Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Sudah Remaja, Kahlia Adinda Anak Agatha Suci Alami Perubahan Hormonal

Mengalami perubahan hormonal seperti remaja lainnya, Kahlia pun merasakan mood-nya cepat berubah

20 November 2022

Sudah Remaja, Kahlia Adinda Anak Agatha Suci Alami Perubahan Hormonal
Instagram.com/agatha_suci

Kahlia Adinda, anak sulung dari penyanyi jebolan Indonesia Idol 2004, Agatha Suci dan Jeffry Thung kini mulai beranjak remaja dan tumbuh selayaknya remaja pada umumnya.

Seperti diketahui, Kahlia sejak kecil telah didiagnosis oleh dokter mengalami autism spectrum disorder (ASD) saat usianya masih 2 tahun. Hal ini tak menyurutkan semangat sang Mama dan Papa untuk melimpahkan kasih sayang penuh kepada buah hatinya.

Kini Kahlia sudah memasuki usia remaja. Kahlia yang dibesarkan dengan kasih sayang orangtuanya itu pun mulai mengalami perubahan hormonal seperti yang kebanyakan dirasakan oleh remaja nih, Ma. 

Melansir dari cerita yang dibagikan Mama Suci melalui Instagram, kali ini Popmama.com rangkumkan informasi terkini terkait Kahlia Adinda, anak Agatha Suci yang mulai beranjak remaja.

1. Didagnosis ASD saat masih balita

1. Didagnosis ASD saat masih balita
Instagram.com/agatha_suci

Bagi Mama yang belum mengetahui sosok Kahlia Adinda, ia merupakan anak pertama Mama Suci dan Papa Jeffry yang memiliki kebutuhan khusus sejak usianya balita.

Sebelumnya, Mama Suci pernah membagikan kisahnya kepada publik bahwa putri yang lahir pada 10 Januari 2011 itu telah didagnosis mengalami autism spectrum disorder (ASD).

Kondisi ini tak menurunkan semangat Kahlia untuk tetap menjalani kegiatan seperti anak-anak pada umumnya, seperti bermain dan menjalankan rutinitas di sekolah. 

Editors' Picks

2. Mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah

2. Mengikuti kegiatan belajar mengajar sekolah
Instagram.com/agatha_suci

Meskipun memiliki perbedaan dari anak-anak lainnya, hal ini tak membuat rasa syukur dan bahagia sang mama ketika Kahlia akhirnya dapat mengenyam pendidikan pertamanya di bangku Sekolah Dasar.

Pada salah satu unggahannya terdahulu, Mama Suci nampak begitu bahagia saat memeluk putrinya yang sudah kenakan seragam sekolah. Tak sekadar berbagai foto, penyanyi jebolan Indonesian Idol itu juga menyertakan caption manis nan mengharukan sebagai berikut:

"Hari ini adalah hari pertama Kahlia sekolah sebagai murid SD di saah satu Sekolah Inklusi di Jakarta. Dengan Kemurahan hati Yang Maha Kuasa, dan dukungan dari semesta, saya dan papanya @jeffrythung bagai mimpi bisa melihat Kahlia bisa punya kesempatan besar ini," tulis Agatha Suci.

3. Memasuki masa puber

Selayaknya remaja pada umumnya yang akan memasuki masa puber dan perubahan hormonal, Kahlia pun mengalami hal serupa lho Ma. 

Dalam sebuah video yang pernah dibagikan sang mama beberapa waktu lalu, diperlihatkan bagaimana putrinya yang mengalami perubahan mood yang begitu cepat sampai membuatnya tetiba menangis saat akan pergi ke sekolah.

"Umur-umur Kahlia begini yg lg mau puber. Jd hormonnya lumayan berantakan. Suka nangiss tiba2 dan ngamuk, dan kalo kita berusaha menenangkan, malah dia makin ngamuk dan tendang2. Jadi biasanya kita tunggu aja sampe dia reda sendiri dan cape. Biasanya 1-1.5 jam," tulis Mama Suci menceritakan.

4. Cara baru sang mama mengalihkan mood Kahlia

Tak hanya itu, Mama Suci juga pernah membagikan video lainnya yang perlihatkan sang putri kembali mengalami perubahaan mood yang membuatnya mengamuk.

Seperti sudah hafal dengan perubahan hormonal yang mulai dirasakan putrinya, sang mama pun hanya mendiamkan Kahlia hingga dirinya bisa meredakan sendiri perasaan yang dirasakan.

Namun, Mama Suci juga memiliki cara baru yang bisa membantu mengalihkan mood putrinya agar bisa kembali normal dan happy seperti sebelumnya. 

"Masih dalam episode anak gadis lg kena serangan hormonal. Tetiba bisa marah2 padahal tadinya adem2. Tetiba bisa minta makan mie kalo dikasi alternatif lain ngamuk. Tetiba bisa kesel cubit dan gigit tangannya sampe biru2. Trus kita coba cara penanganan baru. Kalo dia lg kesel ajak ke mini market," tulis Agatha Suci menceritakan.

5. Saling menguatkan para Mama di luar sana

5. Saling menguatkan para Mama luar sana
Instagram.com/agatha_suci

Dalam unggahan yang sama, Mama Suci juga membagikan tangkapan layar yang perlihatkan Kahlia mulai tertawa-tawa dan mood-nya kembali seperti sedia kala saat diajak keluar rumah.

Hal tersebut tentu membuat sang mama merasa lega sekaligus dibuat tertawa, "Ampun anak gadis udah bisa ngerjain mamanya. Which is good sih."

Di akhir keterangannya, Mama Suci juga kembali memberikan dukungan semangat kepada para Mama di luar sana yang menghadapi hal serupa seperti dirinya.

Ia pun kembali mengingatkan agar para Mama bisa tetap sabar menghadapi perubahan hormonal anak di usia remaja.

"Sabar yaaa mama semua yaag anaknya lagi menuju abegeh. Semangaaaaat!!!! Kita bisaaaaa!!!!" sambungnya.

Hal ini bisa menjadi bentuk Mom support Mom, karena apapun kondisinya, menghadapi anak di masa puber memang tidaklah mudah. Semoga kesabaran Mama Suci bisa menginspirasi para orangtua di luar sana.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk