5 Kegiatan Mindfulness yang Bisa Dilakukan Bersama Keluarga

Jangan lupa ikutsertakan anak-anak ya, Ma

2 Maret 2021

5 Kegiatan Mindfulness Bisa Dilakukan Bersama Keluarga
Freepik/Racool-studio

Sesuai dengan namanya, mindfulness umumnya dilakukan ketika seseorang melakukan teknik meditasi. Namun, tak hanya saat meditasi saja, kegiatan ini juga bisa dilakukan dalam kegiatan sehari-hari, Ma.

Menurut mindfulmindfulness merupakan kemampuan dasar manusia untuk benar-benar berada dan merasakan kondisi saat ini, seperti di mana dia berada, apa yang dilakukan, serta tidak reaktif berlebihan pada apa yang terjadi di sekelilingnya.

Bersama dengan anak-anak di rumah, Mama dan Papa bisa melakukan kegiatan mindfulness untuk merasakan berbagai manfaat yang baik untuk tubuh.

Berikut Popmama.com telah merangkum 5 kegiatan mindfulness yang bisa Mama dan Papa lakukan di rumah bersama anak-anak. Dicoba yuk!

1. Saat memasak dan makan bersama

1. Saat memasak makan bersama
Freepik/Karlyukav

Ketika memasak dan mempersiapkan makanan bersama anak, Mama juga bisa melakukan kegiatan meditasi dengan melakukannya secara tenang dan santai.

Dengan mengikuti napas yang teratur, maka Mama dan anak akan lebih konsentrasi dalam membuat makanan yang akan disiapkan untuk makan keluarga. Konsentrasi ini yang nantinya akan membawa Mama dan anak untuk memasak makanan sehat dengan konsentrasi yang penuh.

Selain memasak dengan santai dan tenang, makan pun harus dilakukan demikian, Ma. Ajak anak untuk menikmati makananya secara perlahan, kemudian bernapas dengan dalam untuk memberikan ketenangan selama makan.

Editors' Picks

2. Berjalan sambil mendengarkan suara sekitar

2. Berjalan sambil mendengarkan suara sekitar
Pexels/Gustavo Fring

Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, Mama dan Papa bisa mengajak anak-anak untuk berjalan bersama sambil mendengarkan suara-suara yang biasanya diabaikan seperti dedaunan bergemerisik, pohon cemara jatuh dari pohon, napas sendiri yang teratur.

Dengan berjalan santai sambil mendengarkan alam atau suara lain yang ada disekitar, ini akan membuat pikiran Mama dan anak menjadi lebih tenang. Sudah pernah mencobanya, Ma?

3. Masuk ke dalam tubuh

3. Masuk ke dalam tubuh
Freepik/senifpetro

Lakukan cara ini dengan mengajak anak mama untuk duduk atau berbaring bersama. Mulailah dengan jari-jari kaki secara perlahan atau cukup keras untuk membawa kesadaran ke satu bagian tubuh sejenak hingga berhasil mencapai puncak kepala.

Cara ini dilakukan secara bergiliran antara Mama dan anak. Misalnya Anak mulai melalui sisi perutnya sambil berkata, "aku fokus pada perutku yang mulai terasa keroncongan." Kemudian Mama melanjutkan melakukan hal yang sama seperti anak mama. 

Lanjutkan minimal satu putaran secara berkala sepanjang hari. Kegiatan mindfulness satu ini juga bermanfaat untuk anak-anak karena bisa menjadi pelajaran anatomi, Ma.

4. Menikmati keheningan

4. Menikmati keheningan
Freepik/Pressfoto

Saat melakukan suatu pekerjaan rumah, baik menyelesaikan tugas sekolah atau menyelesaikan pekerjaan rumah tangga cobalah untuk tidak berbicara dan tenang dalam melakukannya.

Atau saat akhir pekan, Mama bisa memberikan anak notes kecil yang digunakan untuk komunikasi lain dengan menulis apa yang sedang mereka pikirkan untuk kemudian diberitahukan kepada Mama dan Papa.

Cara ini juga mampu memberikan ketenangan dalam pikiran, karena saat dalam kesunyian pikiran Mama dan anak kemudian akan bergegas untuk mengisi keheningan tersebut.

5. Memanfaatkan gadget untuk mindfulness 

5. Memanfaatkan gadget mindfulness 
Pexels/Julia M Cameron

Tak hanya untuk bermain video game atau menonton kartun kesukaan anak yang justru kebalikan dari mindfulness , Mama bisa mengajak anak memanfaatkan gadget mereka untuk mengunjungi aplikasi sepert Stop, Breathe & Think Kids yang berfokus pada aktivitas kesadaran untuk anak-anak.

Melalui aplikasi ini, anak akan diperiksa emosinya melalui emoji, dan juga memiliki serangkaian "misi penuh perhatian" yang meningkatkan fokus sekaligus menenangkan pikiran.

Melalui kegiatan ini, anak juga akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, mampu mengurangi rasa stres akibat pekerjaan sekolah, serta mengelola kegembiraan berlebihan. Anak akan mendapat hadiah setiap kali menyelesaikan misi pada aplikasi tersebut, sehingga membuat mereka merasa lebih baik setelah menggunakannya.

Itu dia 5 kegiatan mindfulness yang bisa dilakukan sehari-hari bersama anak di rumah. Selamat mencoba di rumah bersama keluarga di rumah ya, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.