Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Normalkah Mimpi Basah Terjadi pada Remaja Perempuan? Ini Faktanya!

Mimpi basah tak hanya terjadi pada anak laki-laki saja lho, Ma!

12 Agustus 2021

Normalkah Mimpi Basah Terjadi Remaja Perempuan Ini Faktanya
Freepik/user18526052

Seperti yang Mama tahu, mimpi basah biasa terjadi pada laki-laki, namun tidak menutup kemungkinan anak perempuan Mama bisa juga mengalami kondisi ini. Dikutip dari American Psychological Association, kondisi ejakulasi yang tidak sengaja dialami saat mimpi dimalam hari.

Terlebih saat masa perkembangan remaja atau dikenal dengan masa puber, mimpi basah paling sering dialami oleh remaja laki-laki.

Faktanya, mimpi basah juga bisa terjadi pada anak perempuan.

Dilansir dari youngwomenshealth.org, perempuan akan mengalami hal yang mirip dengan mimpi basah atau dalam dunia medis dikenal dengan emisi nokturnal.

Pada perempuan yang mengalami mimpi basah akan mengalami perasaan terangsang saat tidur. Ketika bangun, remaja perempuan akan merasakan adanya cairan yang keluar dari vagina.

Apakah mimpi basah pada anak remaja perempuan normal terjadi? Popmama.com berhasil merangkum apa saying yang dialami anak remaja perempuan Mama saat mengalami mimpi basah.

1. Anak remaja perempuan bisa mengalami mimpi basah, ini normal!

1. Anak remaja perempuan bisa mengalami mimpi basah, ini normal
Unsplash/andreapiacquadio

Mimpi basah yang dialami anak perempuan Mama ternyata merupakan yang yang normal terjadi. Tak banyak penelitian yang berhasil menjelaskan proses mimpi basah pada anak perempuan.

Oleh sebab itu, tidak semua anak perempuan merasa bahwa hal yang ia alami sama seperti mimpi basah. Emisi nokturnal pada anak perempuan tandanya akan lebih sulit dikenali jika dibandingkan dengan laki-laki.

Tanda yang akan dialami anak perempuan Mama saat mimpi basah ditandai dengan keluanya cairan vagina seperti saat menerima rangsangan seksual.

Editors' Picks

2. Intensitas mimpi basah

2. Intensitas mimpi basah
Pexels/victoriaborodinova

Tinggi rendahnya intensitas mimpi basah tidak selalu mengisyaratkan adanya sesuatu yang salah pada kesehatan tubuh atau kesuburan anak perempuan Mama. Mimpi basah bukanlah hal yang bisa dikendalika dengan mudah.

Anak perempuan Mama akan mengalami frekuensi mimpi basah yang berbeda dengan teman-temannya. Beberapa kemungkinan yang terjadi saat anak perempuan mimpi basah, diantaranya:

  • Tidak pernah mengalami mimpi basah sama sekali,
  • Sempat beberapa kali mengalaminya
  • Terjadi hanya pada masa perkembangan remaja
  • Mengalami mimpi basah secara teratur.

3. Masa pubertas menjadi penyebab mimpi basah

3. Masa pubertas menjadi penyebab mimpi basah
Unsplash/alexandragorn

Selama masa pubertas, biasanya anak perempuan Mama akan mulai ereksi di waktu yang berbeda sepanjang hari. Entah di sekolah, di kamar mandi, atau saat menonton TV. Dilansir dari verywellhealth.com, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kadar hormon testosteron yang tinggi akan berkaitan dengan tingginya intensitas mimpi basah

Konten yang akan muncuk pada mimpi basah anak perempuan Mama tidak bisa dijadikan sebagai cerminan pengalaman atau keinginan yang mendasari anak perempuan Mama untuk melakukan hubungan seksual.

4. Hanya sedikit yang mampu mengingat saat mimpi basah

4. Ha sedikit mampu mengingat saat mimpi basah
Unsplash/vladislavmuslakov

Dilansir dari buku Diskusi Seksologi Modern: Menerabas Lorong Gelap Kehidupan (2013) karya dr. Zamzani Sutriyanto, menurutnya mimpi basah yang dialami oleh perempuan adalah hal yang normal. Mimpi basah pada perempuan bisa menandakan terjadinya faktor peredaran darah yang lebih deras di sekitar kemaluan pada taham tidur atau Rapid Eye Movement (REM).

Hanya sedikit dari anak perempuan Mama yang bisa mengingat kejadian saat mimpi basah atau bahkan tidak ingat apa yang terjadi. Hal inilah kemudian banyak yang menganggap anak perempuan tidak mengalami emisi nokturnal seperti layaknya laki-laki.

5. Mimpi basah bisa dihentikan

5. Mimpi basah bisa dihentikan
Freepik/diana.grytsku

Anak perempuan Mama minder saat mengalami mimpi basah? Tak perlu minder, intensitas mimpi basah bisa dikurangi dengan menggunakan beberapa cara yaitu dengan lebih sering melakukan masturbasi hingga orgasme.

Saat anak perempuan Mama ejakulasi dengan cara masturbasi, kemungkinan ia akan lebih jarang mengalami mimpi basah. Selain itu anak perempuan Mama bisa menghindari tidur tengkurap dan mengurangi kontak dengan kelaminnya untuk mengurangi intensitas emisi nokturnal.

Beberapa kasus yang jarang terjadi, mimpi basah terasa sangat menyusahkan, sehingga perlunya mengonsumsi obat-obatan seperti antidepresan untuk mengurangi frekuensi mimpi basah.

Obat-obatan tersebut memiliku fungsi untuk menekan ejakulasi saat bangun tidur.

Nah itu dia penjelasan mengenai normalkah mimpi basah terjadi pada anak remaja perempuan. Jika anak perempuan Mama mengalami mimpi tersebut dan terasa menyusahkan baginya, segera konsultasikan dengan dokter atau psikolog agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk