Dapat Mengobati Batuk, Ini 9 Manfaat Jahe untuk Anak

Identik dengan obat orang dewasa, anak-anak juga boleh kok mengonsumsi jahe

20 Oktober 2020

Dapat Mengobati Batuk, Ini 9 Manfaat Jahe Anak
Pixabay/congerdesign

Seperti yang sudah diketahui, khasiat jahe untuk kesehatan tubuh memang sudah tidak diragukan lagi. Rempah yang memiliki aroma dan rasa yang kuat ini banyak diburu orang tak hanya untuk bahan masakan, tetapi juga sebagai minuman herbal.

Jahe juga banyak digunakan secara medis di berbagai negara Asia dan India selama ribuan tahun sebagai pengobatan mengatasi peradangan dan meringankan masalah pencernaan, termasuk mual di pagi hari. 

Meski minuman jahe identik dengan orang dewasa, jahe ternyata juga dianggap aman untuk diberikan pada bayi dan anak-anak. Food and Drug Administration (FDA) Amerika mengatakan jahe sebagai Generally Regarded as Safe atau GRASS. 

Namun meski aman diberikan pada anak-anak, sebaiknya pemberian jahe pada anak harus dibatasi ya, Ma. Mama juga terlebih dahulu bisa berkonsultasi pada dokter perihal pemberian jahe untuk kesehatan anak.

Simak rangkuman Popmama.com berikut ini mengenai apa saja manfaat jahe untuk kesehatan anak.

1. Sebagai obat batuk dan demam

1. Sebagai obat batuk demam
Freepik

Jahe mengandung biokimia yang mampu mengendalikan penyebaran rhinovirus penyebab demam. Mama bisa memberikan sedikit air rebusan jahe pada anak guna mengatasi infeksi bakteri pada paru-paru dan melegakan saluran pernapasannya.

2. Mengatasi sakit perut

2. Mengatasi sakit perut
Freepik/diana.grytsku

Jahe juga mampu mengatasi sakit perut yang dialami anak. Tak hanya sakit perut, jahe juga mampu mengatasi dispepsia, perut kembung, serta kolik. Mama bisa mencampurkan seperempat sendok makan perasan jahe dan setengah sendok teh perasan jeruk nipis. Berikan pada anak untuk meredakan sakit perut yang dialaminya.

3. Meringankan bronkitis dan influenza

3. Meringankan bronkitis influenza
Freepik

Ketika anak Mama alami sesak napas akibat bronkitis, ini biasanya disebabkan oleh peradangan di area membran mukosa. Jahe bisa menjadi pilihan untuk meringankan bronkitis dan influenza pada anak.

Untuk meringankan gejala tersebut, Mama bisa memberikannya seperempat sendok teh jahe parut, ditambah madu sebanyak tiga kali sehari yang akan mempercepat penyembuhan bronkitis serta mengatasi influenza.

Editors' Picks

4. Meningkatkan napsu makan dan mengatasi masalah pencernaan

4. Meningkatkan napsu makan mengatasi masalah pencernaan
Freepik

Meski usianya sudah beranjak dewasa, anak yang memiliki segudang kegiatan seringkali melupakan waktu makannya lantaran napsu makan yang kurang. 

Tenang, Ma. Mama bisa memberikan jahe yang memiliki peran penting dalam meningkatkan produksi air liur dan getah dalam perutnya. Jadi tak hanya meningkatkan napsu makan anak, jahe juga mampu mengatasi masalah sembelit dan perut kembung.

Mama cukup menambahkan sedikit air atau parutan jahe ke dalam makanan atau minuman anak, ini dipercaya ampuh meningkatkan napsu makan dan mengatasi pencernaannya.

5. Memperkuat imun tubuh

5. Memperkuat imun tubuh
Freepik

Memiliki anak yang aktif dalam berbagai kegiatan tentu membuat Mama sedikit khawatir akan banyaknya bakteri yang masuk ke dalam tubuhnya. Untuk melindungi kesehatannya, Mama bisa menambahkan jahe ke dalam makanan atau minumannya dapat mencegah tubuh dari jamur dan juga bakteri, seperti E. Coli, Staphylococci, Streptococci, dan Salmonella.

6. Meredakan nyeri haid

6. Meredakan nyeri haid
Freepik/Jcomp

Jika putri Mama sudah memasuki masa haid, jahe juga bisa menjadi obat alami dalam mengatasi nyeri haid. Jika si Kecil alami nyeri saat haid tiba, Mama bisa memberikannya rebusan air jahe yang dapat mengurangi nyeri ketika menstruasi.

Khasiat dari jahe disebut tak berbeda jauh dengan obat ibuprofen dan asam mefenamat. Hal ini seperti yang disebutkan oleh jejumlah penelitian bahwa jahe yang dikonsumsi dapat meredakan nyeri menstruasi pada perempuan.

7. Meredakan pusing

7. Meredakan pusing
Freepik/yanalya

Jika anak Mama mengeluhkan pusing pada bagian kepalanya, memberikan air jahe ternyata dapat membantunya meredakan kondisi ini, Ma.

Jahe bekerja dengan cara merangsang aliran darah ke otak, sehingga peredaran darah menjadi lancar dan perlahan membuat keadaan tubuh berangsur membaik. Meski sering disepelekan, gejala satu ini bisa jadi penyakit yang serius jika dibiarkan, Ma.

Jadi untuk pencegahan dan pengobatan pusing pada anak, Mama bisa memberikan anak air jahe yang bisa ia konsumsi setiap hari atau ketika ia merasa pusing.

8. Meredakan stres

8. Meredakan stres
Freepik/katemangostar

Seperti yang sudah disebutkan bahwa jahe memiliki aroma yang kuat dan memberikan efek menenangkan bagi sistem pencernaan. Menghirup aroma jahe juga mampu menurunkan tingkat stres seseorang, Ma.

Meski usia anak baru beranjak dewasa, jangan sepelekan kada stres yang bisa saja dialaminya. Agar anak tetap rileks terlebih ketika menghadapi sekolah daring seperti saat ini, Mama bisa meredakannya dengan memberikan segelas air jahe hangat.

    9. Meningkatkan kesehatan jantung dan hati

    9. Meningkatkan kesehatan jantung hati
    Freepik/Freepik

    Jahe juga dikenal sebagai stimulan peredaran darah yang baik untuk mengendalikan kekentalan darah, serta memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh. 

    Saat sirkulasi darah anak berjalan dengan baik, maka itu akan meningkatkan aktivitas metabolisme sel dalam tubuh dan membuat anak terhindar dari risiko kram otot jantung.

    Nah, itu dia manfaat jahe untuk kesehatan anak yang aman untuk dikonsumsi sehari-hari. Jadi tak hanya orag dewasa yang dapat merasakan manfaat jahe, anak-anak pun turut merasakan segudang manfaat dari rempah yang memiliki aroma kuat satu ini.

    Semoga bermanfaat ya, Ma!

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.