5 Skill yang Sulit Anak Pelajari namun Bermanfaat Seumur Hidup

Bikin anak tumbuh menjadi sosok yang berkualitas

29 Desember 2021

5 Skill Sulit Anak Pelajari namun Bermanfaat Seumur Hidup
Pexels/cottonbro

Selain mengajarkan pendidikan formal melalui sekolah, orangtua juga perlu mendidik anaknya untuk memiliki banyak skill atau kemampuan yang dibutuhkan bagi kemudahan hidupnya kelak nanti.

Kemampuan-kemampuan ini bisa anak peroleh melalui bakat yang tertanam sejak lahir, hingga mempelajarinya dengan banyak melatih diri. Namun, kemampuan yang dipelajari pada kenyataannya tidaklah semudah yang dibayangkan.

Meski terbilang cukup sulit untuk dipelajari, namun beberapa kemampuan tersebut justru banyak yang menjanjikan bagi kehidupan anak dewasa nanti.

Seperti lima skill yang sudah Popmama.com rangkumkan berikut ini. Meskipun sulit dipelajari, namun bermanfaat seumur hidup anak. 

Yuk, coba ajarkan pada anak sejak dini agar jadi sosok yang lebih berkualitas kelak nanti.

1. Kemampuan untuk jujur terhadap diri sendiri

1. Kemampuan jujur terhadap diri sendiri
Pexels/Monstera

Pertama, ada kemampuan jujur dengan diri sendiri yang masih begitu sulit diterapkan. Kejujuran memang bukan perkara kecil dan mudah. Namun, apa pun yang anak lakukan, ajarkan pada mereka untuk memulainya dengan jujur, terlebih pada dirinya sendiri.

Dengan jujur terhadap diri sendiri, maka anak bisa lebih fokus mengerjakan hal-hal baik yang ada dalam hidupnya. Sudahkah anak mama memulainya pada diri mereka sendiri?

Editors' Picks

2. Kemampuan bersosialisasi dan memiliki empati

2. Kemampuan bersosialisasi memiliki empati
Freepik/romeo22

Sejak kecil, anak sudah diajarkan untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Ini bertujuan agar kelak anak memiliki jiwa sosialisasi empati tinggi akan sesamanya. Keduanya sangat berkaitan erat, sehingga saat anak memiliki jiwa sosialisasi akan orang sekitar, bukan tidak mungkin rasa empati anak pun akan ikut terbangun.

Yuk, manfaatkan usia muda anak mama dengan hal-hal positif seperti bersosialisasi.

3. Kemampuan public speaking yang baik

3. Kemampuan public speaking baik
Freepik/master1305

Selain bersosialisasi, kemampuan bicara di depan umum juga jadi hal penting yang diperlukan bagi hidup anak. Namun, kemampuan ini bukanlah perkara muda, sebab tidak semua orang dianugerahi kemampuan public speaking yang baik.

Meski awalnya anak akan merasa malu dan tidak nyaman saat menjadi pusat perhatian, namun ketahuilah bahwa kemampuan satu ini justru akan memberikan perubahan besar dan membantu hidupnya kelak nanti.

4. Kemampuan untuk tidak banyak mengeluh

4. Kemampuan tidak banyak mengeluh
Freepik/Nakaridore

Memiliki anak yang sedikit mengeluh tentu jadi dambaan bagi Mama, bukan? Namun, hal ini tidaklah mudah, Ma. Pasalnya, tak mudah untuk mempelajari skill yang satu ini. Kebanyakan anak muda saat ini akan mudah mengeluh dengan hal-hal yang berada di luar ekspektasinya.

Di sinilah Mama bisa mengajarkan anak untuk menerima segala sesuatunya dengan lapang dada. Dengan begitu, anak tak banyak menyalahkan keadaan, tidak menggerutu atau berkomentar dengan penuh keluhan. Sedikit mengeluh tentu akan membuat hidupnya menjadi lebih bahagia, Ma.

5. Kemampuan untuk terus konsisten

5. Kemampuan terus konsisten
Freepik/freepik

Keempat skill di atas tentu tidaklah bisa berjalan dengan baik jika tidak dilakukan dengan konsisten. Namun, kemampuan untuk terus konsisten pun juga cukup sulit dilakukan, Ma. Terutama jika anak mama sedang dalam proses sebuah usaha. 

Meski akan banyak jalan yang menghadangnya, ketahuilah bahwa konsistensi yang mereka tanamkan akan membantunya menemukan lebih mudah menemukan tujuan hidup dibanding dengan orang yang hanya sekali mencoba dan berhenti.

Itulah lima skill yang sulit anak pelajari, namun bermanfaat bagi kehidupannya seumur hidup. Meski sulit, kemampuan di atas akan memberikan perubahan besar bagi hidup anak jika dikerjakan sepenuh hati dan konsisten.

Yuk, mulai coba dan tetap berikan semangat untuk anak-anak mama, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk