Viral! Anak 12 Tahun yang Berhasil Mengalahkan GothamChess

Satria berhasil mengalahkan GothamChess dalam waktu 3 menit saja

28 Maret 2021

Viral Anak 12 Tahun Berhasil Mengalahkan GothamChess
Instagram.com/GothamChess, Kumparan.com

Sejak ramainya perbincangan seputar dewa kipas dan Grandmaster Irene Sukandar, permainan catur kini kembali populer di kalangan masyarakat Indonesia, bahkan anak-anak pun mulai tertarik mempelajari permainan papan yang satu ini.

Kali ini Indonesia kembali digemparkan dengan anak 12 tahun yang berhasil mengalahkan GothamChess dalam waktu tiga menit. GothamChess sebelumnya juga dikalahkan Dewa Kipas dalam Chess.com.

Siapakah anak tersebut, dan bagaimanakah permainannya melawan GothamChess? Simak informasi selengkapnya yang telah Popmama.com siapkan di bawah ini!

1. Levy "GothamChess" mengakui kemampuan Satria yang mengalahkannya kurang dari 3 menit

1. Levy "GothamChess" mengakui kemampuan Satria mengalahkan kurang dari 3 menit
YouTube.com/GothamChess

Levy Rozman atau yang dikenal dengan sebutan GothamChess mengakui ada seorang anak dari Indonesia berusia 12 tahun yang dapat mengalahkannya kurang dari tiga menit di website kompetisi catur bernama Chess.com.

Ia bahkan mengakui anak tersebut yang bernama Satria, Levy juga mengakui Satria yang begitu hebat diusianya yang masih belia, Levy mengatakan bahkan tak bermain sehebat Satria ketika berusianya.

Editors' Picks

2. Satria bisa menjadi Grandmaster hebat Indonesia selanjutnya

2. Satria bisa menjadi Grandmaster hebat Indonesia selanjutnya
Kumparan.com

Levy bahkan memprediksi, Satria akan menjadi Grandmaster hebat Indonesia selanjutnya seperti Susanto Megaranto, bahkan juga bisa melebihinya. Analisisnya tersebut baru saja diunggah oleh Levy dalam akun YouTube-nya pada tanggal 24 Maret 2021.

“Satria berada di peringkat 200-an Indonesia. Tapi, tidak terlalu akurat karena Satria kebanyakan main secara daring. Apalagi, dia diketahui jadi pemain termuda di sana," ujar Levy di akun YouTube miliknya, GothamChess.

3. Satria memiliki statistik 2852 kali menang, dan bahkan mengungguli Levy

3. Satria memiliki statistik 2852 kali menang, bahkan mengungguli Levy
Youtube.com/GothamChess

Statistik pertandingan Satria di Chess.com juga disorot oleh Levy. Sejauh dari data yang didapatnya, Satria sudah bermain sebanyak 5.542 pertandingan catur di Chess.com. Dengan statistik, 2852 kali menang, 2391 kalah, dan imbang di 299 kesempatan.

Dengan menggunakan akun bernama KnightDuta, Satria cuma sekali melawan Levy dan menang di kesempatan tersebut. Akurasinya pun Satria juga tinggi yaitu, mencapai 80,5 persen dengan empat best move, 12 excellent, 9 good, 9 inaccuracy, 3 mistake, tanpa blunder, 2 book, dan 3 missed win. 

Bahkan statistik ini pun mengungguli Levy yang dikenal sebagai GothamChess. Kali ini, Levy mengakuinya dan memprediksi Satria bisa lebih kuat.

"Anak seperti Satria bisa lebih kuat dengan bermain terus. Apalagi, usianya masih sangat muda," ucap Levy.

4. Muncul saat keramaian berita Dewa Kipas beberapa hari lalu

4. Muncul saat keramaian berita Dewa Kipas beberapa hari lalu
Youtube.com/Deddy Corbuzier

Menurut Levy, Satria ditemukan karena adanya kasus Dewa Kipas. Selain itu menurut Levy, kejadiannya kemarin bersama Dewa Kipas membawa ke sisi positif dalam segi berita, karena muncul talenta muda seperti Satria.

"Kini, media mulai mengambil pendekatan positif dalam catur dengan munculnya talenta muda, tak cuma di Indonesia. Mereka yang belajar agar lebih baik dengan main ribuan kali," terang Rozman.

Seperti yang dikatakan GothamChess, catur kini semakin dikenal di Indonesia, tak hanya pada orang dewasa namun juga anak-anak dan remaja. Apakah Mama tertarik memperkenalkan anak pada permainan catur pada anak sejak dini?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.