TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Memahami Tipe Kepribadian dan Karakter ESTJ pada Remaja

Apakah anak mama termasuk dalam karakter ESTJ?

11 Agustus 2022

Memahami Tipe Kepribadian Karakter ESTJ Remaja
Freepik/mdjaff

Belakangan ini, tes MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator kian banyak diikuti oleh sejumlah orang untuk mengetahui karakter atau kepribadian seperti apa diri mereka.

Dari total 16 tipe kepribadian dari tes MBTI, ESTJ (Extrovert, Sensing, Thinking, Judging) merupakan salah satu tipe kepribadian yang dimiliki oleh seseorang. ESTJ sendiri terbagi menjadi dua, yakni ESTJ-A dan ESTJ-T.

Bagi anak remaja mama yang memiliki tipe kepribadian ESTJ, biasanya mereka digambarkan sebagai orang-orang yang memiliki kepercayaan diri terhadap pikiran dan tindakannya. Selain itu, anak dengan tipe ini juga dikenal memiliki kemampuan organisasi dan kepemimpinannya yang hebat.

Lantas, seperti apa tipe keptibadian dan karakter ESTJ?

Melansir dari berbagai sumber, berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya. Simak sampai habis yuk, Ma.

1. Apa itu ESTJ?

1. Apa itu ESTJ
Freepik/8photo

Mengutip dari laman 16 Personalities, ESTJ atau kepribadian "Eksekutif" adalah extroversion, sensing, thinking, judgement dalam Bahasa Inggris yang merupakan perwakilan dari tradisi dan tatanan, memanfaatkan pemahaman mereka tentang apa yang benar, salah, dan diterima secara sosial untuk menyatukan keluarga dan masyarakat.

Anak dengan tipe kepribadian ESTJ biasanya dikenal memegang nilai kejujuran, dedikasi dan martabat. Selain itu, kepribadian ini juga dinilai karena dapat memberikan saran dan panduan dengan jelas, serta dengan senang hati memberi jalan untuk kesulitan yang dihadapi.

Anak dengan tipe ESTJ juga memiliki kebanggaan tersendiri dalam menyatukan orang-orang.

Mereka sering kali mengambil peran sebagai pengatur komunintas, bekerja keras mengajak semua orang merayakan acara yang sangat disukai.

2. Perbedaan ESTJ-A dan ESTJ-T

2. Perbedaan ESTJ-A ESTJ-T
Freepik/Gpointstudio

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, anak dengan tipe kepribadian dan karakter ESTJ terbagi ke dalam dua jenis, ESTJ-A dan ESTJ-T. Apa perbedaan antara keduanya?

ESTJ-A merupakan singkatan dari Assertive Executive, sementara ESTJ-T adalah Turbulent Executive. Jika digambarkan secara garis besar, anak dengan tipe ESTJ-A lebih memungkinkan menganggap diri mereka sebagai orang yang sangat memiliki tujuan dibanding ESTJ-T.

Kendati begitu, kedua tipe ESTJ ini dinilai sama-sama memiliki fokus yang kuat untuk mencapai tujuan yang mereka yakini. Itulah mengapa anak dengan kepribadian ini dinilai penuh percaya diri dalam menjalani berbagai hal.

Tetapi jika dilihat secara emosional, ESTJ-A dinilai lebih 'santai' jika membahas perihal emosi. Berbanding terbalik dengan ESTJ-T yang cenderung lebih reaktif dan mudah marah secara emosional. Sikap emosional inilah yang kerap membuat karakter ESTJ dinilai kurang sensitif dan tidak peduli.

Padahal, bisa jadi rasa ketidakpedulian mereka inilah yang justru membuat dirinya bisa lebih mudah memaafkan dan menerima permintaan maaf orang lain.

Editors' Picks

3. Ciri-ciri anak dengan karakter ESTJ

3. Ciri-ciri anak karakter ESTJ
Freepik/master1305

Dari penjelasan di atas, selanjutnya yang bisa diketahui lebih dalam adalah bagaimana ciri atau karakteristik anak dengan tipe ESTJ?

Secara umum, berikut beberapa ciri-ciri anak dengan karakter tersebut, antara lain:

Berjiwa Pemimpin 

Jike melihat pada poin pengertian sebelumnya, ESTJ atau tipe kepribadian Eksklusif ini secara alami memiliki kemampuan dan jiwa pemimpin yang baik. Anak dengan tipe ini biasanya akan memimpin dengan cara yang bertanggung jawab, penuh komitmen dan juga kegigihan.

Disiplin 

Jika melihat jiwa kepemimpinan dari ESTJ, mereka juga umumnya dikenal sebagai seseorang yang sangat disiplin dan tegas, serta menjunjung tinggi tradisi dan aturan.

Anak dengan karakter ini biasanya lebih mudah mengambil keputusan karena sudah meyakini suatu hal yang telah ditentukan sebelumnya. Itulah mengapa ESTJ dinilai lebih cepat dalam mengambil sebuah keputusan.

Dibarengi dengan Fakta Konkret 

Sebagai seseorang dengan jiwa kepemimpinan yang tinggi, anak dengan karakter ESTJ juga sangat menyukai mempelajari hal baru yang bisa mereka terapkan di kehidupan sehari-hari.

Tak sekadar mencari ilmu baru, mereka juga akan menyeimbanginya dengan fakta konkret yang sudah jelas kredibilitasnya. Hal ini karena orang dengan tipe ESTJ tidak menyukai hal-hal abstrak atau teoritis.

Sangat Percaya Diri

Sama seperti penjelasan sebelumnya, karakter anak dengan ESTJ memang dinilai sangat percaya diri akan berbagai hal. Rasa percaya diri yang tinggi ini membuat mereka sering terlihat kaku atau keras kepala dalam mengambil sebuah keputusan.

Hal ini karena mereka telah meyakini apa yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Pantang Menyerah

Meski mereka terbilang cukup keras kepala, namun anak dengan karakter ESTJ juga memiliki kepribadian positif lainnya yang pantang menyerah dalam meraih impiannya. Dengan sikap inilah, mereka akhirnya lebih mudah mengambil peran dalam memimpin suatu kelompok demi mencapai tujuan bersama.

Menghabiskan Waktu Bersama Orang Lain

Sebagai kepribadian yang dikenal ekstrovert, anak dengan karakter ESTJ juga memiliki ciri khas lainnya yakni suka menghabiskan waktu bersama orang lain dan sangat menikmati dirinya sebagai pusat perhatian.

Dalam situasi sosial, biasanya anak dengan karakter ESTJ ini akan menjadi seseorang yang menyenangkan demi menarik perhatian orang sekitarnya.

4. Kelebihan karakter ESTJ

4. Kelebihan karakter ESTJ
Freepik

Setiap tipe kepribadian, tentu ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pun pada anak-anak dengan karakter ESTJ. Mereka memiliki kelebihan yang menonjol pada dirinya, antara lain:

Dedikasi Tinggi

Sebagai orang dengan jiwa pemimpin yang tinggi, mereka memiliki kelebihan yakni berdedikasi tinggi dalam menjalankan suatu hal.

Ketika mereka menyelesaikan suatu pekerjaan, mereka akan melakukannya dengan sungguh-sungguh dan akan selesai sesuai arahan yang telah ditentukan.

Memiliki Kemauan yang Keras

Selanjutnya, mereka juga memiliki kemauan yang keras terhadap dedikasinya dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Mereka juga akan mempertahankan ide dan prinsip mereka tanpa henti, serta membuktikannya dengan jelas dan meyakinkan pendiriannya agar tidak berubah.

Tidak Suka Bertele-tele

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, karakter ESTJ memiliki ciri khas dengan memberikan informasi detail sesuai fakta konkret yang dimiliki. Sehingga mereka dikenal sebagai orang yang jujur dan tidak suka bertele-tele dalam menyampaikan suatu hal.

Loyal, Sabar, dan Dapat Diandalkan

Mereka juga memiliki kelebihan lain untuk menunjukkan atau menepati janji terhadap ucapannya. Hal ini karena anak dengan karakter ESTJ dinilai loyal, sabar, serta dapat diandalkan dalam berbagai situasi. Dalam kata lain, mereka adalah seseorang yang bertanggung jawab akan keputusan yang dibuatnya.

Tidak Suka Keributan

Anak dengan karakter Eksklusif ini juga sangat tidak menyukai keributan. Sehingga mereka akan menciptakan ketertiban dan keamanan di lingkungannya demi menjaga aturan dan peran yang sudah ditetapkan.

Terorganisir

Salah satu kelebihan lainnya yang membuat anak dengan karakter ini dinilai berjiwa pemimpin adalah karena sifat terorganisir yang mereka miliki. Mereka dikenal sebagai pemimpin yang cakap dan percaya diri dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.

Mereka juga akan melakukan tugasnya secara adil dan objektif sesuai dengan arahan yang ditetapkan sebelumnya.

5. Kekurangan karakter ESTJ

5. Kekurangan karakter ESTJ
Freepik/kues1

Jika sebelumnya membahas kelebihan anak dengan karakter ESTJ, Mama juga perlu mengetahui kekurangan apa saja yang dimiliki mereka.

Berikut beberapa kekurangan umum yang dimiliki anak ESTJ antara lain:

Keras Kepala dan Tidak Fleksibel

Dengan tingkat percaya diri yang tinggi, biasanya mereka akan terpaku pada keberhasilan. Sehingga mereka dinilai sangat keras kepala dan tidak fleksibel dalam menjalankan pekerjaan. Biasanya mereka enggan memercayai opini yang cukup kuat sampai terbukti keberhasilannya.

Tidak Nyaman dengan Situasi yang Tidak Biasa

Tipe kepribadian Eksekutif adalah penganut tradisi yang kuat dan ketika tiba-tiba dipaksa untuk mencoba solusi yang tidak diketahui, mereka menjadi tidak nyaman dan membuatnya stres.

Adanya ide baru yang diciptakan membuat mereka tidak bisa meninggalkan ide sebelumnya untuk tetap mempertaruhkan citra keandalan mereka. Ini juga yang membuat mereka disebut sebagai pribadi yang tidak fleksibel di suatu kesempatan.

Menghakimi 

Sebagai seseorang yang memiliki keyakinan kuat tentang apa yang benar, salah, dan dapat diterima secara sosial, mereka juga dinilai memiliki kekurangan mudah menghakimi orang lain.

Dorongan kuat akan ketertiban membuat mereka sering kali mengabaikan opini orang lain yang dinilai tidak cukup kuat demi mencapai tujuan bersama.

Terlalu Fokus pada Status Sosial

Anak dengan tipe ini dinilai sangat menyukai pusat perhatian. Hal ini membuat mereka sangat peduli dengan opini publik tentang dirinya. Biasanya mereka juga dikenal terlalu fokus untuk memenuhi harapan orang lain, sehingga menimbulkan kegagalan dalam memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

Sulit untuk Bersantai

Memiliki sifat percaya diri tinggi dalam menyelesaikan banyak hal, mereka juga dinilai kurang bisa menikmati waktu bersantai dengan baik. Hal ini karena mereka sulit untuk melepaskan diri dari risiko yang membuatnya terlihat bodoh, bahkan dalam kesenangan yang baik.

Sulit Mengekspresikan Emosi

Kelemahan lainnya yang dimiliki anak dengan ESTJ adalah sulit mengekspresikan emosi dan merasakan empati.

Orang dengan tipe kepribadian Eksekutif begitu terperangkap dalam fakta dan metode paling efektif, sehingga mereka lupa memikirkan apa yang membuat orang lain bahagia, atau kepekaan mereka tersendiri.

6. Hal yang disukai karakter ESTJ

6. Hal disukai karakter ESTJ
Pexels/cottonbro

Jika melihat dari penjelasan pada poin-poin sebelumnya, dapat ditarik kesimpulan bahwa hal-hal yang disukai anak dengan karakter ESTJ adalah menyelesaikan pekerjaan dengan kepercayaan diri dan kerja keras tinggi.

Kerja keras dan motivasi diri yang mereka miliki menjadi prinsip yang kuat dalam kehidupan seorang ESTJ. Hal ini membuat mereka biasanya memiliki karier yang terorganisir dalam sebuah perusahaan.

Mereka biasanya akan tetap fokus pada proyek sampai mereka selesai, besar atau kecil. Sifat terorganisir yang mereka miliki juga membuat mereka lebih sigap dan siap dalam menjalankan suatu pekerjaan.

Hal-hal inilah yang kemudian membuat anak dengan karakter ESTJ menentukan langkah yang jelas dalam mempertahankan pencapaian yang sudah mereka tentukan sebelumnya.

Untuk jenjang karier yang bisa diraih ESTJ biasanya dikaitkan dengan pekerjaan yang berhubungan akan pengawasan dan juga manajemen.

Hal ini karena kepribadian terorganisir, kerja keras, percaya diri, dan penuh teliti menjadi karakter utama yang mereka miliki di dalam kehidupan sehari-hari.

7. Tips membesarkan anak remaja dengan karakter ESTJ

7. Tips membesarkan anak remaja karakter ESTJ
Pexels/Ivan Samkov
Ilustrasi

Ketika Mama dan Papa memiliki anak remaja dengan tipe kepribadian ESTJ, tentunya hal ini harus dibarengi dengan pola asuh yang sesuai demi menunjang tumbuh kembang yang lebih optimal.

Berikut beberapa tips dalam membesarkan anak remaja dengan karakter ESTJ:

  • Sediakan ruang bereksplorasi, tujuannya agar anak dapat mengembangkan kemampuan dan energi positifnya secara optimal.
  • Buat percakapan yang terkait emosional dan perasaan anak, hal ini agar anak tetap memiliki rasa emosional dan empati tinggi pada orang lain.
  • Menghormati dan menghargai kepribadian yang anak miliki dengan tidak memaksa anak untuk menjadi seseorang yang tidak mereka sukai.
  • Mengimbangi dengan waktu me time, tujuannya agar anak tetap memiliki waktu bersantai yang juga mereka butuhkan demi menjaga kesehatan mental anak.
  • Menjadi pendengar yang baik untuk anak tanpa menginterupsi segala perkataannya. Terkadang, anak dengan kepribadian ini hanya perlu seseorang yang bisa mendengarkan ide atau perasaan yang sedang mereka rasakan, bukan untuk diinterupsi apalagi dihakimi.

Demikianlah beberapa informasi terkait karakter ESTJ pada remaja. Bagaimana, apakah anak mama termasuk ke dalam kategori anak dengan kepribadian di atas?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk