TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

35 Kata-Kata Sedih Anak untuk Orangtua yang Menyentuh Hati

Kumpulan kata-kata sedih anak untuk orangtua yang bisa menyentuh hati

7 Juli 2022

35 Kata-Kata Sedih Anak Orangtua Menyentuh Hati
Pexels/Andrea Piacquadio

Pada dasarnya, setiap orangtua memang harus dihormati dan setiap anak harus berbakti kepada orangtuanya. Namun, kerap kali anak merasa dirinya tak dihargai dan berakhir kecewa karena perilaku orangtua yang terkesan semaunya kepada anak.

Bukan berarti anak menjadi pribadi yang membangkang, namun kita sebagai orangtua juga perlu melihat dari sudut pandang anak. Sebab mereka tak selamanya menjadi anak kecil yang selamanya masih terus diberi aturan ketat, anak pun memiliki kehidupan sendiri, Ma, Pa.

Meski Mama dan Papa selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anak, namun tak jarang keputusan yang dibuat justru membuat anak kecewa dan sedih. Untuk meluapkan rasa tersebut, biasanya anak akan meluapkannya lewat kata-kata yang mewakili perasaan mereka.

Apa saja itu? Berikut Popmama.com rangkumkan 35 kata-kata sedih anak untuk orangtua. Menyentuh hati dan bisa jadi bentuk untuk introspeksi diri.

Kata-kata sedih anak saat kecewa dengan orangtua

Kata-kata sedih anak saat kecewa orangtua
Freepik/cookie_studio
Ilustrasi

Berikut beberapa kumpulan kata-kata sedih anak untuk orangtua saat mereka merasa kecewa atas apa yang dilakukan Mama dan Papanya, antara lain:

"Terkadang ucapan orangtua lah yang mematahkan semangat anaknya sendiri."

"Seorang anak terkadang akan berpura-pura bahagia dan menerima apa pun agar orangtua yang dia sayang tau bahwa dirinya baik-baik saja."

"Hujan mungkin tak pernah tau untuk apa ia jatuh, tetapi air mata selalu tau untuk siapa ia jatuh."

"Kebanyakan orang beranggapan bahwa orang yang susah dijauhi adalah anggota keluarga. Tetapi sebagian dari anggota keluarga justru yang paling ingin kita jauhi."

"Pengkhianatan dari keluarga itu adalah luka yang paling dalam."

Kata-kata sedih anak saat kecewa dengan orangtua II

Kata-kata sedih anak saat kecewa orangtua II
Pexels/Maria Verkhoturtseva

Masih dengan ungkapan kecewa anak kepada orangtuanya, berikut beberapa kata-kata sedih lainnya yang diucapkan anak saat kecewa dengan orangtuanya, antara lain:

"Hanya karena aku melakukan kesalahan kecil, bukan berarti sebagai orangtua terus tak henti memarahi setiap tingkah laku ini."

"Meminta maaf kepada anak tak membuat wibawa orangtua menghilang, justru membuat kasih dan sayang terhadap anak dengan orangtua semakin meningkat."

"Bagaimana ingin terus melakukan bonding, kalau setiap tingkah laku ku saja tak pernah ada yang benar di mata Mama dan Papa."

"Sebanyak apapun aku meminta maaf, akan tetap hasilnya dan tidak mengubah perspektif salah yang ku perbuat di mata orangtua."

"Saat anak melakukan kesalahan sama berulang, pernahkah orangtua berpikir bahwa mereka mungkin butuh perhatian, bukan sekadar cacian."

Editors' Picks

Kata-kata sedih anak broken home

Kata-kata sedih anak broken home
Freepik/prostooleh

Tak semua anak beruntung bisa memiliki keluarga utuh yang harmonis. Nyatanya, banyak anak yang justru merasa sedih ketika keluarganya harus terpisahkan. Saat seperti ini, istilah anak yang broken home pun kerap dilabeli pada mereka. Berikut beberapa kata sedih anak yang merasa hancur saat di rumah, antara lain:

"Keluarga bahagia itu pilihan. Kebahagiaan keluarga bukan terletak pada apa yang dicapai, melainkan sikap hati terhadap apa yang dicapai."

"Omong kosong dan kepalsuan dari orang-orang di sekitarku menjadi alasan utama mengapa aku lebih suka menyendiri."

"Kekecewaan yang datang memberikan pelajaran kepadaku untuk bisa melihat sisi lain yang lebih baik dari dunia, sehingga tidak perlu terlarut dalam kekecewaan yang semakin mendalam dan harus kembali bangkit.”

"Aku akan meresapi semua makna di balik kenangan pahit yang mereka berikan, kemudian akan kujadikan pelajaran untuk menuju masa depan yang lebih baik."

"Kebanyakan orang mungkin akan lupa bahwa hubungan dapat bertahan lama karena senantiasa dilandasi rasa perhatian, tanggung jawab, dan saling melengkapi."

Kata-kata sedih anak saat marah dengan orangtua

Kata-kata sedih anak saat marah orangtua
Freepik/jcomp

Kebanyakan orangtua mungkin akan meluapkan emosi mereka dengan memarahi anaknya. Alhasil, anak pun menjadi korban kekecewaan dan kesedihan dari sikap orangtuanya. Meski kerap kali ingin meluapkan rasa marah pada Mama atau Papanya, namun hal ini justru dipendam anak dan menjadi kesedihan tersendiri.

Berikut beberapa kata-kata sedih anak saat marah dengan orangtuanya, antara lain:

"Orangtua juga manusia yang tidak bisa sewenang-wenang terhadap anaknya. Sikap ini yang nantinya bisa mereka wariskan kepada kami secara tidak langsung."

"Orangtua tidak akan memberikan kata-kata sedih kepada anaknya, melainkan kalimat motivasi untuk menyemangati perjuangan sang anak."

"Bagaimana bisa anak dipercaya, jika orangtua saja selalu menyalahkan anak dan tidak pernah introspeksi dirinya sendiri."

"Banyak orang mengatakan bahwa Papa adalah cinta pertama anak perempuannya yang tak akan mengkhianati apalagi menyakiti anaknya. Bukan begitu seharusnya?"

"Aku sudah pernah merasakan kepahitan di masa kecilnya, dan yang paling pahit adalah berharap kepada manusia dewasa."

Kata-kata sedih anak yang merindukan orangtua

Kata-kata sedih anak merindukan orangtua
Pixabay/RachelBostwick

Tak selalu marah dan kecewa, anak yang sedih juga bisa jadi karena mereka merindukan sosok Mama atau Papanya. Bagi mereka yang tak bisa meluapkan secara vokal, biasanya kata-kata akan menjadi hal yang bisa mewakili perasaannya. Berikut beberapa kata-kata sedih saat anak merindukan orangtua, antara lain:

"Saat teringat tentang Mama atau Papa, aku coba untuk tetap bersabar dan menerima kenyataan. Aku harus kuat menghadapi semuanya."

"Benar yang dikatakan banyak orang, semua akan terasa menyakitkan jika orangtua yang selama ini ada kini sudah tak lagi bersama."

"Ketika seseorang yang kita cintai kini sudah menjadi kenangan, maka kenangan itu menjadi harta karun."

"Tidak ada kata selamat tinggal untuk kita, dan tidak ada pula kata mantan orangtua. Dimanapun kini mereka berada, Mama dan Papa akan selalu ada di hatiku."

"Seberat apa pun rasa kecewa anak kepada orangtua, akan ku ingat selalu bahwa mereka adalah bagian dalam hidupku, dan aku tidak akan menukar momen di mana aku dilahirkan sebagai anaknya dengan apa pun."

Kata-kata sedih anak untuk mengungkapkan terima kasih

Kata-kata sedih anak mengungkapkan terima kasih
Freepik/prostooleh

Selanjutnya ungkapan rasa terima kasih anak untuk orangtuanya. Apa pun perbuatan orangtua yang pernah membuat anak merasa kecewa dan sedih, namun orangtua tetaplah orang yang selalu dicinta dan dihormati sepanjang hidup anak. Berikut kata-kata sedih anak untuk berterima kasih pada Mama dan Papanya, antara lain:

"Terima kasih untuk semua peringatan atau omelan yang selama ini Mama atau Papa berikan kepadaku, kini aku bisa mengerti mana yang baik dan mana yang buruk untuk ku jalani."

"Seberapa besarnya rasa kecewa ku atas semua perilaku orangtua ku, mereka tetaplah pahlawan yang berjasa dalam hidupku."

"Aku bersyukur dan sangat berterima kasih kepada Mama dan Papa yang masih berada di sampingku, ketika banyak orang terus pergi meninggalkanku."

"Aku bersyukur memiliki Papa yang selalu jadi orang pertama ketika orang lain menyakitiku."

"Terima kasih Mama atas semua waktu yang diluangkan untuk mengurus dan membesarkanku. Ku berjanji akan membalasnya dengan kesuksesan yang membuatmu bangga.""

Kata-kata sedih anak saat merantau dari orangtua

Kata-kata sedih anak saat merantau dari orangtua
Pexels/RODNAE Productions

Semakin bertambahnya usia anak, mereka akan terus mengembangkan kemampuan diri untuk memberikan rasa bangga kepada orangtuanya.

Salah satunya dengan menempuh pendidikan dan karier yang tempatnya jauh dari jangkauan orangtua mereka. Nah, berikut kata-kata sedih untuk anak rantau yang sedang meraih mimpi:

"Mama dan Papa, meskipun kita berjauhan, aku berjanji sekuat tenaga untuk membahagiakan dan membanggakan kalian. Terima kasih atas setiap doa di setiap sujudmu yang selalu menyertai setiap langkah perjuanganku."

"Dalam setiap langkah kakiku berpijak, aku tau ada harapan besar yang orangtua tanamkan kepada ku. Oleh karena ini, aku tak boleh gagal dan mengecewakan mereka."

"Aku mungkin memang sedang jauh dari orangtua dan keluarga, namun doa dan dukungan yang mereka berikan akan selalu membuatku dekat dan tetap bersemangat."

"Kesendirian anak rantau memang sangat menyiksa. Namun apa yang kami rasakan tak akan bisa terungkapan kepada orangtua. Waktu kumpul bersama keluarga adalah waktu bahagia yang sangat ku nanti."

"Dalam ratusan kilometer membentang jauh, selalu ku titipkan rindu pada embusan angin, dan selalu ku bincangkan di sela doa untuk selalu menjaga orangtua ku saat berada jauh dariku."

Demikianlah beberapa kata-kata sedih anak untuk orangtua dalam meluapkan perasaannya. Menyentuh hati, kata-kata ini mungkin bisa menjadi gambaran bagaimana perasaan anak yang tak bisa diungkapkan langsung pada orangtuanya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk