TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Tips Merawat Rambut Berminyak pada Remaja yang Tepat

Keramas terlalu sering justru bisa menyebabkan rambut remaja berminyak lho!

17 Agustus 2022

7 Tips Merawat Rambut Berminyak Remaja Tepat
Freepik/Nakaridore

Dari semua masalah rambut umum di luar sana, berurusan dengan rambut berminyak mungkin salah satu yang paling membuat remaja frustrasi.

Meskipun umumnya anak kesulitan untuk mempertahankan tatanan rambut di saat cuaca terik, masih ada solusi untuknya yang berurusan dengan rambut berminyak, terutama jika anak memiliki rambut dengan sisi yang rata dan tipis.

Jadi, apa yang harus dilakukan remaja untuk merawat rambut yang mudah berminyak?

Kali ini Popmama.com telah merangkum delapan kebiasaan sehari-hari yang harus dijalani oleh setiap remaja dengan rambut berminyak, untuk mencapai untaian rambut yang sehat dan seimbang. Inilah tipsnya!

1. Gunakan kondisioner dengan cara yang benar

1. Gunakan kondisioner cara benar
Freepik/Topntp26

Kondisioner tak hanya baik untuk digunakan oleh jenis rambut berminyak, tetapi juga diperlukan untuk memberikan dosis hidrasi, nutrisi, dan perlindungan yang sehat yang tidak dapat diperoleh dari sampo saja.

Kuncinya menemukan kondisioner yang tepat adalah dengan menemukan satu yang sesuai untuk kebutuhan rambut remaja, seperti dalam kasus ini adalah yang mampu mengontrol minyak.

Kemudian alih-alih mengoleskan kondisioner ke seluruh bagian rambut dan kepala, penting untuk hanya menggunakan kondisioner di ujung rambut saja dan hindari kulit kepala seluruhnya. Karena ini dapat membantu remaja dalam menjaga rambutnya agar tidak terlihat rata dan berminyak.

Dan yang penting lainnya adalah jangan lupa untuk membilas rambut sampai bersih. Terkadang, yang anak mungkin kira adalah minyak, sebenarnya hanyalah sampo atau kondisioner yang belum dibilas sepenuhnya.

2. Hindari terlalu sering keramas

2. Hindari terlalu sering keramas
Freepik/jcomp

Mungkin kedengarannya berlawanan dengan kebiasaan untuk menjaga kebersihan, namun mencuci rambut terlalu sering sebenarnya bisa menjadi penyebab rambut berminyak.

Seringkali anak yang memiliki kulit kepala berminyak, keramas untuk mengatasinya. Namun dalam prosesnya, cara ini akhirnya menghilangkan sebum alami rambut.

Sehingga respons tubuh yang diterima adalah mengeluarkan kembali minyak yang hilang dengan lebih banyak minyak, yang terkadang dapat menyebabkan produksi sebum yang berlebihan. Hasilnya adalah siklus rambut berminyak tanpa akhir.

Untuk mengatasi hal ini, cobalah melewatkan sampo setidaknya sekali atau dua kali seminggu, terutama jika anak sudah terbiasa mencuci rambut setiap hari. Ini dapat membantu memastikan anak tidak berlebihan keramas.

Namun, akan sulit untuk melihat hasilnya dalam semalam, karena mungkin perlu beberapa minggu sebelum tubuh akhirnya dapat menyeimbangkan dirinya sendiri.

Editors' Picks

3. Menggunakan sisir berbentuk sikat untuk mendistribusikan minyak alami rambut

3. Menggunakan sisir berbentuk sikat mendistribusikan minyak alami rambut
dontwasteyourmoney.com

Menyisir rambut terlalu sering, diyakini secara luas hanya dapat memperburuk rambut berminyak. Namun faktanya adalah, bahwa dengan sisir yang tepat, remaja bisa menghilangkan dan mendistribusikan sebagian minyak dengan benar, sehingga akar rambut tampak kurang berminyak.

Sisir dengan bentuk sikat adalah pilihan yang sangat baik bagi remaja yang memiliki akar berminyak, karena serat membantu mengambil dan mendistribusikan minyak alami ke seluruh rambut.

Namun pastikan remaka tidak menyikatnya secara berlebihan, karena hal itu justru dapat merangsang produksi minyak. Seperti halnya kebanyakan hal dalam hidup, ini semua tentang menemukan keseimbangan yang tepat.

4. Carilah produk rambut yang tepat

4. Carilah produk rambut tepat
Freepik/mrsiraphol

Sementara beberapa produk dapat bekerja sangat baik pada rambut berminyak, seperti dry shampoo, ada produk lain yang justru memperburuk masalah.

Itulah sebabnya, saat memilih produk penata rambut untuk remaja, sebaiknya hindari produk yang berlabel "meningkatkan kilau" atau "anti-keriting" karena biasanya dibuat dengan beberapa jenis minyak, yang mungkin hanya akan meningkatkan minyak rambutnya, dan membuatnya berkilau karena berminyak.

Sebagai gantinya, cari produk dengan sifat volumizing, yang akan membantu mengangkat rambut dan mencegahnya bersentuhan dengan akar berminyak.

5. Hindari terlalu sering menyentuh rambut

5. Hindari terlalu sering menyentuh rambut
Freepik/User18526052

Ini mungkin tidak tampak seperti masalah besar, tetapi semua gerakan memutar dan menyapu jari yang remaja lakukan sepanjang hari, sebenarnya dapat memengaruhi tampilan dan nuansa rambutnya.

Sama seperti rambut, ujung jari dan wajah juga menghasilkan minyak, yang dapat dengan mudah berpindah ke rambut. Hal ini membuat masalah minyak berlebih menjadi semakin parah.

Maka dari itu, penting bagi Mama untuk selalu mengingatkan anak agar bisa menahan diri agar tidak menyentuh rambutnya ya!

6. Hindari meluruskan rambut dengan alat catok

6. Hindari meluruskan rambut alat catok
Freepik/Valuavitaly

Ada kabar buruk bagi remaja yang suka meluruskan rambut dengan alat catok. Meluruskan dan blow rambut dapat membuat helai rambut terlihat lebih berminyak. Ini karena rambut lurus memberi minyak jalur langsung ke batang rambut, yang membuatnya lebih terlihat.

Rambut juga cenderung turun sedikit lebih dekat ke kulit kepala setelah diluruskan, yang membuatnya lebih mungkin bersentuhan dengan minyak di kulit kepala dan wajah.

Sebagai gantinya, cobalah memilih gaya keriting atau bergelombang, yang akan membantu menambah volume pada rambut, sehingga tidak terlalu cepat berminyak.

7. Gunakan dry shampoo dengan bijak

7. Gunakan dry shampoo bijak
Freepik/ViDIstudio

Produk sampo kering atau dry shampoo sering digunakan untuk mengembalikan volume rambut, saat rambut mulai berminyak. Penggunaan dry shampoo ini dapat membantu remaja mengatasi rambut yang lepek, namun ingatkan agar tidak memakainya terlalu banyak.

Seperti halnya produk apa pun yang menempel di rambut, menggunakan terlalu banyak dry shampoo dapat menyebabkan penumpukan produk, yang dapat mengeringkan kulit kepala anak, dan menyebabkannya menghasilkan lebih banyak minyak.

Untuk mengatasi hal ini, coba kurangi penggunaan dry shampoo dan keramaslah minimal setiap dua hari sekali. Ini tidak hanya akan membantu membersihkan rambut dari semua minyak, tetapi juga membantu mengurangi penumpukan produk berbahaya dalam prosesnya.

Nah itulah beberapa tips untuk merawat rambut berminyak pada remaja dengan tepat. Walaupun anak mudah terganggu dengan rambut yang tampak lepek, ketahuilah ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan volume alami rambut.

Semoga tipsnya bermanfaat ya Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk