TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Army Indonesia Galang Dana untuk Kanjuruhan, Terkumpul Rp 447 Juta!

Penggemar BTS di Indonesia berhasil kumpulkan Rp 447 juta untuk bantu korban Kanjuruhan

5 Oktober 2022

Army Indonesia Galang Dana Kanjuruhan, Terkumpul Rp 447 Juta
Twitter.com/bts_bighit

Para penggemar grup Kpop BTS yakni Army Indonesia melakukan penggalangan dana untuk membantu korban tragedi Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur, akhir pekan lalu.

Dana tersebut dikumpulkan melalui proyek hasil inisiasi BTS Army Project Lombok via laman kitabisa.com.

Hingga Selasa (4/10/22) petang, penggalangan dana tersebut pun resmi ditutup karena telah melebihi batas target yang ditentukan.

Berhasil mengumpulkan lebih dari Rp 400 juta, banyak suporter tanah air dibuat bangga akan solidaritas para penggemar Kpop, khususnya Army Indonesia yang telah menyelenggarakan galang dana tersebut untuk membantu sesama.

Berikut Popmama.com rangkumkan informasi selengkapnya terkait penggalangan dana yang dilakukan Army Indonesia untuk bantu korban tragedi Kanjuruhan.

1. Turut membantu saudara tanah air

1. Turut membantu saudara tanah air
Twitter.com/btsarmy_lombok

Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan korban jiwa tentu membawa duka mendalam bagi masyarakat tanah air. Hal ini membuat banyak pihak ingin memberikan bantuan kepada para korban yang terdampak dari peristiwa tersebut.

Salah satunya yang dilakukan oleh para penggemar boy grup Kpop BTS, yakni Army. Melalui laman kitabisa.com, BTS Army Project Lombok selaku penyelenggara menuliskan alasan mereka menggalang dana untuk bantu para korban kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Berikut penjelasan yang disertakan dalam laman penggalangan dana yang dilakukan:

“Hai ARMY! Hai #OrangBaik

Dunia sepak bola tengah berduka. Sebelumnya kami mengucapkan duka cita mendalam atas 182 korban meninggal dunia di Stadion Kanjuruhan. Korban meninggal dunia di pertandingan Arema versus Persebaya pada Sabtu 1 Oktober 2022 tersebut tak sekadar angka, di dalamnya ada keluarga yang kehilangan pasangan dan buah hatinya.

Sebagai bentuk empati dan solidaritas antar keluarga setanah air, satu Bangsa Indonesia, kami ingin mengajak seluruh ARMY di Indonesia dan juga seluruh masyarakat untuk membantu dan mengirim do'a sebanyak-banyaknya bagi para korban.

Bantuan dari ARMY dan #OrangBaik akan kami salurkan untuk santunan bagi keluarga korban terdampak, sebagai modal usaha bagi keluarga yang kehilangan sosok tulang punggung keluarga dan santunan pendidikan bagi anak-anak yang ditinggalkannya. Nantinya dana hasil donasi akan disalurkan langsung oleh tim ARMY Malang."

2. Melebihi target hanya dalam waktu 1 hari

2. Melebihi target ha dalam waktu 1 hari
Kitabisa.com

BTS Army Project Lombok melalui laman kitabisa.com membuat target penggalangan dana sebesar Rp 400 juta.

Di mana nantinya dana tersebut akan disalurkan langsung oleh tim Army yang berada Malang, Jawa Timur.

Kampanye penggalangan dana ini pertama kali dibuat oleh fanbase Army pada Senin (3/10/22), atau dua hari setelah peristiwa kerusuhan di Kanjuruhan yang menelan banyak korban.

"Kami mengajak Army di seluruh Indonesia sebagai bentuk empati dan solidaritas antar keluarga setanah air, satu Bangsa Indonesia untuk ikut berkontribusi untuk membantu para korban dari tragedi ini dengan ikut berdonasi melalui KITABISA #PrayForKanjuruhan," tulis akun BTS Army Project Lombok melalui Twitter pada Senin (3/10/22).

Solidaritas para penggemar BTS di tanah air pun begitu terasa ketika penggalangan dana tersebut berhasil melampaui target awal hanya dalam waktu 1 hari saja. Terhitung pada Selasa (4/10/22) petang, kampanye pun telah resmi ditutup.

Banyak suporter dan masyarakat tanah air dibuat bangga dengan solidaritas para Army Indonesia. Pasalnya, kampanye tersebut berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp 447.545.567 untuk membantu seluruh korban Kanjuruhan.

3. Bantuan lain selain donasi

3. Bantuan lain selain donasi
Twitter.com/BTS_AHC_IDN

Tak henti sampai di situ, para penggemar BTS yang tergabung dalam fanbase Army juga melakukan bantuan lainnya berupa bantuan hukum dan pendampingan psikologis bagi para korban Kanjuruhan yang membutuhkan.

Melalui Twitter BTS_ArmyHelpCenter Indonesia (@BTS_AHC_IDN), fanbase tersebut juga turut membantu memberikan layanan pendampingan/curhat melalui DM Twitter oleh relawan profesional.

"Melihat tragedi yang terjadi, kami juga ingin memberitahu bahwa ada beberapa layanan pendampingan psikologis oleh profesional yang bisa dihubungi," tulis @BTS_AHC_IDN pada Senin (4/10/22).

Lalu, fanbase lainnya melalui Light Army Malang (@lightarmymalang) juga turut memberikan bantuan berupa bantuan hukum bagi para korban Kanjuruhan. 

"Halo Army, untuk teman-teman yg jadi Korban Tragedi Kanjuruhan yang butuh bantuan hukum, kita open bantuan hukum dan dibantu peradi a/n Army Indonesia. Untuk para korban yg butuh bantuan hukum bisa kontak kita Minta tolong retweet min #PrayForKanjuruhan #infomalang," tulis @lightarmymalang di hari yang sama.

Itulah informasi terkait penggalangan dana dan bantuan yang diberikan Army Indonesia untuk korban tragedi Kanjuruhan. Meski memiliki perbedaan hobi, namun para penggemar boy grup BTS ini tetap bergandeng tangan untuk saling membantu saudara tanah air yang membutuhkan. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk