Jadwal PPDB SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 di Tangerang

Segera dimulai, simak jadwal PPDB SMP untuk domisili Tangerang berikut ini

12 Juni 2020

Jadwal PPDB SMP Tahun Pelajaran 2020/2021 Tangerang
choice.com

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menetapkan Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019. Di dalamnya membahas tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020 untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, dan SMK. 

Mengikuti peraturan PPDB 2020 yang telah resmi ditandatangani langsung oleh Mendikbud Nadiem Makarim pada 10 Desember 2020 lalu, pemerintah kota Tangerang pun telah mempersiapkan jadwal penerimaan siswa didik baru yang berdomisili di Tangerang dan sekitarnya.

Dalam Pemendikbud yang telah ditetapkan, terdapat empat jalur pendaftaran yang bisa didaftarkan, antara lain jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orangtua/wali, dan jalur prestasi. 

Berikut ini Popmama.com telah merangkum Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun pelajaran 2020/2021 bagi anak Mama yang tinggal di Tangerang.

1. Persyaratan penerimaan peserta didik SMP

1. Persyaratan penerimaan peserta didik SMP
Pixabay/stocksnap

Sebelum mendaftarkan anak pada sekolah pilihannya, perhatikan persyaratan berikut ini ya, Ma:

  1. Nilai rata-rata raport.
  2. Memiliki ijazah SD/sederajat atau dokumen alin yang menjelaskan telah menyelesaikan kelas 6 SD/sederajat.
  3. Bagi lulusan sekolah di luar negeri, wajib mendapatkan surat keterangan dari Direktur Jendral yang menangani pendidikan dasar.
  4. Usia dan nilai raport tidak berlaku bagi calon peserta didik dengan kebutuhan khusus.

Editors' Picks

2. Tata cara pendaftaran peserta didik SMP

2. Tata cara pendaftaran peserta didik SMP
Freepik/bristekjegor

Untuk jenjang menengah pertama, tiga jalur yaitu zonasi, afirmasi, dan prestasi akan dilakukan secara online dengan mengakses ppdbmandiri.tangerangkota.go.id atau melalui aplikasi yang tersedia di android yaitu TANGERANG LIVE.

Sementara untuk jalur perpindahan tugas orangtua, bisa dilakukan secara online atau pun manual dengan mengunjungi langsung sekolah yang telah dipilih.

3. Jadwal pendaftaran peserta didik SMP

3. Jadwal pendaftaran peserta didik SMP
Unsplash/Estée Janssens

Dari keempat jalur yang sudah ditetapkan, berikut jadwal masing-masing pendaftaran yang bisa Mama catat agar tidak terlewat:

Jalur zonasi akan dimulai pada 26 - 28 Juni 2020 secara online. Kemudian dilanjutkan jalur afirmasi dan jalur perpindahan tugas orangtua pada 2 Juli 2020 yang dilakukan secara online dan manual dengan langsung ke sekolah tujuan. 

Sementara itu untuk jalur prestasi akan dimulai pada 6 - 7 juli 2020 secara online dan manual.

Terdapat tiga jalur prestasi yang bisa didaftarkan, yaitu prestasi yang dilombakan, prestasi nilai dalam kota, dan prestasi nilai luar kota. Untuk prestasi nilai dalam kota, terdapat dua gelombang pendaftaran yang ditambah pada tanggal 10 Juli 2020.

4. Jadwal pengumuman peserta didik SMP

4. Jadwal pengumuman peserta didik SMP
Pexels/Julia M Cameron

Sementara jadwal pengumuman semua jalur akan diumumkan secara online, namun untuk jalur perpindahan tugas orangtua dilakukan manual di sekolah-sekolah yang telah dituju.

Jadwal pengumumnnya sebagai berikut: jalur zonasi akan diumumkan pada 29 Juni 2020, jalur afirmasi dan perpindahan tugas orangtua pada 3 Juli 2020, sementara jalur prestasi akan diumumkan serentak pada 8 Juli 2020.

Sementara untuk gelombang kedua jalur prestasi nilai dalam kota akan diumumkan pada 10 Juli 2020.

5. Jadwal daftar ulang peserta didik SMP

5. Jadwal daftar ulang peserta didik SMP
Freepik/Pressfoto

Setelah proses pendaftaran dan pengumuman telah diikuti, langkah selanjutnya yang bisa Mama lakukan adalah mendaftarkan ulang anak pada sekolah yang sudah dinyatakan lulus seleksi. 

Semua pendaftaran ulang akan dilakukan secara online, mengingat masih diberlakukannya perbatasan jarak sosial oleh pemerintah. Meski dilakukan online, catat tanggalnya ya, Ma!

Jika anak terpilih pada jalur zonasi, Mama bisa mendaftarkan ulang pada tanggal 30 Juni - 1 Juli 2020. Untuk jalur afirmasi dan perpindahan tugas orangtua akan dilakukan pada 4 Juli 2020. Sementara untuk jalur prestasi, Mama bisa mendaftarkan ulang pada tanggal 9 Juli 2020. Serta jalur prestasi nilai dalam kota gelombang kedua bisa melakukan daftar ulang pada 11 Juli 2020.

Walaupun masih dalam situasi pandemi Covid-19, sistem pendidikan akan terus dilakukan secara online dari rumah masing-masing, begitu pun dengan pendaftaran peserta didik baru.

Itulah jadwal PPDB SMP di Tangerang untuk tahun pembelajaran baru 2020/2021. Tetap semangat dan terus berikan dukungan pada anak yang akan memulai jenjang pendidikan barunya ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.