Persiapan Sekolah Tatap Muka di Jepara, 15 Siswa Positif Covid-19

Dari hasil tes swab, ditemui 15 siswa positif virus Covid-19

4 Desember 2020

Persiapan Sekolah Tatap Muka Jepara, 15 Siswa Positif Covid-19
Vietnamtimes.org
Ilustrasi

Setelah mendapat persetujuan untuk membuka kembali sekolah tatap muka pada Januari 2021, sejumlah daerah mulai melakukan persiapan guna menyiapkan keamanan dan keselamatan di tengah pandemi.

Seperti yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Jepara, mereka juga telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut pelaksaan sekolah tatap muka pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 mendatang.

Dari adanya persiapan yang ada, salah satunya dilakukan tes usap tenggorokan atau swab kepada seluruh siswa, guru, serta pekerja disejumlah sekolah yang nantinya akan dibuka kembali. 

Berikut Popmama.com mengulas hal mengenai hasil tes swab yang didapat dari siswa, guru, serta pekerja disejumlah sekolah saat melakukan persiapan sekolah tatap muka. Ada yang positif terpapar virus Covid-19!

Editors' Picks

1. Satgas Covid-19 setempat melakukan tes swab kepada 150 siswa

1. Satgas Covid-19 setempat melakukan tes swab kepada 150 siswa
Unsplash/United Nations COVID-19 Response

Dari hasil pelaksanaan persiapan tersebut hasil yang ditemukan cukup mengejutkan.

Muh Ali, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Jepara menyebutkan bahwa setidaknya dari 150 siswa yang dites swab di salah satu SMP swasta di Jepara, ditemukan 15 siswa yang hasilnya positif terkena virus corona.

Dilansir dari Antara, Muh Ali menjelaskan, "Tes usap tenggorokan terhadap 150 siswa SMP swasta di Kabupaten Jepara itu juga sebagai tindak lanjut dari penelusuran kontak erat terhadap pasien virus corona."

2. Siswa positif Covid-19 diminta isolasi mandiri

2. Siswa positif Covid-19 diminta isolasi mandiri
Unsplash/Sharon McCutcheon

Pelaksanaan tes swab untuk menyambut persiapan sekolah tatap muka ini dilakukan di SMP swasta tersebut mulai Jumat (27/11/2020) hingga Sabtu (28/11/2020). Dari 15 siswa yang dinyatakan positif diminta untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Lebih lanjut, Muh Ali menambahkan, "Karena memang tidak disertai gejala maka kami minta isolasi di rumah. Upaya ini agar ada pihak keluarga yang akan mengawasi serta memenuhi kebutuhannya."

Adanya penyambutan kembali sekolah tatap muka yang dimulai pada awal 2021, Pemkab Jepara akan terus melakukan tes swab di sejumlah sekolah. Hingga saat ini, pihaknya sudah menyasar sekitar 10 sekolah yang ada di Jepara.

3. Objek wisata Karimunjawa nihil kasus Covid-19

3. Objek wisata Karimunjawa nihil kasus Covid-19
Tnkarimunjawa.id

Menindaklanjuti para siswa yang terpapar Covid-19 di Jepara, hingga kini jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 di Jepara mencapai 2.802 orang.

Dilansir dari laman https://corona.jepara.go.id/ per Kamis (3/12/2020), dari jumlah tersebut yang masih dirawat sebanyak 501 orang, sembuh 2.098 orang dan meninggal 2013 orang.

Dari setidaknya 16 kecamatan di Kabupaten Jepara yang terkonfirmasi positif Covid-19, hingga saat ini objek wisata Karimunjawa masih nihil kasus Covid-19 meski objek wisata tersebut telah dibuka sejak 16 Oktober 2020.

Itulah sejumlah informasi mengenai persiapan sekolah tatap muka yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Jepara. Jika Mama sudah mengizinkan anak mama mengikuti pembelajaran tatap muka pada 2021 mendatang, lakukan persiapan sesuai arahan yang ada ya, Ma.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.