5 Konten YouTube NCT yang Jadi Alternatif Anak Belajar Bahasa

Nggak selalu dari buku, yuk belajar bahasa dengan cara lebih menyenangkan

23 Mei 2022

5 Konten YouTube NCT Jadi Alternatif Anak Belajar Bahasa
Twitter.com/NCTsmtown

Bagi anak remaja mama yang mengidolakan budaya Korea Selatan, nama grup ternama NCT tentu sudah tak asing bagi mereka. Grup yang beranggotakan 23 orang ini menjadi salah satu boy group Kpop yang berasal dari berbagai negara. Mulai dari Korea Selatan, China, Hong Kong, Jepang, Thailand, Makau, Kanada, dan Chicago.

Memiliki banyak anggota dengan berbagai bahasa berbeda membuat mereka kerap kali dijadikan idola para remaja untuk belajar bahasa asing. Salah satu ide kreatif dan unik yang mereka perlihatkan adalah menjadikan ajang belajar bahasa sebagai konten di YouTube resmi NCT.

Selain memberikan hiburan tersendiri bagi para penggemar, beberapa konten yang disajikan pun bisa anak mama manfaatkan untuk belajar bahasa dengan cara yang lebih seru dan menyenangkan.

Tertarik mencobanya? Berikut Popmama.com rangkumkan 5 konten di YouTube NCT yang bisa jadi alternatif belajar bahasa untuk anak di rumah. Yuk, simak sampai akhir!

1. Indonesian School (Sekolah Bahasa Indonesia)

Meski lahir dan besar di Indonesia, namun tahukah Mama bahwa masih banyak orang yang keliru ketika mempelajari Bahasa Indonesia, lho. Itulah mengapa bahasa ini juga menjadi salah satu mata pelajaran wajib yang ada di sekolah. Bahkan menjadi mata pelajaran yang diujikan saat Ujian Nasional (UN).

Nggak hanya di negara kita sendiri, rupanya NCT pun turut belajar Bahasa Indonesia, nih! Indonesia disebut sebagai salah satu negara dengan penggemar NCT terbanyak, itulah mengapa para anggotanya juga ingin belajar bahasa ibu pertiwi.

Melalui konten berjudul "Indonesian School", nantinya anak mama akan merasakan jadi teman satu kelas SMA dengan beberapa anggota NCT 127 yakni Haechan, Taeil, Doyoung, dan Yuta. Sama seperti belajar di SMA sungguhan, konten satu ini dibuat menjadi beberapa bagian seperti pelajaran bahasa, jam istirahat, bahkan sampai olahraga pun ada!

Dengan menyaksikan konten ini, anak mama bisa belajar tentang perkenalan diri, percakapan dalam kehidupan sehari-hari, rasa makanan, serta arah dan lokasi. Nggak hanya melihat para anggota belajar Bahasa Indonesia, anak pun turut belajar dan mengingat kembali bahasa sehari-harinya.

Bahkan, salah satu anggotanya yakni Haechan mengaku bahwa belajar Bahasa Indonesia cenderung lebih mudah dimengerti karena seru dan menyenangkan. Bagaimana, tertarik untuk menyaksikan nggak nih?

Editors' Picks

2. Help! Johnny Marky

Jika tadi Bahasa Indonesia, selanjutnya anak mama diajak untuk mempelajari bahasa asing yang sudah umum dipelajari, yakni Bahasa Inggris. Melalui konten berjudul "Help! Johnny Marky", anak mama akan mendapat hiburan sekaligus menambah wawasan terkait Bahasa Inggris.

Hal ini karena konten tersebut dipandu oleh kedua anggota NCT yang berasal dari Kanada dan juga Chicago. Sehingga Johnny dan Mark akan membantu salah satu anggota yakni Chenle untuk menulis pesan kepada pemain bola basket favoritnya, Stephen Curry.

Dalam konten ini, nantinya anak mama akan dipandu oleh Johnny dan Mark untuk belajar beberapa akronim Bahasa Inggris yang sering digunakan sehari-hari, misalnya saja seperti FYI (for yout information)ASAP (as soon as possible)BRB (be right back), hingga IDK (I don't know).

Selain itu, nantinya anak akan belajar bagaimana menulis handwritten letter dan percakapan melalui Bahasa Inggris juga, nih! Nggak hanya menghibur, melalui konten ini juga anak bisa belajar bahasa asing dengan cara yang lebih menyenangkan. Dijamin semakin semangat belajarnya deh!

3. NCT 127 American School 101

Tak berbeda jauh dengan konten sebelumnya, konten yang berjudul "NCT 127 American School 101 #1" ini juga dipandu oleh kedua anggota NCT 127 yang merupakan kelahiran Amerika, yakni Johnny. Dari kedelapan anggota yang hadir sebagai peserta, konten ini nantinya akan membantu anggota untuk mengetahui beberapa kosakata akronim Bahasa Inggris dengan konsep yang tidak mudah membosankan.

Nggak hanya mengajarkan para anggota, dari konten ini juga para penggemar ikut belajar bersama sesuai dengan yang diajarkan oleh Johnny sebagai pemandu acara sekaligus pengajar dalam konten berikut. 

Nggak hanya mengajarkan beberapa kosa kata umum dalam Bahasa Inggris, Johnny pun turut mengajarkan beberapa hal tentang tempat lahirnya di Chicago, Amerika yang secara keseluruhan ia jelaskan dalam Bahasa Inggris.

Sesuai judulnya, konten ini terbagi dalam beberapa part yakni sampai part 3. Di mana dalam satu part anak tidak akan bosan menontonnya karena hanya berdurasi 3-5 menit saja. Jadi cukup menghibur anak mama di waktu luangnya, namun tetap mendapatkan pemahaman baru tentang bahasa asing.

4. Bahasa Mandari a la NCT

Selain Korea, beberapa anggota NCT juga banyak yang merupakan kelahiran China, lho! Inilah mengapa akhirnya terbentuk sub unit NCT China dengan nama Way V. Nah, untuk belajar Bahasa Mandarin a la NCT, kali ini mereka menyajikan konten belajar yang dipandu oleh beberapa anggota NCT China line seperti Renjun dan Chenle.

Sama seperti konten bahasa lainnya, pada konten ini, anak mama akan diajarkan tentang dasar-dasar dari Bahasa Mandarin. konten ini bisa membantu kamu untuk lebih tahu dasar-dasar Bahasa Mandarin.

Untuk membuat sesi belajar lebih menyenangkan, pastinya anak mama akan dihibur bersama teman sekelasnya yakni beberapa anggota NCT 127 yaitu yaitu Jungwoo, Mark, Taeyong, dan Doyoung. Anggap saja seperti belajar bersama para anggota NCT secara virtual nih, Ma.

Dalam konten satu ini, nantinya keempat anggota NCT 127 dan anak mama akan mendapatkan pelajaran dasar berupa perkenalan diri dengan beberapa kosakata sapaan Mandarin yang mudah dan sederhana.

Selain belajar perkenalan, nantinya anak juga bisa belajar intonasi pelafalan dalam Bahasa Mandarin, berhitung, serta latihan menggunakan kosakata. Agar lebih seru dan tidak monoton, Renjun dan Chenle juga mengajak keempat anggota NCT 127 untuk bermain sambil mempelajari Bahasa Mandarin.

Seru sekali, bukan? Yuk langsung saja ditonton!

5. Cantonese Class (Kelas Kanton) bersama Hendery

Mirip dengan konten sebelumnya, dalam konten WayV-aerity tentang kelas Kanton atau salah satu dari dialek bahasa Tionghoa, di mana dalam konten ini penggemar akan dipandu oleh salah satu anggota asal China yakni Hendery.

Jika sebelumnya beberapa konten belajar bahasa bersama NCT dibuat bersama beberapa anggota untuk belajar bersama, pada konten satu ini justru anak mama seperti sedang les privat, lho! Hal ini karena Hendery bertugas selayaknya seorang guru yang sedang melangsungkan pembelajaran dengan muridnya.

Dalam konten satu ini, Hendery mengenalkan beberapa kosakata dasar dalam Bahasa Kanton yang dibagi dalam empat chapter yaitu makanan, uang, pekerjaan, dan panggilan telepon. Penggemar nantinya juga bisa melatih dirinya untuk melafalkan pengucapan kosakata dengan benar.

Sedikit berbeda dari konten belajar bahasa dengan NCT lainnya, pembelajaran di konten berjudul "(Un)official Cantonese Class with Teacher HENDERY" ini akan menggunakan contoh dialog yang diperagakan sendiri oleh Hendery.

Konsep yang unik dan kreatif membuat para penggemar merasa sangat terhibur dan tak sedikit yang berharap ingin memiliki guru bahasa asing seperti Hendery. Apakah anak mama merasakan demikian?

Nah, itulah kelima konten YouTube NCT yang bisa jadi alternatif anak mama untuk belajar bahasa. Nggak sekadar memberikan hiburan kepada penggemar, NCT yang terdiri dari banyak anggota dari berbagai negara pun ingin mengajarkan bahasa yang mereka pelajari dengan cara yang menyenangkan.

Seru dan menambah wawasan juga, kan?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk