5 Jurus Sukses Mengajak ABG Ikut Perayaan Tahun Baru Keluarga

Mager bukan halangan untuk perayaan tahun baru!

28 Desember 2018

5 Jurus Sukses Mengajak ABG Ikut Perayaan Tahun Baru Keluarga
maxpixel.freegreatpicture

Penghujung tahun sudah menanti, namun terkadang si Anak mager untuk perayaan tahun baru. “Males, ah.” Mungkin itu adalah jawaban yang umum mereka ucapkan. Tapi itulah anak mama yang sudah jadi ABG, sering kali mager alias “malas gerak.”

Tenang, Ma. Ada banyak cara melewati masa pergantian tahun, kok.Popmama.comberbagi ide buat Mama agar di malam pergantian tahun si Anak yang mager di rumah tetap merasa senang dan berkesan.

Yuk, kita lihat apa saja!

1. Buat perencanaan dengan Si Anak

1. Buat perencanaan Si Anak
c2.staticflickr

Si Anak yang mager sering kali hanya butuh stimulus untuk melakukan hal yang disukainya. Popmama.com yakin Mama untuk lebih kreatif dan memahami dunia mereka. Setiap orang mudah untuk melakukan hal-hal yang disenanginya.

Provokasi si Anak mengenai kegiatan akhir tahun. Tanyakan apa keinginan mereka lalu buat perencanaan bersama.

Perencanaan meliputi tema, makanan dan minuman, hiburan, hingga tamu yang mereka ingin undang untuk bergabung. Tamu, bisa berarti teman-teman si Anak, saudaranya, atau orang rumah saja. 

Minta si Anak membuat daftar tamu undangan yang mereka ingin undang. Tak lupa minta mereka untuk membuat undangannya. Popmama.com yakin jika anak zaman now sangat kreatif. Jadi malam akhir tahun di rumah, kenapa tidak!

2. Siapkan tema tertentu

2. Siapkan tema tertentu
c1.staticflickr

Bebaskan ide kreatif si Anak untuk menentukan tema malam tahun barunya. Dari kostum, dekorasi, hingga makanan dan minuman yang sesuai tema yang ingin mereka pilih.

Tak lupa untuk ingatkan mereka untuk menghitung anggaran. Dengan ini,sSi Anak dilatih untuk mengalokasikan dana dan membuat skala prioritas.

Ajak Si Anak untuk mendaur-ulang barang-barang yang ada di rumah untuk dijadikan dekorasi sesuai tema malam tahun baru pilihan. Hasil akhirnya pasti akan menjadi kebanggaan si Anak.

Editors' Picks

3. Biarkan si Anak menyiapkan makanan dan minuman

3. Biarkan si Anak menyiapkan makanan minuman
Pixabay

Tema sudah dipilih, dekorasi sedang dibuat. Sekarang giliran makanan dan minuman yang harus disiapkan. Menyiapkan makanan dan minuman juga membutuhkan kreativitas.

Jika sehari-hari Mama selalu menyiapkan makanan sehat untuk si Anak, mungkin untuk malam tahun baru ini bolehlah dirinya sedikit bebas menentukan makanannya. Tetap diskusikan makanan, minuman, dan kudapan yang akan mereka santap. Walaupun cheat tetap memperhatikan asupan gizi.

4. Diskusikan hiburan saat menanti pergantian tahun

4. Diskusikan hiburan saat menanti pergantian tahun
c1.staticflickr

Buat malam tahun baru jadi miliki si Anak, dan tetap dalam pengawasan Mama. Banyak bermacam hiburan yang dapat disiapkan, mulai dari film, musik, board game, atau permainan luar ruangan.

Sekali lagi, biarkan si Anak untuk membuat jenis-jenis hiburan yang mereka inginkan. Tak lupa buat tantangan untuknya jika di malam tahun baru, mereka harus jauh dari gawai (baca: telepon pintar) mereka.

Diskusikan aturan mainnya dengan si Anak, juga konsekuensi jika mereka berhasil atau gagal menjalani tantangan itu. Popmama.com yakin, tantangan ini akan bikin malam tahun baru makin seru.

5. Siapkan kamera

5. Siapkan kamera
Pixnio

Kamera, gawai yang wajib ada. Hanya tantangan zaman now setiap telepon pintar pasti memiliki kamera. Disinilah tantangan agar tidak sibuk dengan telepon pintar semakin tinggi tingkat kesulitannya.

Aturan main menjadi kunci dalam situasi ini.

Setiap momen kebersamaan pasti akan menarik jika dapat ditangkap oleh kamera. Untuk mempermudah tantangan sebelumnya, ada baiknya Mama dan Papa menyiapkan kamera untuk menangkap momen itu dan pastinya bukan kamera dalam telepon pintar.

Selamat tahun baru 2019 dari Popmama.com!