Mama, Ini 4 Cara Membatasi Penggunaan Smartphone Untuk Anak

Penting lho, agar Si Kecil nggak kecanduan main smartphone

10 Maret 2019

Mama, Ini 4 Cara Membatasi Penggunaan Smartphone Anak
Momsecure.com

Smartphone memiliki berbagai macam fungsi, tapi bila penggunaan smartphone terlalu berlebihan, terutama untuk anak usia sekolah, bisa menurunkan prestasi akademik, mempengaruhi konsentrasi, dan membuat anak menjadi terlalu tergantung pada benda itu.

Orangtua yang memberikan fasilitas smartphone ke anak harus berhati-hati supaya hal-hal negatifnya bisa dihindari.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa diterapkan oleh orangtua untuk mengatasi penggunaan smartphone pada anak tanpa meninggalkan kesan “orangtua yang kuno”.

1. Batasi durasi dan aplikasi

1. Batasi durasi aplikasi
Theonlinemom.com
Anak menggunakan Smartphone

Sangat disarankan untuk tidak memberikan smartphone ke anak, bila usia anak masih 6 atau 8 tahun. Berdasarkan hasil penelitian dan survey, usia 12 tahun atau mendekati 12 tahun adalah usia yang cocok untuk anak memiliki smartphone

Eksposure ponsel pintar untuk anak usia 9-12 tahun bisa dimulai dengan memberikan batasan kapan anak boleh menggunakan smartphone pribadinya. Misalnya, pada Jumat sore sampai Minggu siang jam 12. Tidak boleh menggunakan smartphone saat ujian akhir semester. 

Orangtua juga perlu memantau dan bila perlu memberitahu aplikasi mana yang boleh didownload. Untuk anak yang suka main game aplikasi, kita bisa memberitahu, aplikasi yang free saja dan kita sudah periksa konten sesuai dengan umur anak. 

2. Memberitahu batasan budget pulsa dan kuota internet

2. Memberitahu batasan budget pulsa kuota internet
Huffpost.com
penggunaan smartphone pada anak

Dengan memberikan batasan kuota dan pulsa per bulan, kita dapat melatih anak untuk lebih bertanggung jawab dan berhati-hati dalam menggunakan smartphone.

Orangtua juga bisa menggunakan strategi seperti mematikan Wi-Fi rumah di jam-jam tertentu.

Editors' Picks

3. Mewajibkan anak untuk merawat smartphone dengan baikĀ 

3. Mewajibkan anak merawat smartphone baikĀ 
Metroclick.com
kontrol penggunaan handphone pada anak

Memberitahu anak bila smartphone rusak atau hilang yang disebabkan kelalaian, tidak akan diganti. 

Ini untuk melatih anak mewaspadai dan menjaga barang-barang miliknya. 

4. Gunakan sistem parent control

4. Gunakan sistem parent control
027.net
Orangtua wajib memantau penggunaan smartphone pada anak

Dalam pemilihan provider, sebagai orangtua harus bijak. Kita dapat mencari provider yang menawarkan program internet aman untuk keluarga atau family protection. Layanan ini memberikan kemudahan untuk orangtua dalam mengontrol  aktivitas anak dalam menggunakan internet di smartphone dan tablet mereka. 

Untuk aplikasi, Mama dapat memasangkan aplikasi Screen Time Parental Control yang bisa didapatkan di Android. Aplikasi ini memberikan kemudahan untuk orangtua untuk mengontrol dan membatasi durasi bermain aplikasi dan browsing internet. Aplikasi Screen Time ini berjalan di background, jadi orangtua bisa melihat berapa lama anak mengakses tiap aplikasi yang ada di smartphone atau tablet.

Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga: