Tips Merawat Payudara Semasa Remaja agar Tidak Kendur

Tak ada salahnya jika remaja merawat payudara sejak dini, jadi bisa lebih happy dan percaya diri

29 Juli 2021

Tips Merawat Payudara Semasa Remaja agar Tidak Kendur
Pexels/Marina Stoichkova

Payudara datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Jenis payudara yang sering anak lihat di majalah fashion dan di televisi bukan menjadi satu-satunya jenis.

Tak ada usia yang ditetapkan kapan payudara mulai mengendur. Ini dapat tergantung pada genetika, pilihan gaya hidup, dan kesehatan remaja secara keseluruhan.

Seorang dewasa muda berusia 20 tahun bisa mengalami payudara kendur, sementara seorang perempuan berusia 40 tahun mungkin memiliki payudara yang kencang.

Beberapa remaja, terutama remaja yang payudaranya tumbuh dengan cepat, besar atau yang berpartisipasi dalam olahraga berat mungkin saja mengalami payudara kendur. 

Namun ada beberapa hal yang dapat Mama lakukan untuk mencegah payudara anak kendur dan bagaimana mengatasinya. Beri tahu anak tips merawat payudara remaja agar tidak kendur yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini yuk, Ma!

Macam-Macam Bentuk Payudara

Macam-Macam Bentuk Payudara
seventeen.com

Sebelum mengetahui bagaimana cara mencegah payudara kendur pada anak remaja, penting bagi Mama untuk memberitahu anak bahwa semua bentuk payudara itu sehat dan tak masalah jika memiliki bentuk yang berbeda-beda.

Berbicara tentang bentuk payudara, ada sekitar 27 bentuk payudara di dunia ini. Namun dilansir dari Seventeen, ada sembilan jenis payudara yang paling umum di dunia. Mengetahui bentuk persis payudara sendiri dapat membantu remaja menemukan bra yang terbaik untuknya.

Inilah sembilan jenis payudara yang paling umum:

Asymmetric
Ini mengacu pada payudara yang di mana satu lebih besar (atau lebih kecil) dari yang lain. Menggunakan bra push-up dengan bantalan yang dapat dilepas mungkin akan bekerja paling baik, karena anak dapat meratakan payudara dengan melepas atau menambahkan bantalan.

Athletic
Yup, anak tidak harus menjadi atlet yang intens untuk memiliki payudara atletis. Payudara berbentuk atletis ini lebih lebar, tampak lebih berotot, dan memiliki lebih sedikit jaringan. Bra tanpa kawat dapat sangat cocok untuk payudara ini, karena akan memberikan kenyamanan dan dukungan!

East West
Jika puting mengarah ke arah yang berlawanan ke luar, anak mungkin memiliki payudara east west. Bra push-up dapat membantu menyatukan payudara ke bagian depan dada.

Relaxed
Untuk tipe yang satu ini, payudara biasanya menggantung ke bawah dan memiliki jaringan yang longgar. Meskipun T-shirt atau bra push-up pasti akan membuat payudara remaja sedikit terangkat, tidak apa-apa untuk lebih merangkul payudara apa adanya.

Bell shape
Payudara berbentuk lonceng lebih ramping di bagian atas dan lebih berisi di bagian bawah. Tidak mengherankan, mereka terlihat seperti lonceng! Bra t-shirt yang nyaman dan mengangkat, akan sangat cocok untuk bentuk tubuh payudara anak.

Slender
Memiliki bentuk yang ramping tidak selalu berarti menggunakan ukuran cup yang lebih kecil. Itu hanya berarti bahwa payudara anak mungkin tidak memenuhi seluruh dadanya. Bra dengan kedalaman yang dalam, dapat membantu payudara anak lebih ke arah tengah.

Side Set
Payudara remaja bisa disebut side set jika ia memiliki sedikit ruang di antara payudaranya. Bra yang dikaitkan di bagian depan akan ideal untuk jenis payudaranya!

Round
Seperti yang anak lihat, payudara berbentuk bundar adalah jenis yang sepenuhnya melingkar, dan sama di bagian atas dan bawah. Beruntung, anak bisa menggunakan banyak jenis bra dengan bentuk payudara ini.

Tear drop
Mirip dengan payudara bundar, bentuk payudara tear drop itu memiliki bentuk yang melingkar, tetapi bentuk ini sedikit kurang penuh di bagian atas. Sama seperti payudara bundar, anak juga dapat menggunakan jenis bra apa pun jika memiliki tipe ini!

Setelah mengetahui apa saja bentuk-bentuk payudara yang paling umum, sekarang simak bagaimana cara menjaga agar payudara remaja agar tidak kendur di bawah ini yuk!

1. Menggunakan bra yang pas dengan bentuk payudara

1. Menggunakan bra pas bentuk payudara
Pinterest.co.uk/Winnie04

Dukung bentuk payudara dengan mengenakan bra yang pas. Ketika berencana untuk membeli bra baru, pastikan Mama atau anak membeli bra dengan ukuran yang tepat.

Kemudian, selalu ingatkan remaja agar mengenakan bra olahraga saat melakukan aktivitas fisik. Gerakan seperti olahraga yang intens dapat meregangkan ligamen yang menahan payudara tetap kencang.

Editors' Picks

2. Menjaga berat badan dengan olahraga yang berfokus pada latihan otot dada

2. Menjaga berat badan olahraga berfokus latihan otot dada
Freepik/Yanalya

Payudara seorang perempuan akan berubah seiring dan usia dan berat badan. Mempertahankan BMI yang sehat akan membantu mengurangi risiko membawa kelebihan lemak di tubuh. Olahraga untuk dapat membantu remaja menjaga berat badan yang sehat.

Anak dapat membangun otot dadanya dengan melakukan push-up dan latihan dada lainnya. Saat ia meningkatkan otot dada, otot tersebut mendorong jaringan payudara ke depan, yang dapat membuatnya terlihat lebih penuh dan lebih terangkat.

Latihan seperti berenang, tenis, yoga dan/atau pilates, semuanya menggunakan banyak kekuatan tubuh bagian atas. Menjaga tubuh bagian atas bergerak dan aktif akan membantu memperkuat otot dan membuatnya tetap ramping.

Jangan fokus menjadi kurus, namun fokus untuk sehat. Cobalah ajak untuk berolahraga selama 30 hingga 60 menit setiap harinya.

Ini adalah tips merawat payudara remaja agar tidak kendur yang efektif.

3. Mengonsumsi makanan yang sehat dan segar

3. Mengonsumsi makanan sehat segar
Instagram.com/loresa_hamitaj

Mengonsumsi makanan yang sehat dan segar dengan menggabungkan berbagai makanan yang berbeda dari piramida makanan, tidak hanya akan membuat anak sehat, tetapi juga akan memberinya banyak energi.

Sajikan makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan protein tanpa lemak. Makanan ini memberi tubuh remaja nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh dengan baik dan untuk mengembangkan kulit dan otot yang sehat dan kencang.

Beberapa makanan yang dapat membantu mengembangkan kulit dan otot yang sehat dan kencang adalah:

  • Sayuran (banyak varietas berdaun hijau)
  • Buah (berbagai warna)
  • Karbohidrat (GI rendah)
  • Lemak (lemak sehat seperti alpukat dan kacang-kacangan)
  • Protein (daging tanpa lemak)

Mengonsumsi makanan kaya antioksidan (buah dan sayuran) dapat membantu mengurangi munculnya keriput, dan membuat anak memiliki kulit yang tampak lebih kenyal.

Hindari diet ketat karena penurunan berat badan secara tiba-tiba dalam jumlah besar dapat membuat anak memiliki kulit berlebih dan belum tentu sehat untuk tumbuh kembangnya. Kelaparan juga dapat membuat anak lebih merasa lelah dan mudah tersinggung.

Tak apa-apa jika anak ingin mengonsumsi makanan favoritnya, seperti pizza dan kentang goreng, tetapi makanlah sesekali, bukan setiap kali makan.

4. Menjaga postur agar tetap baik

4. Menjaga postur agar tetap baik
Pexels/@thiszun

Berdiri tegak dan menahan keinginan untuk membungkuk ke depan tidak hanya meningkatkan penampilan tubuh anak secara keseluruhan, tetapi juga membantu mengurangi kekencangan pada payudara.

Mencondongkan tubuh ke depan memberi tekanan pada ligamen payudara dan membantu gravitasi menarik payudara lebih ke bawah.

Ketika Mama melihat anak duduk atau berdiri membungkuk, ingatkan ia agar berdiri tegak dengan bahu condong ke belakang.

5. Tetap terhidrasi

5. Tetap terhidrasi
Freepik/Rawpixel.com

Terakhir dan tak kalah penting adalah menjaga tubuh mendapatkan asupan cairan yang cukup. Tubuh terdiri dari sebagian besar air, dan minum air secara teratur sepanjang hari dapat membantu menjaga elastisitas kulit.

Air dapat membantu menjaga kulit tetap kuat dan kencang, sehingga mengurangi kerutan dan kendur.

Nah, itulah beberapa cara untuk mencegah atau mengatasi payudara yang kendur pada anak remaja.

Beri tahu remaja, payudara kendur adalah bagian alami dari kehidupan dan jika ia mampu menerimanya. Ia akan menjadi lebih bahagia dan lebih puas dengan diri sendiri dan hidupnya.

Namun bisa saja payudara remaja tidak kendur jika bisa merawatnya bahkan hingga ia dewasa nanti.

Hidup adalah perjalanan. Jalani dan kurangi kekhawatiran tentang ketidaksempurnaan tubuh. Kekhawatiran ini hanya akan menahan anak untuk melakukan hal-hal yang ingin ia lakukan. 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.