Peduli Lingkungan, Ini Dia Baju Anak dari Botol Plastik Daur Ulang

Jadi mau kumpulin botol-botol bekas kan ya, Ma!

19 Januari 2022

Peduli Lingkungan, Ini Dia Baju Anak dari Botol Plastik Daur Ulang
Freepik

Botol plastik bekas merupakan limbah yang sering kali dikita abaikan. Contohnya setelah minum air mineral,  pada umumnya orang akan langsung membuangnya begitu saja.

Tetapi jika berpikir kreatif, mungkin yang tadinya hanya sebatas sampah bisa disulap menjadi sesuatu yang luar biasa. Seperti koleksi baju anak yang dikeluarkan oleh H&M dan DANONE-AQUA , kolaborasi ini meluncurkan koleksi pakaian dari Bottle2Fashion yang berasal dari sampah botol plastik didaur ulang dengan campaign  #bijakberplastik.

Dengan mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan dan mengubah kembali dengan bahan yang ada,  Mama dan anak mama dapat berkontribusi dalam melindungi lingkungan, lho! Demikian dijelaskan melalui virtual rilis melalui zoom pada Selasa, 18 Januari 2022.

Apakah Mama penasaran dengan baju anak dari botol plastik bekas? Berikut Popmama.com akan memberikan kabarnya.
 

1. Koleksi pakaian anak jadi pilihan

1. Koleksi pakaian anak jadi pilihan
Popmama.com/Mutiara Oktaviana.

Koleksi ini memang ditujukan untuk anak-anak dengan berbahan dasar daur ulang botol plastik. 

"Koleksi pakaian anak-anak berbahan dasar hasil daur ulang botol plastik bekas ini juga merupakan upaya mencapai ambisi H&M untuk 100% menggunakan material daur ulang dan berkelanjutan pada tahun 2030,” ungkap Communications Manager, H&M Indonesia, Karina Soegarda.

Editors' Picks

2. Amankah bahan ini untuk berbagai jenis kulit anak?

2. Amankah bahan ini berbagai jenis kulit anak
Popmama.com/Novy Agrina

Bahan yang memang dibuat untuk pakaian menggunakan botol plastik daur ulang ini Mama tidak perlu khawatir dengan keamanan dan kenyamanan baju tersebut.

Sebab, pembuatannya sudah berdasarkan standar-standar yang relevan dan telah melewati quality check  yang tidak akan bermasalah pada kulit untuk anak. 

Berawal dari plastic flakes, pallets, recycled  menjadi polyster fiber, lalu final recycled menjadi polyster fabric.

Seperti yang dipaparkan oleh Anya Sapphira, selaku Regional Sustainability Manager H&M Group Production Office, H&M Indonesia. 

“Kita 2030 punya goalonly recycle and sustainable material untuk digunakan, artinya goal  itu akan kita capai tanpa mengurangi kualitas dan juga keamanan customer  kita. Jadi Recycle Polyester ataupun polyester apapun bentuk materialnya sudah dipastikan melewati quality check  kita yang artinya tidak bermasalah pada kulit.'' 

3. Tips merawat baju dengan bahan recycle?

3. Tips merawat baju bahan recycle
cleanpedia.com

Mama bisa menemukan cara untuk merawat baju ini melalui cardlabel, di mana contohnya seperti label pakaian yang sering ditemui dengan gambar setengah kotak misalnya lalu dengan level air.

Ini adalah simbol cara penyucian ataupun simbol-simbol lainnya yang berada di sebelah kiri ataupun kanan baju. 

“Coba dilihat di kiri dan di kanan, biasanya setiap brand itu berbeda-beda, ada yang namanya cardlabel, nah di cardlabel  itu ada cara untuk kita bagaimana mencuci baju, merawat baju. Nah, kita bisa lihat saja nanti semua untuk dapat informasinya.” tutur Anya. 

4. Baju Anak yang Terbuat dari Recycle Polyester Berasal dari Plastik

4. Baju Anak Terbuat dari Recycle Polyester Berasal dari Plastik
Pixabay/Maky_Orel

Dikutip dari hadtex.com, bahan polyester merupakan bahan yang dapat di daur ulang. Di mana yang Mama ketahui, sampah plastik sudah menjadi masalah global yang dihadapi saat ini. 

Material poliester daur ulang merupakan salah satu solusi untuk mengatasi pencemaran lingkungan. Bahan polyester daur ulang terbuat dari botol plastik bekas yang dibuat menjadi RPET fiber dan kemudian dipintal menjadi benang. Kain yang terbuat dari poliester daur ulang merupakan bahan yang lembut namun kuat. 

Pabrik mendaur ulang botol plastik dalam jumlah yang cukup besar setiap tahunnya. Oleh karena itu, bahan polyester daur ulang dianggap sebagai bahan yang sustainable. 

“Kami menghadirkan koleksi busana anak-anak menggunakan materi daur ulang bahan plastik tersebut,” jelas Anya Saphirra

Baca Juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk