kimia, justru menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan kulit dan tubuh anak secara keseluruhan.

Sehingga, ada baiknya remaja menggunakan cara-cara yang aman.

Meskipun bukan cara instan dan membutuhkan konsistensi yang rutin, beberapa cara ini justru lebih aman diterapkan.

Berikut Popmama.com telah menyiapkan beberapa tips aman untuk remaja punya wajah glowing a la artis Korea, simak tips-tipsnya di bawah ini ya Ma!

1. Membilas wajah dengan teh hijau

1. Membilas wajah teh hijau
Pixabay/mirkostoedter

Beberapa remaja mungkin belum tahu bahwa perawatan Korea Selatan sangat identik dengan teh hijaunya, dan ini sering digunakan oleh masyarakatnya untuk merawat kulit. Biasanya, para perempuan di Korea Selatan membilas wajah dengan menggunakan teh hijau saat di pagi hari.

Tujuannya, supaya kulit jadi lebih lembab, menyegarkan sekaligus bisa menghidrasi kulit wajah. Hal ini karena di Korea Selatan memiliki musim dingin yang cenderung menyebabkan kulit lebih kering.

Sehingga jika anak mama juga memiliki permasalahan pada kulit kering, membiasakan diri membilas wajah menggunakan teh hijau ini bisa dijadikan sebagai solusi. Selain sebagai air bilas, teh hijau juga bisa dijadikan sebagai toner berbahan alami untuk membuat kulit wajah semakin glowing.

Editors' Picks

2. Mengonsumsi teh barley

2. Mengonsumsi teh barley
timesofindia.indiatimes.com

Nah jika remaja sudah cukup sering mendengar teh hijau, ia mungkin belum familiar dengan teh Barley.

Teh barley adalah teh yang berbasis biji-bijian panggang yang terbuat dari barley. Ini adalah makanan pokok di banyak negara Asia Timur seperti Cina, Jepang, dan Korea. Teh Barley ini memiliki cita rasa seperti kacang panggang, dan memiliki kandungan serat yang baik untuk membuat kulit menjadi lebih sehat.

Tak hanya itu, teh Barley juga diklaim mengandung anti-oksidan dan mampu melancarkan peredaran darah. Jadi, jika remaja ingin memiliki wajah yang glowing, terlihat bersih, dan sehat, mulailah untuk memberikannya teh Barley secara rutin.

Menariknya, selain untuk menyehatkan kulit, teh yang satu ini juga bisa menjaga berat badan anak agar tidak berlebihan.

3. Melakukan eksfoliasi dengan scrub alami

3. Melakukan eksfoliasi scrub alami
waxingkara.com

Sel-sel kulit mati di wajah dapat menyebabkan wajah anak menjadi lebih kusam dan inilah yang dapat mencegahnya untuk memiliki kulit glowing

Untuk mengatasinya, anak dapat melakukan eksfoliasi, atau proses pengangkatan sel-sel kulit mati pada lapisan kulit. Jika rutin di lakukan, warna kulit anak nantinya akan jadi lebih merata dan cerah. 

Jika remaja takut dengan eksfoliasi berbahan kimia, tak perlu khawatir, Mama dapat memberikannya scrub alami dari oatmeal dan kopi bubuk.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, remaja bisa menggunakan campuran dua sendok makan oatmeal yang sudah dihaluskan, setengah sendok makan kopi bubuk, satu sendok makan madu, dan yang terakhir satu sendok teh susu cair.

Ketika semua bahan sudah dicampurkan secara merata, aplikasikan pada kulit wajah yang telah dibersihkan sambil dipijat halus dengan menggukan jari. Diamkan 10 menit dan bilas menggunakan air hangat.

4. Mandi dengan menggunakan air beras

4. Mandi menggunakan air beras
timesofindia.com

Awalnya ini mungkin terlihat aneh dan tidak masuk akal, namun tahukah Ma bahwa air beras kaya akan nutrisi dan mineral yang baik untuk kulit?

Tak sedikit perempuan Korea Selatan yang memanfaatkan kebiasaan mandi mereka dengan mengganti air bak dengan air beras. Tujuannya bermanfaat untuk melembabkan, menghaluskan, sekaligus mencerahkan kulit, termasuk kulit wajah.

Bisa dibilang, ini adalah salah satu perawatan kulit alami yang sederhana dan mudah bagi remaja untuk melakukannya di rumah. Mama bisa mencuci beras dan merendamnya dalam air semalaman. Besok paginya, anak bisa membasuh wajah dan mandi menggunakan air beras yang sudah direndam semalaman.

5. Mengonsumsi sayuran berdaun hijau

5. Mengonsumsi sayuran berdaun hijau
Pixabay/Pexels

Bagi remaja yang suka menyaksikan K-Drama, pasti suka melihat bagaimana aktor dan aktrisnya yang suka membuat menggulung daging, kimchi dan bahan pelengkap lainnya, dengan menggunakan sayuran hijau. Makanan ini disebut sebagai ssam.

Nah untuk membuat ssam, orang Korea menggunakan berbagai pilihan sayur berwarna hijau, salah satunya adalah selada.

Dan ternyata daun hijau yang satu ini mengandung zeaxanthin yang memiliki sifat anti oksidan dan flavonoid yang membantu merawat kulit wajah.

Banyak mengonsumsi sayuran hijau juga memiliki berbagai manfaat baik untuk membuat kulit wajah anak tetap sehat dan membantu kulit menjadi lebih glowing.

Nah itulah beberapa tips agar remaja punya wajah glowing a la artis Korea. Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa penting untuk menggunakan cara-cara yang aman dan meminimalisir penggunaan bahan kimia.

Dengan menerapkan tips di atas secara konsisten, remaja dapat memiliki wajah glowing seperti idol atau artis favoritnya lho!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.