7 Rekomendasi Pesantren yang Bagus dan Terkenal di Tangerang

Agar anak nyaman selama menempuh pendidikan di pesantren, Yuk tentukan pilihan yang terbaik Ma!

5 November 2020

7 Rekomendasi Pesantren Bagus Terkenal Tangerang
Popmama.com/Novy Agrina

Banyaknya pondok pesantren atau ponpes yang tersebar diberbagai kota di Indonesia tentu membuat banyak orangtua merasa kebingungan dalam memilih. Namum pada umumnya, semua ponpres memiliki banyak kesamaan dalam sistem belajar mengajar, Ma.

Rata-rata setiap ponpres akan membekali para santrinya ilmu agama seperti hafalan Al-Quran, serta tak lupa kurikulum belajar seperti pendidikan formal pada umumnya agar santri tetap mendapat ilmu yang seimbang antara pendidikan agama dan pendidikan formal.

Jika Mama merupakan warga berdomisili di kota Tangerang dan ingin mendaftarkan anak Mama pada menjadi seorang santri.

Berikut ini Popmama.com akan merekomendasikan 7 pesantren di Tangerang yang bagus berdasarkan rating dan review dari pencarian Google.

Diskusikan dan pilih sesuai dengan keinginan anak Mama, yuk!

1. Pesantren Modern An Nuqthah

1. Pesantren Modern An Nuqthah
Akbarzainudin.com

Meski tergolong baru didirikan pada tahun 2009 silam, ponpres An Nuqthah sudah cukup dikenal karena sudah banyak menghasilkan santri yang berkualitas. Ponpes ini berletak di Jl. Rasuna Said Jl. H. Ismail, RT.001/RW.005, Cipete, Kec. Pinang, Kota Tangerang, Banten 15142.

Tak hanya pendidikan berbasis agama saja yang diutamakan, ponpes An Nuqthah juga menggunakan sistem pendidikan dengan mengedepankan pengetahuan berdasarkan IQ, EQ, dan SQ melalui 5 panca pondok yaitu keikhlasan, kesederhanaan, berdikari, ukhuwah islamiyah, dan kebebasan.

Ponpes ini juga memiliki beberapa jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, hingga SMK. Mama bisa menentukan sesuai dengan usia anak Mama yang akan didaftarkan menjadi santri. Untuk biaya, ponpes ini menekan tarif pendaftaran bersih sekitar Rp 2 juta, Ma.

2. Pondok Pesantren Darul Ulum Tangerang

2. Pondok Pesantren Darul Ulum Tangerang
Ppdarululumtng.blogspot.com

Ponpes Darul Ulum memang sudah tersebar diberbagai kota di Indonesia, salah satunya di Tangerang yang beralamat di Jl. Marsekal Surya Darma Kel, RT.07/RW.001, Selapajang Jaya, Kec. Neglasari, Kota Tangerang, Banten 15127.

Meski sudah cukup terkenal hingga diberbagai kota, tarif pendaftaran bersih yang dikeluarkan untuk setiap santri yang baru akan mendaftar dapat dikatakan standar layaknya pesantren terbaik lainnya. Mama perlu merogoh kocek sekita Rp 5 juta untuk mendaftarkan anak Mama menjadi santri di ponpes ini.

Dengan harga sebesar itu, Mama tak perlu ragu lagi akan kurikulum yang diajarkan. Sebab tak hanya pendidikan agama melalui tahfidz Al-Quran dan pelajaran agama lainnya, tetapi anak juga akan dibekali pendidikan formal layaknya siswa lain.

Tak hanya pendidikan berbasis agama dan formal, anak juga akan mendapatkan pendidikan yang dapat membentuk karakter diri untuk menjadi santri yang tak hanya berbekal ilmu agama, tetapi juga memiliki wawasan yang luas dan karakter diri yang positif.

Editors' Picks

3. Pondok Pesantren Darul Hasan

3. Pondok Pesantren Darul Hasan
Darulhasan1.blogspot.com

Didirikan sejak tahun 1998 oleh K.H. Tadjuddin Hasan, Drs. H. Sufyan Hariri, M.Pd dan H. Muhammad Nur, ponpes Darul Hasan juga cukup terkenal dikalangan para santri.

Jika Mama ingin mengunjungi ponpes ini, Mama bisa langsung mendatanginya di alamat Jl. Irigasi Sipon, Cipondoh Makmur, Cipondoh, RT.001/RW.002, Cipondoh Makmur, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15148.

Ponpes Darul Hasan menyediakan jenjang pendidikan mulai dari SD, hingga SMA. Jadi Mama bisa menyesuaikan dengan usia anak Mama yang akan didaftarkan.

Setiap jenjang pun juga sudah terakreditasi A, Ma. Jadi sudah tak heran jika ponpres satu ini dikatakan salah satu ponpes terbaik di Tangerang. Sebab tak hanya berbasis pendidikan agama, ponpes Darul Hasan juga mengedepankan kurikulum layaknya pendidikan formal juga agar tetap seimbang.

4. Pondok Pesantren Darunnajah

4. Pondok Pesantren Darunnajah
Darunnajah.com

Sama seperti ponpes pada umumnya, ponpres Darunnajah juga mendidikan santrinya untuk menjalankan berbagai pendidikan agama yang diajarkan, serta melakukan beragam kegiatan menarik seperti percakapan bahasa Arab dan Inggris.

Sebagai sekolah Islam berasrama yang berkualitas, ponpes Darunnajah juga memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler serta fasilitas pendukung juga terbilang lengkap, bahkan kolam renang pun ada di sini. 

Beralamat di Jl. Ulujami Raya No.86, RW.7, Ulujami, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12250, ponpres Darunnajah juga menjadi salah satu ponpes terbaik karena sudah banyak mengahsilkan santri yang berkualitas

5. Pondok Pesantren Mumtaz Ibadurrahman

5. Pondok Pesantren Mumtaz Ibadurrahman
Id.near-place.com

Semenjak berdirinya ponpes Mumtaz Ibadurrahman pada tahun 2001, ponpes ini berkomitmen mengikhtiarkan pembelajaran pemeluk Islam melalui kafa’ ah angkatan mukmin yang intelektualis, holistis serta sanggup menggabungkan ilmu serta keterampilan dengan cara modern serta terencana dengan senantiasa memprioritaskan akhlakul karimah bagaikan kepribadian penting.

Pada awalnya, ponpes ini hanya ada di daerah Jakarta dan Tangerang. Seiring berjalannya waktu, Drs. KH. Ahmad Ihsan ataupun yang lebih diketahui dengan Ustadz Cepot lalu mengibarkan bendera Ibadurrahman di sela-sela dakwahnya di semua nusantara.

Untuk ponpes Mumtaz Ibadurrahman di Tangerang sendiri letaknya ada di Gg. Masjid, RT.006/RW.06, Kenanga, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15146. Jika Mama tertarik mendaftarkan anak di ponpes ini, Mama bsia segera mengunjungi alamat tersebut untuk informasi lebih lengkap lainnya.

6. Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an

6. Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an
Indent.daqu.sch.id

Sejak awal berdirinya, ponpes Tahfizh Daarul Qur'am memiliki visi ingin melahirkan generasi pemimpin bangsa dan dunia yang soleh dan soleha dan berkarakter Qur’ani, serta berjiwa entrepreuneur dalam membangun peradaban Islam masa depan.

Jadi tak hanya menjalankan pendidikan berbasis agama, ponpes ini juga menyeimbangi para santri dengan pendidika formal dan kegiatan yang akan membangun karakter diri anak untuk menjadi pribadi lebih baik dikemudian hari.

Jika tertarik dan membutuhkan informasi lebih lengkap lainnya, Mama bisa langsung mengunjungi ponpes Tahfizh Daarul Qur'an di Jl. Ketapang Poncol No.35, RT.07/05, RT.001/RW.005, Ketapang, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15147.

7. Pesantren Modern Daarul Muttaqien Tangerang

7. Pesantren Modern Daarul Muttaqien Tangerang
Dm2tangerang.blogspot.com

Ponpes Daarul Mttaqien Tangerang beralamat di Jl. Raya Mauk Jl. Raya Cadas - Kukun No.KM 7 No 24, Karet, Kec. Sepatan, Tangerang, Banten 15520. Ponpes ini memiliki kurikulum tetap memepertahankan nilai klasik yang baik dan mengakomordir nilai modern yang lebih baik.

Sehingga dalam pengajarannya, pendidikan agama dan formal akan dilakukan seimbang guna menghasilkan santri yang memiliku ilmu dan wawasan luas secara agama dan pengetahuan.

Terdapat dua jenjang pendidikan yang bisa anak Mama tempuh di ponpes ini, yaitu jenjang SMP dan SMA. Tak hanya pendidikan melalui kurikulum yang seimbang, ponpes Daarul Muttaqien juga memiliki beragam kegiatan menarik yang akan mengembangkan kemampuan dan karakter diri para santri.

Nah, itu dia kumpulan pesantren di Tangerang yang bagus berdasarkan rating dan review pada pencarian Google. Jangan lupa untuk menanyakan penerapan metode pendidikan selama masa pandemi agar Mama bisa mempersiapkan dengan lebih baik.

Jika Mama tertarik, diskusikan bersama Papa dan anak lalu kunjungi pondok pesantren di Tangerang yang bagus pilihan sesuai alamat yang tertera di atas ya, Ma.

Semoga informasinya dapat bermanfaat, Mama!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.