Ini Lho, 5 Manfaat Mengajak Anak Mama Pergi Kemping

Siapa sangka, tidur di tenda bisa bikin anak mama jadi berprestasi di sekolah

21 Juli 2019

Ini, 5 Manfaat Mengajak Anak Mama Pergi Kemping
airmattress.com

Sebagai orangtua, tentu Mama ingin mengenalkan berbagai hal dan memberikan banyak pengalaman untuk anak mama. Baik itu sesuatu yang pernah ataupun yang belum pernah dialami oleh Mama sendiri.

Dengan pengenalan ini diharapkan dapat membuat anak belajar dan mengeksplorasi, serta tumbuh menjadi anak yang cerdas juga berpengetahuan luas.

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengajak anak mama berkemah atau kemping.

Mungkin banyak orangtua, ada yang berpikir bahwa kemping bersama anak adalah sesuatu yang merepotkan. Harus bawa inilah, bawa itulah.

Tetapi di balik itu semua, akan ada beberapa manfaat yang didapatkan oleh anak dari kegiatan kemping ini, Ma.

Maka dari itu, berikut Popmama.comsampaikan 5 manfaat kemping untuk anak mama

1. Lebih akrab bersama keluarga

1. Lebih akrab bersama keluarga
scoutingmagazine.org

Dilansir dari gocampingaustralia.com, tidur di tenda atau karavan adalah salah satu cara untuk membuat anak menjadi lebih dekat atau akrab dengan Mama dan Papa.

Kemping memungkinkan anak mama merasakan banyak hal yang belum tentu bisa dilakukan di rumah. Misalnya memasak bersama, menyiapkan makanan, mengatur tempat untuk tidur di malam hari, memancing, atau berbagai kegiatan lain yang tidak bisa dilakukan karena kesibukan orangtua.

Sambil menghangatkan badan, momen api unggun bisa dijadikan sebagai momen terbaik untuk saling bertukar cerita, Ma!

Baca juga: 

2. Baik untuk kesehatan

2. Baik kesehatan
Flickr.com/Renee Bergeron

Realitanya, kemping akan membuat anak jauh dari polusi udara kota. Seperti yang Mama telah ketahui, polusi udara dapat menyebabkan penyakit pernapasan.

Jika anak mama menderita asma, udara segar area perkemahan akan menjadi sesuatu yang baik.

Satu hal lagi Ma, kemping merupakan kesempatan besar bagi anak mama untuk berolahraga, juga baik untuk pikiran dan tubuh mereka. Berjalan atau tracking bisa memompa jantung dan membakar kalori.

Editors' Picks

3. Mendapatkan banyak pengalaman

3. Mendapatkan banyak pengalaman
journeymontessorischool.org

Beberapa tempat perkemahan sekarang ini telah menawarkan semua fasilitas yang Mama dan keluarga butuhkan. Tetapi, jika Mama ingin anak memiliki pengalaman yang luar biasa, kemping mandiri bisa dijadikan bahan pertimbangan ya, Ma!

Kempingseperti ini adalah cara brilian yang bisa dilakukan untuk membuat anak mama mempelajari beberapa keterampilan bertahan hidup yang mungkin tidak pernah mereka pelajari sebelumnya.

Misalnya Mama bisa kenalkan tumbuhan-tumbuhan yang bisa diolah untuk jadi bahan makanan, bagaimana menyalakan api, bagaimana memakai kompas, dan lain sebagainya.

4. Meningkatkan rasa percaya diri

4. Meningkatkan rasa percaya diri
Unsplash/Eye for Ebony

Memasang tenda, menyalakan api, memasak makanan adalah kegiatan yang jika berhasil diselesaikan maka dapat membantu anak mama bisa  membangun kepercayaan diri.

Dalam halaman mommyuniversitynj.com, bahkan disebutkan bahwa berkemah sering digunakan untuk membantu anak-anak dan remaja mengembangkan konsep diri.

Karena Mama harus tahu, ketika anak mama percaya diri, mereka lebih mungkin berhasil di masa depan.

5. Lebih berprestasi di sekolah

5. Lebih berprestasi sekolah
sciencenordic.com

Orangtua dan anak-anak di Inggris ditanya serangkaian pertanyaan yang dapat melihat manfaat pendidikan, psikologis, dan sosial dari pengalaman kemping kepada anak-anak dari segala usia.

Penelitian yang dipimpin oleh Sue Waite, Associate Professor di Plymouth Institute of Education menemukan bahwa lebih dari 4 dari 5 orangtua berpikir kemping memiliki efek positif pada pendidikan sekolah anak-anak mereka.

Dalam halaman campingandcaravanningclub.co.uk, Sue Waite mengatakan, “Menariknya, orang tua yang disurvei percaya camping mendukung mata pelajaran kurikulum utama Geografi, Sejarah dan Sains.

Nah, setelah membaca beberapa manfaat di atas, apakah Mama masih ragu untuk ajak anak mama kemping?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;