Pantau Yuk! Ini 8 Kesalahan Anak yang Bikin iPhone Cepat Rusak

Para Mama pengguna iPhone wajib baca nih!

15 Mei 2020

Pantau Yuk Ini 8 Kesalahan Anak Bikin iPhone Cepat Rusak
Freepik

Sudah bukan rahasia lagi jika kemampuan ponsel akan menurun seiring berjalannya waktu. Semua akan mengalaminya, termasuk iPhone yang menjadi ponsel kelas atas besutan Apple.

Dari semua permasalahan kemampuan ponsel yang sering menurun, biasanya baterai menjadi bagian yang paling sering mengalami penurunan.

Baterai merupakan perangkat vital yang menyuplai daya ke seluruh bagian ponsel. Jika mulai soak, tentu kerusakan bisa menjalar ke bagian lain.

Terlebih ketika iPhone yang Mama miliki harus berbagi dengan anak, biasanya iPhone akan menjadi lebih lambat karena anak masih belum bisa merawat ponsel dengan baik. Ini juga termasuk jika Mama memberikan anak smartphone model ini. 

Masalah bisa saja terjadi lho karena mereka belum cermat menjaga barang elektronik semacam ini.

Untuk itu agar tetap awet, hindari 8 kesalahan yang bisa merusak iPhone berikut ini Ma!

1. Menggunakan hingga baterai terkuras habis

1. Menggunakan hingga baterai terkuras habis
stuff.tv

Baterai iPhone menggunakan jenis lithium ion. Baterai jenis ini akan mengalami kerusakan bila tak terisi listrik sama sekali.

Anak biasanya akan keasikan bermain sampai lupa waktu yang membuatnya tak sadar jika iPhone yang digunakan sudah habisa baterai. 

Mama perlu memerhatikan anak jika baterai iPhone yang digunakannya sudah berada di bawah 10 persen untuk segera diisi daya baterainya.

2. Membiarkan charger tetap terpasang meskipun indikator baterai sudah 100%

2. Membiarkan charger tetap terpasang meskipun indikator baterai sudah 100%
easydeal.pk

Kebanyakan orang mengira bahwa baterai harus diisi sampai 100 persen. Padahal, baterai yang diisi sampai 100 persen cenderung lebih mudah rusak dalam jangka panjang.

Jadi tak masalah jika Mama mencabut pengisian daya meski belum sampai 100 persen, malah hal ini lebih baik lho, Ma!

3. Menggunakan iPhone ketika sedang di-charge

3. Menggunakan iPhone ketika sedang di-charge
Freepik

Apakah Mama mengetahui bahwa panas tubuh kita bisa mengalir ke iPhone saat tangan kita menggenggamnya?

Penyebabnya adalah casing iPhone yang menggunakan bahan aluminium dan bukannya plastik seperti gadget biasa.

Jika anak terbiasa menggunakan iPhone ketika sedang proses pengisian daya, ini bisa membuat aliran panas pada tubuh menghambat proses pengisian daya baterai.

Jadi ingatkan pada anak untuk tidak menggunakannya saat proses pengisian daya belum selesai.

Editors' Picks

4. Tidak menggunakan kepala charger yang asli

4. Tidak menggunakan kepala charger asli
Freepik/Escapejaja

Masing-masing pabrikan gadget telah menyusun produknya dengan spesifikasi tersendiri. Lebih baik kita menggunakan perangkat dan aksesoris asli yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan iPhone agar lebih awet.

Jika Mama terbiasa menggunakan aksesoris atau perangkat charger yang berbeda, ini akan berisiko merusaka baterai. Tak jarang bisa menyebabkan ledakan pada iPhone. Jadi, lebih baik tetap menggunakan perangkat charger yang asli ya, Ma.

5. Membiarkan iPhone memasuki kondisi “deep discharge”

5. Membiarkan iPhone memasuki kondisi “deep discharge”
zdnet.com

Mama juga harus menghindari anak untuk membiarkan iPhone mati terlalu lama, sebab kondisi yang sering disebut “deep discharge” ini adalah kondisi dimana baterai tidak dapat menampung listrik sesuai kapasitas awal.

Tentunya ini membuat Mama rugi karena masa pakai iPhone saat baterai penuh menjadi lebih singkat dari kondisi semula.

6. Membiarkan iPhone pada suhu panas atau dingin

6. Membiarkan iPhone suhu panas atau dingin
techxoid.com

Tak hanya iPhone, semua gadget akan mengalami perubahan ketika berada di tempat dengan suhu panas atau dingin. Perlu Mama ketahui, suhu yang terlalu panas atau dingin adalah musuh dari semua benda elektronik. Suhu normal agar iPhone Mama dapat bekerja lancar berada di rentang 32 – 80 derajat Celcius.

Anak sering lupa waktu jika sudah bermain dengan gadget, jika Mama membiarkan anak menggunakan iPhone-nya dalamw aktu lama, biasanya ini akan menimbulkan panas pada iPhone. Jadi, pastikan anak tidak membuat iPhone menjadi terlalu panas saat bermain ya, Ma. 

7. Tidak mematikan fungsi yang tak terpakai saat proses charging

7. Tidak mematikan fungsi tak terpakai saat proses charging
techspot.com

Saat proses pengisian daya, biasanya anak membiarkan fungsi pada ponselnya terus terjaga. Contohnya layar yang terlalu terang, GPS, dan lain sebagainya. Mama perlu memerhatikan saat iPhone-nya sedang proses pengisian daya, sebaiknya matikan fungsi-fungsi yang tak terpakai. Tujuannya agar arus listrik yang masuk ke baterai dapat lebih optimal.

8. Membiarkan fungsi auto-update selalu nyala

8. Membiarkan fungsi auto-update selalu nyala
imore.com

Auto-update membuat iPhone kamu selalu terkoneksi dengan internet sehingga memboroskan baterai. Meskipun update perangkat lunak itu penting, tapi ketahanan baterai jauh lebih penting.

Pastikan fitur auto-update pada iPhone yang akan dimainkan anak sudah mati ya, Ma. Sebab anak akan tak sadar jika ponsel yang digunakan sedang proses update dan membuat daya baterai menurun.

Sekarang Mama sudah tahu, kan? Jangan lupa untuk selalu memerhatikan anak ketika sedang menggunakan iPhone-nya ya, Ma.

Itulah 8 kesalahan yang merusak iPhone yang mungkin anak mama lakukan. Hindari hal ini agar kondisi iPhone tidak cepat menurun dan tetap awet.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.