10 Sifat Manusia yang Dibenci Allah yang Perlu Anak Ketahui

Beritahu anak agar mereka bisa menghindari hal yang dibenci Allah sejak dini

29 Juli 2021

10 Sifat Manusia Dibenci Allah Perlu Anak Ketahui
Muslimvillage.com

Memiliki anak yang berbakti kepada keluarga dan agama tentu menjadi impian seluruh orangtua. Untuk mewujudkan impian tersebut, Mama dan Papa bisa mengajarkan ajaran agama yang perlu anak ketahui sejak usianya dini.

Selain mengamalkan ibadah yang diperintahkan, mengetahui larangan atau hal-hal yang dibenci Allah SWT juga perlu anak ketahui, Ma. Salah satunya adalah dengan memberitahu mereka mengenai 10 sifat manusia yang dibenci Allah SWT. 

Dengan mengetahui hal ini, maka anak akan senantiasa menghindari sifat tersebut untuk tetap mendapat syafaat Allah SWT. Lantas, apa saja 10 sifat manusia yang dibenci Allah SWT?

Berikut Popmama.com telah merangkum sifat manusia yang dibenci Allah SWT berdasarkan Nashaihul Ibad karya Imam Al-Asqalani yang disyarahkan oleh Syekh Muhammad Nawawi Banten. Disimak dan ajarkan pada anak-anak mama yuk!

1. Sifat bakhil yang timbul dari orang kaya

1. Sifat bakhil timbul dari orang kaya
Freepik/Pressfoto

Sifat bakhil merupakan sikap egois yang dilarang oleh Islam, tercela dan berakibat buruk baik di dunia maupun di akhirat.

Dikutip dari Syekh Nawawi, sifat bakhil ternyata bisa menghilangkan sifat kemanusiaan dan meneguhkan kebiasaan kebinatangan, Ma. Inilah yang menjadikan sifat bakhil sangat dibenci oleh Allah SWT.

2. Kesombongan yang timbul dari orang fakir

2. Kesombongan timbul dari orang fakir
Medicaldaily.com

Perkataan yang mengejek seperti, "sudah miskin kok sombong" memang banyak dilontarkan masyarakat saat ini.

Tahukah Mama, bahwa kesombongan fakir miskin ini ternyata juga dibenci oleh Allah SWT. Sebagaimana sabra Rasulullah dari Abu Hurairah yang berbunyi:

"Apabila seorang berkata, ‘celakalah orang-orang’, maka dialah orang yang paling celaka di antara mereka.” (HR. Muslim)

Syekh Nawawi menjelaskan, bahwa janganlah mengucapkan kalimat tersebut dengan menyombongkan dirinya lebih ungguldan memandang rendah orang lain. Allah SWT sangat tidak menyukai sifat tersebut.

3. Ketamakan yang timbul dari ulama

3. Ketamakan timbul dari ulama
Youtube.com/Kisah Islami

Syekh Nawawi juga mengungkapkan kisah Nabi Musa AS yang berkata dengan ucapan penuh ketamakan, “Jika anda menghendaki, anda bisa meminta upah untuk pekerjaan ini.” (QS. Al-Kahfi [18]: 77), selanjutnya Nabi Khidir berkata padanya, “Saat inilah tiba perpisahan antara saya dan kamu.” (QS. Al-Kahfi [18]: 78).

4. Tidak memiliki rasa malu

4. Tidak memiliki rasa malu
Freepik/Pressfoto

Diriwayatkan dari hadis Al-Dailami, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang tidak memiliki rasa malu, maka tidak ada agama baginya. Siapa yang tidak memiliki rasa malu di dunia, maka dia tidak akan masuk surga.” (HR. al-Dailami).

Editors' Picks

5. Kedzaliman dari para penguasa

5. Kedzaliman dari para penguasa
Youthworkercollective.com

Syekh Nawawi kemudian menjelaskan hadis yang diriwayatkan Al-Hakim. Sebagaimana Rasulullah bersabda, "Siapa yang membuat senang penguasa dengan sesuatu yang sesuatu yang dibenci oleh Tuhan-nya, berarti dia telah keluar dari agama Allah.“ (HR al-Hakim)

6. Sifat ujub

6. Sifat ujub
Freepik/Master1305

Syekh Nawawi mengungkapkan hadits yang diriwayatkan Abu Nu’aim, Rasulullah Saw bersabda, “Siapa yang memuji dirinya atas amal saleh yang telah dikerjakannya, maka sungguh telah sesat rasa syukurnya dan telah sia-sia amalnya.” (HR. Abu Nu’aim)

Sebagaimana diketahui, sifat ujub adalah sifat yang mengagumi serta senantiasa membanggakan dirinya sendiri. Tentu saja hal ini sangat dilarang dan dibenci oleh Allah SWT.

7. Ketakutan dalam menghadapi musuh atau perang

7. Ketakutan dalam menghadapi musuh atau perang
Youtube.com/Anak Muslim

Menurut Syekh Nawawi, dijelaskan pula bahwa lemahnya hati yang dapat memalingkan untuk menghadapi musuh juga dibenci Allah SWT. Rasa takut tersebut sebaiknya dikalahkan untuk berperang dijalan Allah SWT.

8. Sifat riya

8. Sifat riya
Freepik/Jcomp

Selain sifat ujub, sifat riya atau sombong juga sangat dibenci Allah SWT, Ma. Sebagaimana diriwayatkan dalam hadis Al-Dailami, Rasulullah Saw bersabda:

“Jangan sampai kalian mencampuradukkan ketaatan kepada Allah dengan kecintaan terhadap pujian manusia, sebab (dengan begitu) pahal amal perbuatan kalian akan hilang.” (HR. al-Dailami)

9. Cinta duniawi

9. Cinta duniawi
Freepik/marymarkevich

Dijelaskan pula bahwa barang siaa yang terlalu mencintai dunianya, maka Allah SWT pun akan membenci dirinya. Oleh karenanya, penting mengajarkan anak untuk mengimbangi antara kehidupan dunia dan bekal akhirat kelak, Ma.

10. Kemalasan anak-anak muda

10. Kemalasan anak-anak muda
Pixabay/Victoria_Borodinova

Di hidup yang serba canggih seperti sekarang ini, tak jarang banyak membuat anak-anak muda menjadi lebih malas dalam menghadapi berbagai hal.

Terlebih memahami ilmu agama. Kemalsan anak muda inilah yang juga menjadi sifat dibenci oleh Allah SWT, Ma.

Itu dia 10 sifat yang dibenci oleh Allah SWT yang perlu anak ketahui dan hindari. Dengan memahami dan menghindarinya, maka anak akan senantiasa mendapat syafaat Allah SWT dan selalu memathui apa yang diperintahkan Agama.

Semoga informasinya bermanfaat dan bisa diajarkan kepada anak-anak mama di rumah ya!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.