7 Menu Brunch untuk Anak yang Bosan dengan Masakan Lebaran

Biar anak nggak bosan. coba menu brunch ini yuk, Ma!

27 Mei 2020

7 Menu Brunch Anak Bosan Masakan Lebaran
Freepik

Hari Raya Idul Fitri atau hari lebaran identik dengan berbagai makanan bersantan seperti opor ayam, rendang, dan ketupat sebagai pendamping. Lebaran sudah lewat tapi stok masakan masih ada, apa anak sudah mulai bosan dengan masakan lebaran yang itu-itu saja, Ma?

Jika iya, Mama harus bisa memikirkan menu makanan apa yang bisa diberikan ke anak agar mereka mau makan dan tak bosan dengan masakan lebaran yang Mama masak.

Coba berikan menu brunch yang berbeda yuk, Ma!

Brunch adalah gabungan dari kata breakfast dan lunch, yaitu waktu di antara makan pagi ke makan siang.

Tak hanya untuk anak, brunch juga bisa dinikmati bersama keluarga lho!

Berikut Popmama.com telah merangkum 7 menu brunch yang bisa Mama berikan pada anak dan keluarga di rumah menjelang waktu makan pagi dan siang mereka.

1. Roti tawar susu kukus

1. Roti tawar susu kukus
Pixabay/MoreHarmony

Menu yang satu ini selain mudah, dijamin anak suka deh, Ma. Mama hanya perlu menumpuk lapisan roti tawar, kemudian siram dengan sedikit susu dan taburi kacang almond sebagai pelengkap lalu panggang.

Selain nikmat untuk cemilan, menu ini sangat cocok untuk menemani waktu brunch Mama dan anak di rumah yang bosan dengan masakan lebaran. Sudah pernah coba, Ma?

2. Burger

2. Burger
Freepik/anchaleeyates

Makanan satu ini tentu menjadi salah satu makanan kegemaran anak-anak. Nggak semua burger itu makanan jenis junk food kok, Ma. Mama bisa membuat burger sehat di rumah yang tak kalah nikmat dengan burger yang dijual di luar.

Dengan menyiapkan roti burger, Mama tinggal kreasikan isian burger sesuai selera anak. Selain daging sapi, Mama bisa mengganti dengan daging ayam atau ikan jika anak suka. Jangan lupa tambahkan sayuran seperti selada dan tomat agar lebih sehat ya, Ma.

Editors' Picks

3. Omelet

3. Omelet
Freepik/timolina

Telur menjadi salah satu makanan yang cocok disantap kapan saja, termasuk saat brunch. Selain memiliki kandungan vitamin dan kolin yang baik untuk memneuhi kebutuhan energi harian anak, menu masakan telur biasanya lebih mudah dibuat.

Mama bisa memberikan menu ini sebagai menu brunch dengan membuatkan omele yang mudah dan lezat. Untuk membuatnya, campur 1 butir telur utuh dan 2 putih telur, Mama juga bisa menambahkan sedikit potongan sayuran dan penyedap rasa agar anak lebih suka dengan rasanya.

4. Scramble eggs with beef

4. Scramble eggs with beef
cookinglight.com

Selain omelet, menu brunch yang mudah dan terbuat dari telur adalah scrambel eggs. Cukup dengan mengaduk telur yang diberi campuran sedikit susu, Mama sudah bisa memberikan menu yang mudah dan lezat kepada anak-anak.

Eits! Agar scramble eggs nggak gitu-gitu aja, Mama bisa lho memodifikasinya dengan menambahkan daging. Selain enak, tentunya menu ini cukup mengenyangkan untuk menemani waktu brunch Mama dan keluarga di rumah.

5. Waffle

5. Waffle
Pixabay/congerdesign

Jika bosan dengan makanan yang asin dan gurih, cobain menu brunch yang manis yuk, Ma!

Mama bisa membuatkan waffle kesukaan anak sendiri dari rumah tanpa perlu membelinya di luar. Menu yang mudah dan lezat ini tentu menjadi menu kegemaran banyak keluarga, ditambah dengan siraman selai favofit atau es krim yang akan menambah kelezatan rasa waffle.

6. Pancake

6. Pancake
Pixabay/fcleetus

Siapa sih yang tak suka dengan pancake? Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun banyak yang menyukai menu brunch satu ini. Menu ini juga nggak ribet lho, Ma.

Jika biasanya disajikan dengan sirup maple, Mama bisa mengkreasikannya dengan berbagai selat atau buah favorit anak. Selain itu, Mama juga bisa memodifikasi bentuk pancake sesuai karakter kesukaan mereka. Dijamin anak lahap makannya deh, Ma!

7. Cheesy french toast

7. Cheesy french toast
Pexels/Wendy Wei

Nah, satu lagi menu brunch yang bisa dibuat dari bahan dasar roti tawar. Roti tawar dengan paduan telur dan keju ini biasa dikenal dengan cheesy french toast. Tak hanya orang dewasa, coba berikan ke anak, dijamin ia suka deh!

Dengan mencampur susu, telur, keju cheddar dan sedikit merica, Mama bisa merendam roti tawar ke dalamnya hingga lembap kemudian siap dimasak di atas wajan anti lengket. Mudah, bukan?

Itulah 7 menu brunch yang bisa Mama coba berikan pada anak yang mulai bosan dengan masakan lebaran. Selain mudah dibuat, pastinya mengenyangkan untuk anak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.